logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikotes Online

Tidak hanya berperan penting dalam perekrutan calon karyawan saja. Melainkan, tes psikotes ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai evaluasi terhadap perilaku seseorang untuk menempati jabatan tertentu.

Bagi sebuah perusahaan, tes psikotes merupakan hal yang sangat penting. Tes psikotes ini menjadi sebuah alat seleksi yang HRD gunakan untuk merekrut calon karyawan. Bahkan, saat ini pun tes psikotes online sudah bisa Anda terapkan.

Tidak hanya berperan penting dalam perekrutan calon karyawan saja. Melainkan, tes psikotes ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai evaluasi terhadap perilaku seseorang untuk menempati jabatan tertentu.

Aspek Penting dalam Tes Psikotes Online maupun Offline

Dalam praktiknya, ada berbagai aspek penting pada tes psikotes ini. Mulai dari aspek bakat, yakni kelebihan secara alami yang ada pada diri seseorang.

Kemudian, ada pula aspek minat, yakni motivasi intrinsik yang seseorang gunakan untuk menggerakan dirinya melakukan aktivitas dengan penuh kesungguhan. Aspek lainnya yakni kecerdasan, merupakan kapasitas berpikir yang seseorang miliki.

Mulai dari kemampuan untuk menerima informasi, hingga kemampuan mengambil keputusan dari apa yang terpikirkan. Selanjutnya, ada pula aspek kerja yang menjelaskan tentang bagaimana perilaku calon karyawan Anda ketika berada dalam lingkungan atau situasi kerja.

Terakhir adalah aspek kepribadian, yakni menjelaskan tentang keahlian seseorang untuk menunjukkan seberapa besar produktivitasnya terhadap perusahaan. Bagi seorang HRD yang ingin mencari karyawan sesuai dengan visi dan misi perusahaan, semua aspek tersebut harus digali. Entah itu menggunakan jenis psikotes apapun itu, psikotes online atau offline sekalipun.

Tujuan Dari Psikotes Online dan Offline

Baik itu psikotes online maupun offline, sebenarnya keduanya memiliki tujuan yang sama. HRD pada sebuah perusahaan dapat menggali lebih dalam lagi tentang potensi, kemampuan calon karyawan hingga tingkat stres tinggi.

Selain itu, kedua jenis psikotes ini juga dapat membantu HRD untuk merekrut karyawan yang paling cocok dengan pekerjaan tertentu. Dengan begitu, perusahaan dapat menghindari adanya biaya turn over yang terlalu tinggi.

Pilih Tes Psikotes Online atau Psikotes Offline?

Sebelum mengenal psikotes online, psikotes offline sudah lebih dulu digunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Bila melihat dari aspek dan tujuan dari kedua jenis psikotes ini tidak jauh berbeda, sudah barang tentu memiliki peran yang sama pentingnya.

Pertanyaan yang sekarang ini timbul dari dua jenis tes psikotes tersebut sebenarnya mana yang paling efisien. Untuk mengetahui perbedaannya dan memilih jenis psikotes mana yang seharusnya Anda gunakan, simak pemaparan selengkapnya berikut ini.

Tes Psikotes Offline

Psikotes offline merupakan paper based test. Dengan kata lain, psikotes offline ini merupakan tes psikotes yang dapat Anda lakukan dengan cara tatap muka secara langsung.

Biasanya, calon karyawan akan mengisi pertanyaan yang ada di atas kertas. Untuk melakukan psikotes offline ini, perusahaan harus mendatangkan calon karyawan langsung ke perusahaan.

Tak hanya itu saja, perusahaan juga harus mengatur kondisi psikotes online tersebut agar berlangsung dengan lancar dan tenang. Tentunya psikotes offline ini akan memerlukan tenaga dan waktu yang lebih.

Tes Psikotes Online

Berbeda dengan psikotes online, dalam penyelenggaraannya Anda hanya perlu memanfaatkan teknologi dan akses internet. Bahkan, calon karyawan Anda tidak perlu lagi datang ke perusahaan atau kantor, karena psikotes online ini bisa Anda lakukan dari jarak jauh.

Selain itu, calon karyawan Anda pun juga bisa mengikuti tes psikotes ini di mana saja dengan catatan memiliki koneksi internet yang stabil. Entah itu, di cafe, rumah, perpustakaan, maupun tempat-tempat lainnya.

Menariknya lagi, psikotes online ini juga lebih cepat dalam memberikan hasil dan data calon karyawan. Bahkan, hasil dan data yang Anda dapatkan akurat, sehingga dalam pengambilan keputusan dapat Anda lakukan dengan tepat.

Psikotes Online dengan NS Development

Saat ini, salah satu aplikasi yang bisa membantu Anda untuk melakukan tes psikotes online adalah NS Development. NS Development merupakan aplikasi yang memberikan layanan psikotes online terintegrasi.

Dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan berbagai fitur canggih yang sangat memudahkan. Salah satunya adalah tersedianya hidden camera yang dapat membantu Anda dalam memantau aktivitas calon karyawan selama mengikuti tes.

Tak hanya itu saja, melalui aplikasi ini jumlah calon karyawan yang mengikuti tes tidak terbatas, dan fitur-fitur lainnya. Bersama dengan NS Development, tes psikotes online semakin mudah dan lancar.

Artikel berhubungan: