logo PT Nirmala Satya Development
Aplikasi Psikotes Online

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat membantu HRD dalam melakukan pengamatan yang sistematis untuk mengetahui perilaku serta kinerja seseorang secara online. Hasil dari tes psikotes tersebut kemudian akan dinyatakan dalam kategori skala atau numerik.

Menjadi seorang HRD bagi sebuah perusahaan memiliki tugas dan kewajiban yang tak bisa dipandang sebelah mata. Salah satunya adalah melakukan rekrutmen karyawan yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Namun, seringkali dalam proses rekrutmen karyawan ini membutuhkan waktu dan tenaga lebih. Selain jumlah calon karyawan yang tidak sedikit hingga mekanisme yang rumit. Akan tetapi dengan menggunakan aplikasi psikotes, rekrut karyawan menjadi semakin mudah.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat membantu HRD dalam melakukan pengamatan yang sistematis untuk mengetahui perilaku serta kinerja seseorang secara online. Hasil dari tes psikotes tersebut kemudian akan dinyatakan dalam kategori skala atau numerik. Hanya dengan melalui aplikasi tersebut, Anda bisa memahami dan memprediksi aspek-aspek psikologis dari setiap calon karyawan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Psikotes

Selain pemaparan di atas, masih banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui aplikasi ini. Mau tahu apa saja keuntungannya? Berikut ini adalah pemaparan selengkapnya yang bisa Anda simak lebih lanjut.

1. Jenis Psikotes dapat Disesuaikan dengan Posisi Pekerjaan

Satu hal yang menjadi perhatian bersama, tidak semua perusahaan memiliki berbagai jenis psikotes. Sehingga, dalam rekrutmen karyawan seringkali jenis psikotes dengan posisi pekerjaan tidak sesuai.

Untuk mendapatkan hasil tes psikotes yang maksimal, HRD perlu lebih cermat dalam menyesuaikan jenis psikotes dengan posisi atau deskripsi pekerjaan. Mengingat begitu pentingnya tes psikotes tersebut, maka tidak hanya sekedar formalitas saja.

Dengan menggunakan aplikasi ini, proses rekrutmen karyawan Anda akan semakin cepat. Selain itu, proses rekrutmen juga lebih mudah, terutama dalam merangkai soal tes yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Mengurangi Terjadinya Risiko Human Error

Seorang HRD yang melakukan rekrutmen karyawan bukan tidak mungkin jika melakukan sebuah kesalahan. Bila kesalahan yang HRD lakukan ini terjadi, sudah barang tentu akan merugikan calon karyawan.

Bukan hanya calon karyawan saja yang mengalami kerugian melainkan juga perusahaan Anda. Bagaimana tidak, ketika hasil tes psikotes tersebut tidak akurat, maka akan sulit dalam memilih dan memilah calon karyawan yang memiliki potensi besar.

Bila terjadi kesalahan, bisa jadi calon karyawan yang memiliki potensi dan pengaruh bagi perusahaan justru menjadi kandidat gagal atau tidak lolos. Begitu pula sebaliknya, calon karyawan yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda bisa menjadi kandidat yang berhasil

Namun, lain cerita jika Anda menggunakan aplikasi psikotes. Pasalnya, keuntungan lain dari aplikasi ini adalah mengurangi terjadinya risiko human error.

Selain menjamin keakuratan data atau hasil dari tes psikotes tersebut, proses perekrutan juga semakin cermat Anda lakukan. Dengan begitu tidak akan ada kesalahan yang merugikan kedua bela pihak, baik perusahaan maupun calon karyawan.

3. Pekerjaan HRD Menjadi Lebih Efektif dan Efisien

Seperti yang Anda tahu, pekerjaan seorang HRD tidak hanya melakukan rekrutmen karyawan saja. Maka dari itulah, agar pekerjaan seorang HRD bisa terlaksana dengan baik tanpa adanya kendala, proses rekrutmen harus dilakukan dengan cepat.

Dengan menggunakan aplikasi psikotes, pekerjaan Anda akan menjadi lebih efektif dan efisien. Pasalnya, aplikasi ini sangat mudah untuk Anda gunakan.

Anda hanya perlu mempelajari bagaimana cara pengoperasian aplikasi ini. Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan tes psikotes untuk para calon karyawan. Pengujian yang Anda lakukan terhadap para karyawan ini juga lebih mudah dan tak butuh waktu lama.

Rekomendasi Aplikasi Psikotes untuk Merekrut Karyawan

Salah satu rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan yakni NS Development. NS Development ini merupakan aplikasi sekaligus vendor psikotes online yang telah dikembangkan oleh PT Nirmala Satya Development sebagai perusahaan yang bergerak dalam jasa konsultasi Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis teknologi informasi sejak 2019.

Aplikasi ini hadir sebagai sistem yang sudah terintegrasi. Sehingga, akan memudahkan Anda dalam melakukan rekrutmen karyawan dan membantu membangun pusat data hingga pengambilan keputusan.

Menariknya lagi, dengan menggunakan aplikasi NS Development ini Anda juga bisa langsung terhubung ke aplikasi lowongan kerja, seperti jobseeker.id dan aplikasi bimbingan konseling pada konselor.id. Melalui aplikasi psikotes ini pencarian bakat maupun keahlian khusus calon karyawan akan semakin terpenuhi dengan baik.

Artikel berhubungan: