logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kraepelin

Durasi waku pengerjaan tes kraepelin termasuk panjang sehingga perlu persiapan yang baik dan matang agar dapat menghasilkan performa yang maksimal.

Tes Kraepelin atau tes koran merupakan salah satu jenis tes psikologi yang penting dilakukan. Jenis tes ini sudah banyak diterapkan oleh berbagai macam negara di dunia. Sebenarnya tes ini tidak berbeda jauh dengan tes untuk masuk sekolah, masuk kuliah, hingga tes untuk melamar pekerjaan.

Perlu Anda ketahui, tes psikologi ini sekarang menjadi jenis tes yang dibutuhkan untuk berbagai macam kebutuhan. Maka dari itu, penting sekali Anda menguasai jenis tes kepribadian ini. Terlebih Anda akan melamar kerja di suatu perusahaan.

Pentingnya Tes Kraepelin untuk Rekrutmen Karyawan

Tes psikotes dalam rekrutmen pekerjaan memang menjadi salah satu jenis tes wajib yang wajib dilakukan oleh setiap calon karyawan. Sebab, tes ini dilakukan untuk mengukur hard skill para calon karyawan sebelum diputuskan apakah mereka layak menempati posisi yang diinginkan.

Ada berbagai macam jenis tes psikotes yang biasa digunakan dalam proses rekrutmen, salah satunya yang banyak digunakan dalam perusahaan yaitu tes kraepelin.

Tes Koran juga merupakan salah satu 'Speed Test' sebab waktunya yang terbatas. Dengan keterbatasan waktu tersebut, maka tidak memungkinkan peserta untuk menyelesaikan semua soal yang diberikan dalam tes tersebut.

Dalam tes koran ini, para peserta akan diperintahkan untuk mengerjakan soal penjumlahan dasar beruntun. Penjumlahan tersebut akan melibatkan angka 0-9 sampai dengan 40-an kolom. Waktu pengerjaannya pun juga sangatlah cepat.

Durasi Waktu Pengerjaan Tes Kraepelin

Untuk Anda semuanya yang ingin melakukan tes kraepelin, sebaiknya terlebih dulu Anda harus mengetahui durasi waktu mengerjakan tes ini. Tujuannya supaya nanti Anda dapat memperkirakan waktu pada saat ingin mengerjakan tes. Dengan begitu, seluruh soal yang diberikan bisa terselesaikan dengan tepat waktu.

Mengingat, tes ini dibutuhkan sekali untuk para calon karyawan yang ingin melamar pekerjaan. Maka dari itu, untuk mengikuti tes ini dibutuhkan persiapan dengan sebaik mungkin. Salah satunya tentang urusan waktu mengerjakan soal.

Dalam mengerjakan tes, ketepatan waktu sangatlah penting. Oleh sebab itu, rajinlah berlatih dengan menyesuaikan waktu tes yang sebenarnya. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan waktu yang tepat dalam menyelesaikan seluruh soal.

Untuk durasi waktu mengerjakan tes kraepelin ini pada umumnya hanya 20 menit saja. Bahkan, waktu ini masih akan dibagi menjadi beberapa hal sesuai dengan perintah yang harus Anda kerjakan.

Pada umumnya, durasi waktunya 4 menit dari 20 menit tersebut akan digunakan untuk mengisi identitas. Sedangkan, sisa waktunya akan dipergunakan untuk mengerjakan soal kraepelin.

Waktu ini memang terbilang cukup singkat untuk mengerjakan soal kreplin yang meliputi soal hitungan. Jadi, Anda harus bisa memperhatikan waktu pengerjaan yang tepat. Aan tetapi, Anda juga wajib untuk memperhatikan ketepatan hitung dari soal akan Anda jawab.

Untuk persiapan dalam melakukan tes ini, ada baiknya jika Anda berlatih menjawab tes ini. Paling tidak durasi waktunya hanya 20 menit saja yang nantinya juga masih akan dibagi-bagi.

Penilaian Tes Kreplin

Nah, durasi waktu dalam mengerjakan tes kraepelin ini akan mempengaruhi proses penilaian tes ini. Maka dari itu, apabila Anda ingin memperoleh nilai terbaik, maka sebaiknya Anda juga harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Tes kraepelin ini juga dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi gangguan mental seperti rasa kecemasan dan rasa tidak nyaman pada seseorang. Tak hanya itu saja, tes ini juga banyak dilakukan untuk mendeteksi gejala depresi atau gangguan mental pada seseorang.

Jika tes kraepelin ini menunjukkan hasil yang rendah, pada umumnya orang tersebut mengalami gangguan mental. Bisa disebabkan karena trauma atau disebabkan karena tekanan yang terlalu berat.

Maka dari itu, tes ini selalu diterapkan kepada calon karyawan yang baru ingin melakukan lamaran pekerjaan dalam perusahaan. Umumnya, dalam tes ini sudah tersedia kurang lebih sekitar 40 kolom.

Nah, untuk setiap kolom ini harus peserta isi dalam waktu 30 detik saja, jadi sangat cepat. Jenis tes ini sangatlah dibutuhkan untuk setiap jenis pekerjaan. Karena manfaatnya yang penting, maka tes ini juga akan selalu diberikan kepada karyawan.

Dengan melakukan tes Kraepelin ini, maka perusahaan akan bisa melihat bagaimana aspek kecepatan kerja, ketelitian kerja, hingga ketahanan kerja yang dimiliki dalam diri seseorang.

Tes Kraepelin Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Kraepelin dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh ahli dibidang psikilogi dan psikometri, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Kraepelin.

Tes Kraepelin Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kraepelin Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kraepelin Online.