logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikotes Online

Kita tahu bahwa melamar pekerjaan atau sesuatu lowongan kerja bukanlah sesuatu hal yang mudah. Sebagai pemilik perusahaan tentunya Anda harus mencari pekerja yang benar-benar mempunyai potensi pada bidang tersebut.

Tes psikotes online menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh para karyawan maupun pekerja baru. Terdapat banyak alasan yang mendasari akan hal tersebut. Tapi kenyataannya sedikit dari para calon pekerja tersebut yang mengetahuinya. Bahkan bukan tidak mungkin jika sampai saat ini masih ada yang bertanya-tanya untuk apa dilakukan atau diadakan psikotes kerja.

Kita tahu bahwa melamar pekerjaan atau sesuatu lowongan kerja bukanlah sesuatu hal yang mudah. Sebagai pemilik perusahaan tentunya Anda harus mencari pekerja yang benar-benar mempunyai potensi pada bidang tersebut. Begitu juga sebaliknya. Maksudnya adalah, apabila Anda adalah seorang yang ingin melamar lowongan kerja tentunya harus menyadari posisi apa yang sedang dicari.

Salah satu hal penting yang harus dilakukan sebagai pelamar kerja adalah interview. Bisa dikatakan bahwa interview merupakan sesuatu hal yang harus dilakukan. Tapi ternyata itu saja tidaklah cukup. Untuk mengetahui para pekerja mereka juga harus melakukan tes psikotes. Salah satu alasan adanya tes psikologi tersebut adalah untuk pengembangan karir.

Alasan Akan Pentingnya Tes Psikotes Online untuk Karyawan

Masa pandemi seperti saat ini proses rekrutmen karyawan menjadi sesuatu hal yang tidak mudah. Jika sebelumnya rekrutmen karyawan itu hanya harus menyortir data, kemudian interview, melakukan tes psikologi dan urutan lainnya. Tapi saat ini harus dilakukan recruitment secara online.

Hal tersebut nyatanya menjadi tantangan tersendiri. Kendati demikian menjadi sebuah keuntungan, karena saat ini sudah terdapat aplikasi tes psikotes online yang bisa diakses. Namun tahukah Anda sebenarnya alasan apa yang mendasari setiap pekerja itu harus melakukan tes psikotes kerja terlebih dahulu? Untuk mendapatkan jawaban lebih lengkapnya berikut ini penjelasannya.

Untuk Mengenal Diri

Alasan yang pertama para pekerja harus melakukan tes psikotes online baru-baru ini adalah, sebagai sarana untuk mereka lebih mengenal dirinya sendiri. Mencari pekerjaan itu bisa juga dikatakan seperti kita sedang mencari jodoh. Maka dengan demikian itu, supaya bisa mendapatkannya tentunya juga harus mengenali karakter serta kepribadian yang kita miliki.

Nah, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui akan hal tersebut adalah dengan melakukan psikotes. Dengan begitu juga, Anda akan lebih mudah menemukan posisi pekerjaan yang cocok di sebuah perusahaan.

Mengasah Kemampuan

Kemudian alasan kedua mengapa tes psikotes online sangat penting bagi karyawan membantu mereka untuk mengasah kemampuan dalam menjawab soal. Teruntuk Anda yang sudah sering melakukan psikotes kerja ataupun latihan menjawab soal psikotes, sudah pasti kemampuan semakin terasah.

Dengan begitu, Anda juga akan lebih mudah untuk memecahkan permasalahan. Akan semakin mudah juga untuk menjawab soal psikotes yang berikutnya.

Membantu Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan

Selanjutnya membantu mengetahui kelebihan dan kekurangan Anda. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa psikotes kerja mempunyai banyak jenis. Perlu Anda ketahui juga satu jenis dengan lainnya itu berbeda. Maka dengan mengerjakan berbagai jenis tes tersebut menyebabkan Anda akan lebih mudah mengetahui kelebihan serta kekurangan berdasarkan hasil tes yang sudah keluar nantinya.

Mengukur Kecerdasan Serta Kesehatan Mental

Tak hanya itu saja pentingnya melakukan tes psikotes online bagi para karyawan maupun pekerja. Sebagai pemilik perusahaan Anda tentunya menginginkan pegawai yang cerdas dan sehat fisik maupun mentalnya. Nah disinilah tes psikotes juga akan berperan, yakni membantu Anda untuk mengukur kecerdasan karyawan.

Dengan melakukan tes psikologi juga Anda bisa mengetahui apakah kondisi kejiwaan karyawan Anda itu benar-benar stabil. Apakah kecerdasan yang dimiliki itu benar-benar berpadu dengan seimbang. Jadi tidak heran jika sekarang ini para karyawan yang sedang mencari kerja harus melakukan rekrutmen secara online. Tak heran pula jika karyawan tersebut harus melakukan tes psikotes online.

Macam-Macam Psikotes Kerja

Dalam melakukan tes psikotes online tersebut biasanya akan terdapat beberapa jenis tes yang harus dilakukan oleh karyawan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jenisnya itu beragam. Pertama ada tes logika aritmatika. Jenis psikotes yang satu ini bermanfaat untuk mengukur kemampuan menghitung dalam menjawab soal. Biasanya juga jenis psikotes yang satu ini diadakan oleh suatu perusahaan yang membutuhkan skill analisis serta penalaran yang tinggi.

Kemudian yang kedua adalah tes kemampuan verbal. Tujuan dari tes yang satu ini untuk mengukur kemampuan pekerja dalam menangani situasi serta kondisi tertentu terlebih dalam lingkungan pekerjaan. Ada juga tes Wartegg merupakan tes untuk mengetahui karakter karyawan Anda. Ada juga tes Pauli atau Kraepelin. Sebuah teks yang berisi susunan angka mulai dari angka 0 sampai 9. Umumnya angka tersebut harus dijumlahkan.

Terakhir ada tes Edwards Personal Preference Schedule atau EPPS. Banyak sekali yang mengenal tes ini sebagai tes yang sangat mudah daripada jenis psikotes yang lainnya. Kendati demikian Anda tidak boleh menjawab tes psikotes online yang satu ini dengan asal-asalan. Sebab bertujuan untuk mengukur kepribadian serta karakter secara lebih rinci.

Artikel berhubungan: