logo PT Nirmala Satya Development
Aplikasi Psikotes Online

Psikotes dipakai sebagai rangkaian dari proses rekrutmen. Kandidat yang sudah lolos screening CV-nya oleh recruiter, biasanya bakal dilanjutkan ke tahap psikotes, baru kemudian tahap wawancara.

Di era modern seperti saat ini, proses pelaksanaan psikotes bukan hanya secara konvensional. Akan tetapi pada beberapa perusahaan sudah menerapkan psikotes secara online. Lalu, sebenarnya, apa sih manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan apabila menerapkan aplikasi psikotes online tersebut?

Sebagai seorang recruiter, sudah tentu Anda tak asing lagi dengan kata psikotes, bukan? Ya, psikotes dipakai sebagai rangkaian dari proses rekrutmen. Kandidat yang sudah lolos screening CV-nya oleh recruiter, biasanya bakal dilanjutkan ke tahap psikotes, baru kemudian tahap wawancara. Akan tetapi, tak semua perusahaan memakai proses psikotes tersebut di dalam proses rekrutmennya.

Deretan Manfaat Menerapkan Aplikasi Psikotes Online untuk Perusahaan

Di zaman yang hampir semua serba digital ini, apabila Anda bandingkan pelaksanan proses psikotes untuk merekrut calon pegawai baru dengan cara konvensional. Maka proses psikotes dengan cara memakai software aplikasi dianggap jauh lebih gampang dan juga praktis untuk sebuah perusahaan.

Hal tersebut tidak lepas dari kehadiran aplikasi psikotes yang memberikan cukup banyak manfaat. Ya, perusahaan bisa memperoleh sejumlah manfaat dengan menerapkan aplikasi psikotes di dalam melakukan perekrutan karyawan baru. Berikut diantaranya:

Membuat Pekerjaan Menjadi Lebih Efisien

Memberi tes dan juga memeriksa hasil psikotes para kandidat yang sudah melamar kerja di sebuah perusahaan merupakan salah satu tugas dari seorang recruiter. Dengan memakai software psikotes online ini, maka tidak akan menghambang rekruter untuk melakukan peekerjaan yang lainnya.

Sebab, recruiter hanya perlu mempelajari terkait proses untuk mengoperasikan aplikasi psikotes itu. Kemudian sesudah itu, recruiter sudah dapat melakukan proses psikotes atau pengujian kompetensi terhadap kandidat tersebut. Dengan memakai aplikasi psikotes, proses pengujian kompetensi dapat dilakukan secara cepat dan juga lebih efisien.

Mampu Meminimalisir Adanya Risiko Human Error

Manfaat lain yang dapat diperoleh oleh sebuah perusahaan apabila memakai aplikasi psikotes online ini yaitu bisa mengurangi adanya risiko kesalahan yang dibuat oleh recruiter. Sebab, ketika recruiter melakukan sebuah kekeliruan di dalam menilai hasil dari psikotes para kandidat yang melamar kerja. Maka bakal memberi dampak pada hasil psikotes tersebut. Ya, hasilnya menjadi tidak akurat.

Bahkan tidak menutup kemungkinan kandidat itu memiliki potensi yang cukup bagus, akan tetapi karena terdapat kekeliruan dari rekruternya bakal membuat si kandidat tersebut tidak berhasil alias gagal pada tahap psikotes. Oleh sebab itu, dengan memanfaatkan aplikasi psikotes, pemeriksaan hasilnya juga jadi lebih akurat. 

Sistem Psikotes yang Lebih Praktis

Mendapatkan sistem psikologi yang lebih praktis ketimbang psikotes konvensional juga merupakan manfaat dari menerapkan aplikasi psikotes online ini. Sebab, biasanya aplikasi psikotes tersebut sudah lengkap dengan panduan untuk menjawab yang jelas. Selain itu, juga lengkap dengan batasan waktu atau timer.

Sehingga pada saat mengawasi proses psikotes itu, Anda tidak akan merasa kerepotan dalam membatasi waktu tes lagi. Dengan begitu keberadaan aplikasi psikotes ini jelas lebih praktis serta akan memudahkan recruiter maupun kandidat.

Pelaksanaannya Bisa dari Jarak Jauh

Manfaat lain dari menggunakan aplikasi psikotes ini yaitu perusahaan dapat melakukan tes psikotes terhadap karyawannya walaupun dari jarak jauh. Keuntungan untuk perusahaan yakni tak akan muncul masalah, misalnya kandidat pelamar kerja yang terlambat datang ke kantor. Kandidat juga lebih gampang untuk melakukan psikotes dari manapun tanpa perlu mendatangi perusahaan.

Menyesuaikan Jenis Psikotes dengan Posisi Pekerjaan

Pada umumnya, tak semua psikotes yang sudah dilaksanakan oleh perusahaan tersebut cocok dengan posisi pekerjaan yang tersedia. Sehingga, harusnya recruiter lebih jeli dalam menyelesaikan psikotes dengan deskripsi pekerjaan yang nantinya bakal dilakukan. Agar psikotes tersebut bukan jadi sekedar formalitas saja. Namun juga bisa menguji kemampuan serta kompetensi dari kandidat.

Dengan Anda memakai aplikasi psikotes online, Anda dapat merangkai soal tesnya secara khusus, sehingga sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Anda pun dapat lebih leluasa untuk menentukan jenis tes menurut karakteristik pekerjaan.

Hemat Biaya Operasional

Dengan memanfaatkan aplikasi psikotes maka bisa menghemat biaya operasional perusahaan. Biasanya psikotes secara konvensional harus memakai kertas untuk media tees. Sementera, untuk psikotes online memakai sistem yang praktuis serta mengurangi pemakaian biaya cetak dan sebagainya. 

Aplikasi Psikotes Terpercaya untuk Perusahaan

Sesudah Anda tahu banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari pemakaian aplikasi psikotes, kami akan merekomendasikan aplikasi psikotes dari NS Development. Ya, aplikasi ini hadir dengan menawarkan sistem yang telah terintegrasi dalam aplikasi recruitment untuk membantu membangun pusat data serta memudahkan pengambilan kemudahan pada proses perekrutan.

Dengan memakai aplikasi psikotes online dari NS. Development ini, nantinya perusahaan Anda bakal mendapatkan banyak keuntungan. Seperti tersedianya fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan, database recruitment yang tidak terbatas, aplikasi psikotes terbaik serta terpercaya, hasil psikotes sesuai form perusahaan, hingga layanan berupa Free Customize Tools khusus untuk perusahaan Anda.

Artikel berhubungan: