logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kraepelin Online

Tes Kraepelin memiliki administrasi dan prosedur tes yang berbeda dengan tes psikologi lainnya yang perlu diperhatikan.

Tes Kraepelin banyak digunakan dalam asesmen psikologi, khususnya untuk penempatan posisi dalam angkatan bersenjata, rekrutmen dan seleksi, promosi jabatan, dan mutasi kerja dalam perusahaan. Meskipun tes Kraepelin melibatkan penjumlahan angka dan kemampuan berhitung, tes ini tidak mengukur intelegensi dan kemampuan aritmatika. Tes ini lebih digunakan untuk mengukur faktor non-intelektual, yakni tingkat konsentrasi seseorang dan performansi kinerja, yang ditentukan oleh ketelitian kerja, kecepatan kerja, ketahanan kerja, dan keajegan kerja. Aspek-aspek psikologis yang mempengaruhi skor Kraepelin adalah persepsi visual, koordinasi sensori-motorik, kemampuan menghitung, berpikir deduktif/problem solving, dan learning effect.

Alat tes ini terlahir karena adanya dasar pemikiran dari faktor-faktor yang khas pada sensori sederhana, sensori motor, perseptual dan tingkah laku. Pada mulanya merupakan tes kepribadian. Namun dalam pekembangannya telah berubah menjadi tes bakat, dengan cara merubah tekanan skoring dan interpretasi. Satu hal yang perlu diketahui bahwa alat tes ini akan mengungkap beberapa faktor bakat diantaranya: kecepatan, ketelitian, keajekan, dan ketahanan kerja di dalam tekanan. Dalam tes Kraepelin ini tersusun administrasi cara pengerjaan serta prosedur yang harus diikuti oleh peserta Tes Kraepelin, berikut Administrasi Tes Kraepelin yang perlu anda ketahui.

Administrasi Tes

Sebelum proses tes dimulai, pihak penyelengara tes wajib menyiapkan:

  1. Lembar Kraepelin. Para peserta akan diberikan lembar khusus dari tes ini. untuk mengisi jawaban. Jadi jawaban akan di tulis diatas kertas tersebut.
  2. Pensil/pulpen. Peserta akan disediakan alat tulis untuk menulis jawaban untuk tes kali ini. jadi peserta tes tidak perlu lagi membawa alat tulis dari rumah.
  3. Stopwatch. Karena pengerjaan tes ini memiliki waktu, Stopwatch akan digunakan untuk melihat batasan waktu
  4. Alas pengerjaan bila dibutuhkan Sebelum memulai. Pada tes ini diperlukan meja yang cukup luas untuk mengerjakan tes bagi para peserta.

Prosedur Pengerjaan Tes

Sebelum tes dimulai ada beberapa prosedur pengerjaan tes yang akan di jelaskan terlebih dahulu, yakni sebagai berikut:

  1. Testi diharapkan untuk mengisi terlebih dahulu identitas di halaman depan dan tidak diperkenankan untuk membuka halaman tes sebelum diperintahkan.
  2. Sebelum menuju ke soal yang sebenarnya, testi akan dipersilakan mengerjakan contoh soal yang sudah disediakan di halaman depan. Disini anda dapat melihat dan memahami terlebih dahulu contoh gambaran soal yang nantinya akan dikerjakan dihalaman berikutnya.
  3. Testi harus menjumlahkan dua angka mulai dari baris terbawah dari lajur pertama setelah tester atau pengawas tes memberikan instruksi untuk mulai.
  4. Apabila tester mengatakan “pindah,” maka peserta diharapkan untuk segera berganti mengerjakan ke lajur berikutnya. Namun, apabila testi sudah selesai mengerjakan selama kurang dari waktu yang ditentukan, testi tidak diperkenankan berpindah lajur sebelum tester menginstruksikan. Jadi perlu ditekankan disini bahwa sebagai peserta untuk mengikuti prosedur yang ada agar sesuai dengan ketentuan yang ada
  5. Ketika menjumlahkan, testi hanya boleh menuliskan angka satuannya saja. Jadi, apabila angka hasil penjumlahan bersifat puluhan (misalnya penjumlahan 4 dan 8 adalah 12), maka yang ditulis cukup angka 2 saja. Hasil penjumlahan harus ditulis di sebelah kanan, bertempat di antara kedua angka yang sudah dijumlahkan.
  6. Apabila testi membuat kesalahan dalam menjumlahkan angka, testi hanya perlu mencoret angka yang salah dan menulis angka yang benar di sampingnya.

Demikian penjelasan mengenai Administrasi dan prosedur Tes Kraepelin. di atas merupakan tes yang dilakukan secara offline. Namun Tes Kraepelin Online sudah Tersedia. NS Development merupakan platform yang menyediakan berbagai jenis Tes Online yang bisa anda dapatkan. Dengan memilih platform ini anda bisa mendapatkan berbagai layanan fitur yang menarik. Nirmala Satya Development (NS Development) adalah Sistem manajemen talenta yang terintegrasi, Proses penyajian data cepat dan akurat, Menghemat biaya, Mempersingkat waktu dalam proses rekrutmen dibandingkan dengan metode konvensional. Lakukan asesmen dengan mudah, murah, cepat dan tentunya ramah lingkungan. Dengan konektivitas internet, asesmen dapat dilakukan dimana saja.