logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kraepelin

Tes Kraepelin merupakan salah satu alat tes yang sangat sering dijumpai baik untuk penentuan minat bakat, seleksi pekerjaan maupun untuk asesmen jabatan.

Tes kraepelin adalah salah satu jenis tes psikologi yang cukup banyak digunakan. Mungkin Anda sudah akrab dengan tes ini. Karena biasanya tes psikologi ini memang digunakan dalam dunia pendidikan hingga dunia kerja. Sehingga sangat penting untuk menguasai tes satu ini.

Biasanya para calon karyawan akan melakukan tes psikologi seperti kraepelin untuk mengetahui kepribadian mereka. Tes ini sebenarnya merupakan tes yang berisi angka-angka mulai dari 0-9 yang disusun dengan cara acak. Tes ini juga kerap atau familiar disebut dengan tes Koran.

Tes Kraepelin, Manfaat, dan Cara Mengerjakannya

Pada awalnya tes ini digunakan untuk mengetahui perbedaan antara individu normal dan tidak normal. Namun, seiring dengan perkembangan sekarang ini kraepelin sering digunakan dalam dunia pendidikan bahkan dalam dunia pekerjaan.

Tes ini sering disebut sebagai tes Koran karena lembar kertasnya berukuran sangat besar. Sehingga membuatnya terlihat seperti Koran. Tes ini pastinya juga memiliki beragam manfaat, lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat dengan adanya tes satu ini.

1. Untuk Mengetahui Motivasi Calon Pegawai

Tes kraepelin ini bermanfaat bagi perusahaan untuk mengetahui seberapa besar motivasi pegawai dalam menghadapi dunia kerja. Soal-soal dalam tes ini mengharuskan seseorang untuk berpikir lebih keras sehingga membutuhkan motivasi dan kemauan yang kuat dalam mengerjakannya.

2. Menguji Emosi Calon Pegawai

Manfaat lain dari kreapelin ini adalah untuk menguji emosi calon pegawai. Tingkat emosi peserta memang akan langsung terlihat. Terlebih ketika mereka menghadapi tekanan saat mengerjakan soal-soal perhitungan yang cukup banyak dalam waktu yang singkat.

3. Untuk Melihat Ketahanan Seseorang dalam Menyelesaikan Masalah

Kraepelin ini juga bermanfaat untuk melihat ketahanan seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah yang mereka hadapi. Hal ini bisa dilihat dari kesabaran dan ketahanan mereka setiap mengerjakan soal-soal perhitungan dalam tes ini.

4. Melihat Pegawai dalam Beradaptasi dengan Pekerjaan Baru

Tes ini juga sangat bermanfaat untuk melihat kekuatan adaptasi calon pegawai ketika ditempatkan pada pekerjaan baru. Hasil tes ini langsung akan menunjukan bagaimana seseorang beradaptasi dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan.

Cara Mengerjakan

Tes kraepelin ini sebenarnya merupakan tes yang memiliki beberapa ketentuan dalam proses pengerjaannya. Bagi Anda yang ingin mengikuti tes ini sebaiknya memang mengetahui beberapa cara untuk mengerjakannya, karena bagi pemula hal ini cukup sulit.

Sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal ketika ingin melakukan tes satu ini. Cara ini akan membantu Anda dalam mengerjakan tes. Nah, lebih jelasnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengerjakan tes satu ini.

Mengisi Identitas

Biasanya Tes kraepelin ini terdiri dari 45 kolom dan 60 baris yang berisi angka 0 sampai 9, Anda diberikan waktu 20 menit untuk mengerjakannya. Terlebih dahulu Anda harus mengisikan identitas diri terlebih dahulu dengan waktu 4 menit, isikan semua identitas dengan benar.

Latihan Soal

Setelah Anda mengisi semua identitas diri dengan benar, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengerjakan latihan soal. Biasanya peserta akan diberikan latihan soal dan harus mengerjakannya selama satu menit. Kemudian kerjakan soal selama 12 menit 30 detik.

Menjumlahkan Angka

Karena tes ini hanya berisi angka-angka dan Anda harus menjumlahkannya, jadi Anda harus tahu cara menjumlahkannya dengan benar. Peserta harus menjumlahkan angka dengan menjumlahkan angka yang berdekatan mulai dari bawah ke atas, kemudian tulis hasil di sampingnya.

Penulisan Hasil penjumlahan

Setelah menjumlahkan angka dan ternyata hasilnya lebih dari angka 10, jadi peserta cukup menulis angka satuannya saja. Misalnya ketika hasil penjumlahannya 12 jadi Anda hanya perlu menuliskan 2 saja, setiap 30 detik pengawas akan mengatakan pindah.

Jika itu terjadi Anda harus segera pindah pada kolom selanjutnya. Sebaiknya jangan malah meneruskan sisa soal pada kolom sebelumnya. Hal ini bertujuan agar tidak ada gap antara kolom, dan agar Anda bisa mengerjakan tepat waktu.

Kesalahan dalam Pengerjaan

Ketika mengerjakan tes kraepelin terdapat kesalahan dan Anda ingin menggantinya, Anda hanya perlu mencoret. Coret bagian yang salah kemudian tulis jawaban benar di samping kanannya. Itulah beberapa hal mengenai kraepelin yang harus Anda ketahui.

Tes Kraepelin Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Kraepelin dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh ahli dibidang psikilogi dan psikometri, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Kraepelin.

Tes Kraepelin Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kraepelin Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kraepelin Online.