logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kraepelin

Kerjakan tes krapelin dengan jujur, mengikuti instruksi dan latihan soal sebelumnya untuk menghasilkan hasil yang maksimal

Apa itu tes Kraepelin? Kadang disebut juga dengan tes koran, yang mana berhubungan dengan angka. Dalam tes ini kamu harus menjumlahkan deret angka yang tergolong cukup banyak. Diperkenalkan pertama kali oleh Emilie Kraepelin sekitar abad ke 19.

Tes ini menjadi salah satu rangkaian psikotes apabila kamu akan seleksi kerja. Salah satu tes yang objektif diyakini bisa mengukur kemampuan kamu. Jangan sampai kamu tidak lolos, sebab ada sederet trik jitu mengerjakan tes ini, lho!

Berfungsi untuk mengidentifikasi mengetahui kepribadian seseorang dengan kecenderungan klinis. Di antaranya untuk mengukur ingatan dan hal-hal yang berhubungan dengan kelelahan distraksi. Pada akhirnya sekarang digunakan penyedia beasiswa bahkan perusahaan untuk mengukur kecepatan, ketelitian, dan ketahanan peserta.

Tes Kraepelin, Bantu Kamu Lolos Seleksi Kerja

Hasil tes kraepelin akan menginterpretasikan empat hal, yakni faktor kecepatan, ketelitian, kestabilan, dan ketahanan. Maka dari itu sebelum tes berlatih terlebih dahulu dan cari tahu bagaimana mengerjakannya. Tes ini berupa angka dari bawah ke atas, yang nantinya kamu menjumlahkan dari bawah ke atas. Tujuannya akan menganalisis kepribadianmu ketika sudah masuk kerja.

Tips Cara Mengerjakan

Berikut sederet tips, agar kamu bisa lolos mengerjakan tes koran ini:

  • Sebelum tes, untuk malam hari jangan begadang dan usahakan sarapan terlebih dahulu. Sebab apabila kamu tidak fokus karena lapar, akan berpengaruh ke hasil tes. Daripada gagal, lebih baik antisipasi.
  • Siapkan alat tulis bisa pensil atau pulpen. Pastikan keduanya lancar digunakan, jangan lupa sediakan cadangan. Sebab tes ini berkaitan dengan waktu. Jadi benar-benar kamu harus sigap. Jangan lupa sebelumnya untuk berlatih. Semakin kamu sering berlatih, maka akan mengasah kemampuanmu.
  • Semakin banyak Anda melakukan kesalahan, maka ini dapat menunjukkan bahwa Anda orang yang tidak teliti, tidak cermat, kurang hati-hati, serta kurang memiliki daya tahan yang cukup terhadap stress atau tekanan pekerjaan
  • Jumlahkan angka dari bawah ke atas, lalu untuk hasilnya kamu tulis di antara angka yang kamu jumlahkan tadi tepatnya disebelah kanan penjumlah. Apabila hasilnya belasan, puluhan, atau ratusan cukup kamu tulis angka belakangnya saja. Contoh hasilnya 15, kamu dapat menuliskan angka 5 saja pada sebelah kanan.
  • Usahakan jumlah angka yang kamu jumlahkan di setiap kolom stabil. Sebab grafik yang terbentuk naik akan lebih dibandingkan. Nantinya setiap 30 detik, penguji akan mengatakan Pindah dan kamu harus berpindah ke kolom selanjutnya. Jangan paksa mengerjakan 1 kolom hingga selesai. Kuncinya konsentrasi, berlatih agar penjumlahan tidak salah serta jika harus pindah kolom, segera pindah.
  • Jangan curang menjumlahkan dengan kalkulator, justru akan membuang-buang waktu kamu. Bahkan kamu bisa kehilangan waktu, dan bisa jadi pengerjaan mu tidak lolos. Cegah hal berikut dengan latihan tes kraepelin terus, kita bisa karena terbiasa.
  • Konsentrasi dan tetap fokus mengerjakan penjumlahan, jangan mengingat hasil kolom sebelumnya, tetap fokus mengerjakan di kolom berikutnya. Jangan menyesali yang sudah kamu lakukan, konsentrasi pada yang kamu hadapi saat itu. Berikan hasil yang terbaik agar kamu tidak menyesal.

Penilaian

Setelah kamu mengerjakan tes hingga penguji mengatakan selesai, maka hasil pekerjaanmu akan di nilai. Berikut cara menilai tes koran:

  • Jika hasil menunjukkan grafik datar, bahwa menunjukkan kamu bekerja dengan stabil atau tidak gampang terpengaruh oleh lingkungan.
  • Apabila hasil menunjukkan grafik naik, ini menunjukkan bahwa kamu bekerja akan mengalami peningkatan atau dapat berprestasi.
  • Sedangkan grafik menurun, artinya kamu di dalam bekerja akan menunjukkan penurunan, mudah lelah, mudah bosan dan mudah jenuh.
  • Yang terakhir, jika grafik yang kamu hasilkan seimbang, berarti kamu tidak stabil dalam bekerja.

Kesimpulan

Sering-seringlah berlatih, bukan hal yang tidak mungkin ketika latihan pertama grafik menurun atau bahkan kehabisan waktu masih di kolom awal. Hal yang wajar sebab belum pernah mengerjakan. Namun ketika sering asah otak tes koran, maka akan terbiasa dan lincah ketika mengerjakan. Sebisa mungkin sebelum psikotes kamu persiapkan semuanya terlebih dahulu. Agar kamu bisa lolos pada tahap tes psikotes.

Demikian kiat-kiat ampuh untuk menyelesaikan tes Kraepelin agar lolos psikotes rangkaian melamar kerja. Semoga bermanfaat.

Tes Kraepelin Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Kraepelin dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh ahli dibidang psikilogi dan psikometri, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Kraepelin.

Tes Kraepelin Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kraepelin Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kraepelin Online.