logo PT Nirmala Satya Development
Vendor Psikotes Online

Dengan memilih jasa vendor psikotes online yang terpercaya, berkualitas, dan berpengalaman, maka pekerjaan Anda dalam proses seleksi calon karyawan bisa menjadi semakin cepat dan lancar. Perusahaan juga bisa mendapatkan calon pekerja sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Vendor psikotes online yang terpercaya penting sekali perannya dalam membantu HRD dalam melakukan proses rekrutmen karyawan di suatu perusahaan. Sehingga, pihak HRD tidak merasa kewalahan lagi dalam menyeleksi pelamar kerja yang jumlahnya sangat banyak.

Penerimaan karyawan perusahaan tentunya selalu menggunakan proses seleksi yang cukup ketat. Agar perusahaan bisa mendapatkan kandidat yang benar-benar berkualitas dan sesuai kriteria, maka penting sekali untuk memilih jasa vendor psikotes yang terpercaya dan berpengalaman dalam bidangnya.

Begini Memilih Vendor Psikotes Online Berkualitas

Saat ini sudah banyak pihak Human Resources Development (HRD) perusahaan yang menyerahkan proses seleksi kandidat karyawan perusahaan pada vendor psikotes. Cara ini bisa menjadikan proses seleksi kandidat calon pekerja bisa menjadi lebih efisien dan lebih cepat.

Vendor psikotes nantinya akan membantu pemilihan SDM yang sesuai dengan kriteria suatu perusahaan. Jasa psikotes yang tepat tentunya akan bisa memilih kandidat yang berkualitas sesuai tipe yang dicari oleh perusahaan. Agar tidak kecewa, maka pilihlah jasa psikotes yang tepat dengan tips sebagai berikut.

1. Diskusikan Dengan Jelas Apa Kebutuhan Perusahaan

Kebutuhan setiap perusahaan dalam merekrut karyawan memang berbeda-beda antara perusahaan satu dengan yang lainnya. Setiap perusahaan memiliki kriteria dan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh calon karyawan yang ingin masuk dalam perusahaan.

Maka dari itu, pilihlah jasa psikotes yang mampu diajak bekerja sama. Vendor yang baik biasanya aka  mencari tahu lebih dalam tentang kebutuhan perusahaan terkait penerimaan calon karyawan. Terutama tentang persyaratan dan juga kriterianya.

Sebab, ini dilakukan untuk memastikan metode tes yang dipakai supaya bisa lebih tepat. Proses seleksi pun juga bisa berjalan dengan lebih lancar dan sesuai dengan harapan.

2. Perhatikan Alat Ukur Psikotes yang Dipakai

Tips memilih vendor psikotes online selanjutnya yaitu mengetahui alat ukur psikotes yang digunakan oleh pihak vendor tersebut. Ini wajib Anda perhatikan. Mengapa demikian? Sebab dalam proses seleksi, setiap vendor memiliki alat ukur psikotes yang berbeda-beda.

Perbedaan dalam hal penggunaan alat ukur ini ternyata bisa memberikan standar hasil pengukuran yang berbeda. Dengan begitu, Anda tidak dapat membandingkannya.

Maka dari itu, terlebih dahulu Anda harus menanyakan tentang alat ukur yang digunakan terlebih dahulu. Sepakati alat ukur yang akan digunakan dalam tes psikotes ini.

Jika semua sudah dibicarakan dengan jelas, maka calon karyawan akan bisa sesuai dengan harapan perusahaan Anda.

3. Ketahui Kredibilitas Vendor Psikotes

Pihak perusahaan akan melakukan berbagai hal dalam proses perekrutan karyawan, salah satunya dengan menyewa jasa vendor yang menangani tes psikotes. Bahkan, perusahaan rela mengeluarkan biaya yang besar untuk membayar vendornya. Untuk itu, pilihlah vendor psikotes yang terbaik dan terpercaya.

Terlebih dahulu, Anda perlu melakukan survey tentang kredibilitas vendor psikotes yang akan Anda gunakan. Anda juga perlu melihat ulasan perusahaan lain yang sudah pernah mempercayakan tugasnya pada vendor tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengenal lebih jauh dan menilai kualitas dari vendor yang akan Anda gunakan.

Jika testimoni dari dari perusahaan yang menggunakannya memberikan ulasan yang baik, maka bisa dipastikan jika vendor tersebut memang sudah memiliki kualitas yang baik dan terpercaya.

4. Format Laporannya Tidak Rumit

Vendor psikotes yang sudah berpengalaman tentu saja akan memberikan format laporan yang sederhana dan mudah dipahami oleh pihak terkait. Jangan sampai pihak terkait, terlebih yang akan bekerja sama dengan perusahaan Anda justru kesulitan memahami format laporan tersebut.

Pada umumnya, format laporan yang digunakan tidaklah komplek. Paling penting adalah isi laporan yang diberikan terdapat gambaran psikologis dari kandidat secara umum. Semuanya tertera dengan jelas dalam laporan tersebut.

Kelebihan yang dimiliki kandidat juga akan dicantumkan secara jelas. Selain itu, dalam laporan juga tertera apa saja kekurangan yang harus ditingkatkan oleh kandidat ketika bekerja di perusahaan.

Dengan memilih jasa vendor psikotes online yang terpercaya, berkualitas, dan berpengalaman, maka pekerjaan Anda dalam proses seleksi calon karyawan bisa menjadi semakin cepat dan lancar. Perusahaan juga bisa mendapatkan calon pekerja sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Artikel berhubungan: