logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kraepelin Online

Tes kraepelin online merupakan solusi terbaik saat ini, karena selain mudah diakses dimana saja, juga dengan biaya terjangkau.

Tes kraepelin merupakan salah satu jenis tes psikologi yang berisikan deretan angka secara vertikal dalam lembar kertas berukuran A4. Tes ini terdiri atas 20 kolom yang berisi angka 0 hingga angka 9. Cara mengerjakannya yaitu dengan menjumlahkan setiap 2 angka dari angka paling bawah ke paling atas.

Hasil penjumlahan 2 angka bawah dan atasnya harus ditulis pada bagian samping tengah antara kedua angka yang dijumlahkan. Jika angka yang dijumlahkan hasilnya lebih dari 10 maka angka yang ditulis cukup satu angka belakangnya saja. Misal jika hasil penjumlahan 15 maka angka yang ditulis hanya 5 saja.

Cara mengerjakan tes ini mungkin terlihat sangat mudah, namun sebenarnya tidak demikian karena dalam mengerjakannya dibatasi waktu yang singkat. Biasanya peserta hanya diberi waktu selama 30 detik untuk mengerjakan setiap kolom. Kemudian petugas akan meminta peserta untuk mengerjakan kolom selanjutnya dalam waktu yang sama yaitu 30 detik.

Kelebihan Tes Kraepelin Online

Jenis tes psikologi satu ini sering digunakan dalam proses seleksi pegawai baru suatu perusahaan. Tes ini nantinya akan digunakan untuk mengetahui seberapa kemampuan dari calon pegawai. Kemampuan yang akan dites tersebut meliputi kecepatan, ketelitian, ketahanan, kontrol emosi, konsistensi, dan juga kemauan. Dengan begitu maka nantinya hasil tes ini bisa digunakan oleh perusahaan dalam mengambil keputusan untuk menerima atau menolak seorang pegawai.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tes ini dijalankan dengan menggunakan kertas. Sehingga pihak penyelenggara harus menyediakan kertas tes dan para pesertanya harus menyiapkan alat tulis. Selain itu, antara penyelenggara dan peserta tes harus bertemu dan berkumpul dalam satu ruangan yang sama. Hal ini tentunya dianggap kurang efektif dan bisa merepotkan kedua belah pihak.

Apalagi jika calon pegawai yang akan mengikuti tes jumlahnya sangat banyak. Namun kini, terdapat solusi terbaik yang bisa mempermudah dalam penyelenggaraan tes kraepelin. Solusi tersebut yaitu dengan melakukan tes secara online. Pada zaman yang semakin modern ini berbagai hal memang bisa dilakukan secara online.

Mulai dari belajar, belanja, ujian online, bahkan termasuk tes psikologi juga bisa dilakukan secara online. Tes ini pun semakin banyak diminati dan pilih karena dianggap memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihan tes secara online tersebut seperti:

1. Lebih Hemat Waktu dan Biaya

Kelebihan pertama yaitu peserta maupun penyelenggara tidak perlu menghabiskan waktu untuk menuju tempat berkumpul. Kemudian keduanya juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi sehingga bisa lebih hemat waktu dan biaya.

2. Tidak Memerlukan Kertas

Kelebihan selanjutnya yaitu tidak memerlukan kertas sehingga penyelenggara bisa menjadi lebih hemat. Hal ini karena pelaksanaan tes kraepelin online menggunakan perangkat berupa smartphone, tablet, komputer, maupun laptop.

Dengan begini pun maka peserta tes juga semakin mudah dalam proses pengerjaannya. Namun, tentunya peserta harus benar-benar memastikan bahwa perangkat yang digunakan dalam kondisi yang baik dan aman agar tidak menyebabkan error saat digunakan.

3. Bisa Dilakukan Dimana Saja dan Kapan Saja

Tes online tidak mengharuskan antara penyelenggara dan pesertanya untuk bertemu secara langsung. Dengan begitu pun maka peserta bisa melakukan tes di manapun dan kapanpun asalkan memiliki jaringan internet.

4. Bisa Dilakukan Secara Individual maupun Massal

Kelebihan selanjutnya yaitu tes kraepelin bisa dilakukan baik hanya dengan satu orang maupun banyak orang sekaligus tanpa perlu khawatir kehabisan kertas tes. Cara ini tentunya lebih efektif apalagi jika peserta tes jumlahnya sangat banyak.

5. Hasil Tes Bisa Diakses Secara Realtime

Setelah peserta selesai mengerjakan tes maka hasilnya bisa dilihat secara realtime dan cepat. Hal tersebut karena proses penilaiannya dilakukan oleh sistem, bukan secara manual yang pastinya akan memakan lebih banyak waktu. Apalagi jika peserta tesnya memang banyak hingga puluhan orang. Selain itu hasilnya juga pasti lebih akurat serta minim terjadi human error.

Dengan berbagai kelebihan tes secara online tersebut, tak heran jika kini banyak orang yang memilihnya untuk berbagai keperluan tertentu. Kini pun banyak bermunculan platform untuk tes kraepelin online yang bisa digunakan. Anda pun bisa memilih platform mana yang terbaik menurut diri Anda sendiri.

Tes Kraepelin Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Kraepelin dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh ahli dibidang psikilogi dan psikometri, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Kraepelin.

Tes Kraepelin Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kraepelin Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kraepelin Online.