logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kraepelin

Tes Kraepelin dapat menentukan arah karir karena mampu mengungkap beberapa aspek psikologis sekaligus.

Saat ini sudah ada banyak orang yang mengikuti tes kraepelin. Tes ini yang sederhana dalam pengerjaannya yakni hanya dengan menjumlahkan angka-angka sederhana. Bahkan siapa saja bisa mengerjakannya. Bahkan dasar penyusunan tes ini, pada awalnya untuk mengetahui tingkat gangguan jiwa. Hal ini yang berarti orang dengan gangguan jiwa tertentu bisa menggunakan tes ini, apalagi dengan orang normal.

Pembuatan tes ini dengan kerangka pemikiran bahwa semua pesertanya tidak bisa menyelesaikan semua tes. Namun yang membedakan antara masing-masing orang yakni seberapa besar kemampuannya dalam mengerjakan tes. Ada yang memiliki kemampuan besar, sedang, dan juga rendah.

Sama halnya pada dinamika dalam pengerjaan tes. Misalnya seperti tingkat emosional, ketelitian, daya tahan terhadap stress, tingkat motivasi, dan lain sebagainya. Tujuan dari tes ini untuk mengukur karakter seseorang pada beberapa aspek kepribadian. Selain itu, tes ini juga berguna untuk mengetahui tipe performa seseorang pada saat bekerja.

Tes Kraepelin Bisa Tentukan Arah Karir

Tes Kraepelin bisa membantu mengungkapkan beberapa faktor lain seperti ketelitian, konsentrasi, dan stabilitas dalam bekerja. Hal ini karena terdapat beberapa aspek psikologis yang berpengaruh pada tes ini. Mulai dari ketahanan, pushing power, learning effect, persepsi visual, dan juga koordinasi sensomotorik.

Jenis tes ini terdiri dari 45 lajur angka satuan yang bervariasi antara angka 0-9. Setiap lajurnya tersusun 60 angka acak yang secara vertikal. Tugas dari peserta yakni menjumlahkan 2 buah angka mulai dari paling bawah pada tiap lajurnya. Kandidat memiliki waktu pengerjaan yang singkat dan telah ditentukan dalam pengerjaannya.

Jika hasil penjumlahan dua buah angka yang berupa puluhan, maka peserta hanya perlu menuliskan angka satuannya saja. Misal seperti 15, maka Anda hanya perlu menuliskan angka 5.

Hasil penjumlahannya Anda tuliskan pada sebelah kanan antara kedua angka yang dijumlahkan tersebut. Perlu diketahui bahwa hasil tes ini bisa mengindikasikan jenis pekerjaan yang akan sesuai. Berikut ini adalah arah karir dengan mengikuti tes Kraepelin ini.

Ketelitian

Hal ini akan menunjukkan konsentrasi selama bekerja, seberapa besar seseorang bisa fokus terhadap pekerjaan yang dilakukannya. Ketelitian tersebut yang bersamaan dengan adanya ketenangan, hati-hati, logis, penuh pertimbangan, kritis, serta rasional.

Bagi yang mendapatkan nilai bagus dalam ketelitian pada tes ini, biasanya memiliki kemampuan dalam mengorganisir, menganalisa, serta mendelegasikan pekerjaan. Terdapat beberapa profesi yang sesuai dengan kriteria ini. Mulai dari bidang manajemen, pengacara, intelijen, programer, akuntan, dokter, mekanik, dan insinyur.

Kecepatan

Kecepatan akan menunjukkan tempo kerja, yakni keaktifan seorang dalam mengerjakan suatu hal, apakah sedang, cepat, atau lambat. Dalam hal kecepatan juga beriringan dengan ketenangan, keseriusan, hati-hati, teliti, serta stabil namun sensitif. Bagi yang memperoleh nilai bagus dalam kecepatan pada tes kraepelin, cocok memiliki beberapa profesi. Mulai dari interior design, administratif, manager, arsitek, perawat, konselor, dan penjaga toko.

Kestabilan

Hal ini menunjukkan kemampuan seseorang untuk menjaga dan mengelola emosi pada saat menjalani pekerjaan. Artinya, seseorang tersebut tidak akan mudah terpengaruh dengan kondisi sekitarnya.

Bagi yang mendapatkan nilai tinggi dalam kestabilan pada tes ini, biasanya bisa menghadapi perubahan mendadak dengan cepat dan tenang. Terdapat beberapa profesi yang sesuai dengan kriteria yang satu ini. Mulai dari pengusaha, programer, forensik, insinyur, mekanik, pilot, dan polisi.

Ketahanan

Hal tersebut akan menunjukkan daya tahan dari seseorang jika sedang menghadapi situasi tertekan. Bagi yang mendapatkan nilai tinggi dalam ketahanan pada tes kraepelin yakni individu yang bisa diandalkan, bertanggung jawab, mengikuti standar, serta mengikuti aturan. Terdapat beberapa profesi yang sesuai dengan kriteria ini, misalnya pemimpin militer, hakim, pengacara, intelijen, polisi, dan atlet.

Tips Mengerjakan Tes

Sebelum mengerjakan tes ini, terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Anda harus benar-benar teliti untuk menjumlahkan angka dengan benar dan stabil dalam tes ini. Persiapkan tubuh Anda dalam kondisi prima, karena nantinya menghitung angka dengan cepat dan tepat dalam waktu cukup singkat.

Semakin banyak melakukan kesalahan, maka bisa menunjukkan jika Anda tidak teliti, kurang hari-hati, dan tidak cermat. Bahkan kurang memiliki daya tahan yang cukup saat menghadapi stres atau tekanan dalam pekerjaan.

Setelah mengikuti tes kraepelin, Anda akan mengetahui nilai hasil tes. Hasil tes ini bisa mengindikasikan jenis pekerjaan yang akan sesuai untuk Anda.

Tes Kraepelin Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Kraepelin dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh ahli dibidang psikilogi dan psikometri, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Kraepelin.

Tes Kraepelin Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kraepelin Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kraepelin Online.