logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kraepelin

Perlu persiapan yang matang sebelum mengikuti tes krapaelin, baik persiapan fisik, psikologis maupun lingkungan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tes Kraepelin termasuk salah satu tes untuk mengetahui psikologi seseorang. Tes ini tentu tidak asing bagi yang sudah memperoleh kerja ataupun yang tengah mencari kerja. Hal ini karena tes ini adalah salah satu tes psikologi yang biasa digunakan dalam merekrut calon pegawai.

Penggunaan tes ini banyak dilakukan oleh perusahaan, baik itu perusahaan skala nasional dan juga skala internasional. Bahkan tes ini menjadi salah satu syarat yang harus dikerjakan oleh pelamar kerja pada suatu perusahaan.

Ketahui Beberapa Persiapan Sebelum Mengikuti Tes Kraepelin

Nama tes Kraepelin sebenarnya diambil dari seorang psikiater ternama asal Jerman pada abad ke-19 yang dikenal dengan Emil Kraepelin. Tes yang satu ini juga sering disebut sebagai tes koran. Sebab, ukuran kertas yang digunakan besarnya seperti koran pada umumnya. Adapun tes ini yang isinya sederetan angka pada lembar kertas tersebut.

Perlu diketahui bahwa tes ini lebih mengutamakan kecepatan seseorang dalam mengisinya. Hal ini karena soal dan waktu yang diberikan cukup terbatas untuk menjumlah angka  dengan jumlah banyak. Pada awalnya, Emil Kraepelin merancang tes ini untuk mendiagnosis orang dengan gangguan otak Alzheimer. Selain itu, juga untuk membedakan antara orang normal dan tidak normal.

Namun seiring perkembangan zaman, penggunaan tes ini mengalami perubahan. Tes ini digunakan untuk mengukur kepribadian seseorang. Tak hanya itu, tes ini juga bisa menyeleksi atau merekrut pekerja perusahaan, bahkan angkatan militer. Sebelum mengikuti tes kraepelin tentunya membutuhkan persiapan. Berikut ini adalah beberapa persiapannya.

1. Persiapkan Kondisi Tubuh yang Prima

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum tes yakni dengan memastikan tubuh dalam kondisi prima. Jika tubuh sedang sakit, maka tingkat konsentrasi selama mengerjakan tes akan menurun. Hal ini tentunya akan mempengaruhi hasil tes tersebut. Sebelum mengikuti tes ini, Anda harus menjaga makan, minum, dan istirahat yang cukup. Jika merasa mengantuk, akan lebih baik mengkonsumsi secangkir kopi terlebih dahulu setelah sarapan.

2. Siapkan Alat yang Dibutuhkan

Anda perlu mengetahui alat yang perlu dibawa saat mengikuti tes kraepelin. Pastikan untuk mempersiapkan alat tulis yang dibutuhkan dengan lengkap. Mungkin Anda tidak pernah mengetahui kapan diperbolehkan menggunakan pulpen atau pensil saat mengikuti tesnya. Selain itu, Anda juga perlu untuk mempersiapkan kertas kosong. Penggunaan kertas ini sebagai catatan untuk mengerjakan jenis soal dengan hitung-hitungan. Meski biasanya perusahaan juga menyediakannya untuk peserta, namun tidak ada salahnya jika memilih membawa sendiri.

3. Latihan Sehari Sebelum Tes

Mungkin saat ini belum terbiasa mengerjakan tes kraepelin, akan lebih baik jika berlatih sehari sebelum tes. Dengan latihan terlebih dahulu akan membantu meningkatkan kecepatan berhitung dan bekerja. Jika sudah waktunya mengikuti tes Anda tidak merasa kaku. Anda bisa menjumlahkan angka-angka dengan tepat dan teliti sehingga memperoleh poin yang tinggi. Anda bisa mencari soal secara gratis untuk latihan dari internet.

4. Latihan Gerakan Mata

Tes ini hanya berlangsung cukup singkat sehingga Anda perlu melatih kecepatan mata. Sebaiknya fokus pandangan tidak hanya pada dua angka yang ingin dijumlahkan, namun juga perhatikan angka-angka lainnya. Hal ini penting dilakukan agar bisa mengerjakan soal dengan cepat.

Pastikan kecepatan mata Anda tetap stabil, jangan sampai saat memasuki deretan angka terakhir malah merasa kelelahan. Tentunya hal ini bisa menyebabkan terjadinya kesalahan saat menjumlahkan angka tersebut.

5. Jaga Konsentrasi Saat Tes

Sebelum mengerjakan tes kraepelin, terkadang melihat angka-angka dalam kertas kerja justru merasa pusing. Padahal tes ini sangat penting, akan lebih baik tetap menjaga konsentrasi selama mengerjakan tes dan juga memperhatikan tempat penulisan jawaban.

6. Pastikan untuk Percaya Diri

Kepercayaan diri termasuk salah satu hal penting dalam mengerjakan tes ini. Terlebih bagi sebagian orang merasa kecewa jika tidak bisa menjawab satu pertanyaan. Alhasil, saat mencoba untuk melanjutkan ke pertanyaan berikutnya, justru tidak fokus dan tidak bisa berpikir secara logis. Sebaiknya tetap percaya diri agar bisa menyelesaikan semua pertanyaan dengan baik.

Penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa persiapan sebelum tes kraepelin. Anda harus mempersiapkan semuanya dengan baik agar mendapatkan hasil tes secara maksimal.

Tes Kraepelin Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Kraepelin dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh ahli dibidang psikilogi dan psikometri, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Kraepelin.

Tes Kraepelin Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kraepelin Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kraepelin Online.