logo PT Nirmala Satya Development
Aplikasi Psikotes  Online

Secara tak langsung, produktivitas kerja ikut meningkat, sebab mereka tak menganggapnya sebagai beban. Kemudian, perusahaan juga lebih cepat dan mudah mencapai target-targetnya, termasuk menjaring profit atau penghasilan besar dan stabil dalam jangka waktu lama.

Semakin umumnya penggunaan aplikasi psikotes membuktikan bahwa tes ini masih dilakukan perusahaan untuk menilai kemampuan seseorang. Meski begitu, psikotes memang bukan satu-satunya tahap yang dilewati pelamar kerja yang ingin masuk ke sebuah perusahaan. Hal ini pula yang lantas membuat beberapa orang bertanya-tanya apakah psikotes memang dibutuhkan?

Psikotes dan perannya dalam rekrutmen karyawan

Berdasarkan sejumlah ahli, psikotes termasuk prosedur seleksi yang sudah terstandarisasi supaya perusahaan dapat mengukur potensi dan kemampuan seseorang. Sifatnya juga objektif, sehingga akan memberikan hasil yang adil kepada kandidat maupun perusahaan.

Maka dari itu, psikotes mampu memberikan hasil valid dan dapat dipercaya kepada staf HRD yang membutuhkan karyawan-karyawan potensial. Bahkan sebagian besar aplikasi psikotes online dapat dipakai untuk menyaring SDM level entry hingga ke mid/senior.

Psikotes pun tak hanya ditujukan untuk formalitas, sebab ada hal-hal tertentu yang dapat Anda ungkap melalui tes tersebut. Sebagai contoh, melalui wawancara, Anda mungkin saja menilai bahwa kandidat mempunyai technical skills yang bagus dan mempunyai riwayat pekerjaan menjanjikan. Namun dari hasil psikotesnya, ternyata mereka bukan tipe yang mampu membangun komunikasi atau memecahkan masalah dengan solusi yang tepat.

Cary Cooper, profesor psikologi organisasi dan kesehatan dari Universitas Lancaster, mengatakan bahwa hasil wawancara tak bisa Anda andalkan sebagai indikator kesuksesan seseorang. Begitu pula metode lain seperti sampel portofolio atau seleksi di awal tahap. Untuk itu, tes psikologi lewat aplikasi psikotes online dinilai melengkapi hasil metode-metode lainnya, sehingga perusahaan tak akan salah memilih karyawan.

Tentu, psikotes mempunyai stigma dan kelemahan, tetapi manfaat serta kelebihan yang diberikan tetap membantu HRD untuk menentukan keputusan. Perkembangan teknologi pun akan membuat psikotes lebih mudah dilaksanakan, terutama kalau Anda memakai platform terpercaya seperti NS. Development yang jasanya sudah digunakan berbagai perusahaan besar.

Fungsi-fungsi psikotes yang belum diketahui banyak orang

Adapun beberapa fungsi psikotes dalam perekrutan karyawan maupun dunia kerja yang belum diketahui banyak orang, yaitu:

  • Memprediksi performa kerja

Jika tes bidang atau akademis mengungkapkan pengalaman dan skill, tes yang karyawan ikuti melalui aplikasi psikotes online akan memberikan hasil berbeda. Pasalnya, tes ini akan memperlihatkan informasi-informasi yang memuat kemampuan hingga potensi kandidat. Bahkan, performa kerja mereka pun dapat diprediksi melalui hasilnya.

Misalnya, kalau ada karyawan yang memperlihatkan performa kurang baik, HRD melalui psikotes yang dilakukan dapat mengetahui faktor-faktor penyebabnya. Selain itu, Anda juga bisa memprediksi secocok apa kandidat dengan posisi yang ditawarkan, sesuatu yang barangkali tak akan diperoleh dari metode lain karena hasilnya tak terlalu akurat.

  • Memberikan informasi yang sulit didapat

Ketika menghadapi pelamar kerja, Anda akan mendapati kandidat-kandidat yang berupaya untuk memberikan kesan positif. Langkah yang mereka lakukan memang tak sepenuhnya salah, tetapi staf HRD perlu mengetahui juga sikap dan sifat yang tak diperlihatkan pada pertemuan tersebut. Dalam hal ini, menyelenggarakan tes lewat aplikasi psikotes online membantu Anda memperoleh hasil tadi.

Mengapa? Psikotes terbukti mengungkap informasi yang sulit Anda dapatkan langsung dari para pelamar kerja. Dari serangkaian tes yang dilakukan dalam psikotes, Anda bisa mengetahui potensi hingga kepribadian seseorang yang cocok dengan posisi yang mereka incar. Jadi perusahaan pun tak merasa ‘ditipu’ karena salah memilih karyawan.

  • Memetakan karyawan di posisi yang sesuai

Fungsi terakhir yang dapat Anda manfaatkan dari penggunaan aplikasi psikotes online adalah memetakan karyawan di posisi yang sesuai. Seperti yang disebutkan, dari informasi-informasi yang didapatkan dari hasil psikotes, Anda akan mengetahui skill dan potensi karyawan yang bisa disesuaikan dengan posisi yang menunjang perkembangan mereka.

Mempekerjakan karyawan sesuai keahlian bukan hanya membuat mereka nyaman. Secara tak langsung, produktivitas kerja ikut meningkat, sebab mereka tak menganggapnya sebagai beban. Kemudian, perusahaan juga lebih cepat dan mudah mencapai target-targetnya, termasuk menjaring profit atau penghasilan besar dan stabil dalam jangka waktu lama.

Sebagai rekomendasi, ada NS. Development yang dapat diandalkan apabila Anda mencari aplikasi psikotes online yang bagus. Dengan fitur dan sistem terintegrasi, platform ini memudahkan pencarian para karyawan kompeten.

Artikel berhubungan: