logo PT Nirmala Satya Development
Psikotes Online

Tes psikotes online ini memiliki banyak sekali manfaat. Tes ini juga dianggap lebih suitable dengan perkembangan zaman yang saat ini sudah semakin memanfaatkan media digital.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu sering mengikuti tes psikotes secara online. Tes psikotes biasanya akan sering kamu jumpai ketika tengah melamar kerja di suatu perusahaan atau sebagai tes seleksi untuk ujian masuk perguruan tinggi tertentu.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa perusahaan dan kamu dapatkan dengan mengadakan dan mengikuti tes psikotes secara online.

MANFAAT TES PSIKOTES ONLINE BAGI PERUSAHAAN

Tes psikotes sendiri merupakan salah satu bagian dalam rangkaian proses rekrutmen karyawan. Namun, karena adanya pandemi corona. Kegiatan tatap muka menjadi terbatas, hal ini tentunya juga berpengaruh terhadap sistem rekrutmen karyawan. Agar lebih aman dan terhindar dari penularan virus, mau tak mau seleksi karyawan harus dilakukan secara online. Nah, salah satunya adalah menggelar tes psikotes ini.

Lalu, apa saja manfaat tes psikotes online bagi perusahaan? Berikut manfaat aplikasi psikotes online untuk perusahaan:

Lebih Efisien dan Efektif

Penggunaan sistem rekrutmen dan seleksi online tentu saja akan membuat proses seleksi karyawan jadi lebih efisien dan juga efektif. Terlebih, jika harus menyeleksi ratusan atau bahkan ribuan calon karyawan dalam waktu serentak.

Selain itu, dengan adanya sistem tes psikotes online ini hasil tes juga dapat muncul secara otomatis. Sehingga para tim penilai (HRD) tidak perlu menilainya secara manual. Yang mana sistem penilaian manual ini akan menghabiskan cukup banyak waktu dan tenaga.

Meminimalisir Resiko terjadinya Human Error

Manfaat tes psikotes online kedua bagi perusahaan adalah dapat meminimalisir adanya human error. Ketika melakukan tes psikotes manual atau offline, kadangkala tim rekrutmen juga bisa melakukan kesalahan. Baik saat proses pemberian instruksi, pengawasan, hingga penilaian. Hal ini tentu saja akan membuat hasil tes jadi kurang akurat.

Dengan sistem tes psikotes online ini, hal-hal tersebut bisa lebih diminimalisir. Meskipun, masih ada potensi software atau sistem error. Namun, hal tersebut cukup jarang. Nah, sebagai tips tambahan. Sebaiknya, perusahaan menggunakan aplikasi atau software tes psikotes online dari developer terpercaya sehingga tidak ada sistem error dan perangkat lunak tersebut bisa memberikan hasil akurat.

Hemat Biaya Operasional

Alasan ketiga, perusahaan bisa lebih hemat biaya operasional dalam proses rekrutmen. Contohnya saja, biaya kertas dan biaya tenaga ahli. Dengan sistem psikotes online ini. Perusahaan tidak perlu mencetak banyak lembar uji dan lembar jawaban tes psikotes. Perusahaan juga tidak perlu mengundang tenaga ahli tertentu untuk membantu penyelenggaraan tes psikotes ini.

Suatu perusahaan pastinya akan lebih mengutamakan sistem yang lebih fleksibel dan memiliki banyak keuntungan, salah satunya melakukan tes psikotes online ini. Intinya, tes psikotes online ini dinilai jauh lebih praktis, akurat, dan lebih menguntungkan bagi pihak perusahaan.

MANFAAT TES PSIKOTES ONLINE BAGI INDIVIDU

Jika hal tersebut merupakan manfaat tes psikotes bagi perusahaan. Lalu, apa saja manfaat tes psikotes online tersebut bagimu? Atau bagi orang yang mengerjakannya? Berikut ini diantaranya :

Lebih Fleksibel

Yang pertama, tentu saja adalah masalah fleksibilitasnya. Kamu bisa mengerjakan tes psikotes online ini pada waktu yang telah ditentukan di manapun kamu berada. Misalnya, di rumah, di kos, dan tempat-tempat lainnya.

Kamu pun tidak perlu takut tidak bisa mengerjakan tes ini karena ada suatu halangan. Asal kamu memiliki perangkat digital dan smartphone atau laptop saja dan koneksi internet yang memadai, kamu sudah bisa melakukan tes psikotes ini.

Kamu Bisa Mengerjakannya dengan lebih Tenang

Kadang kita mungkin akan merasa grogi ketika mengerjakan psikotes offline. Apalagi, jika ada ratusan kompetitor yang juga tengah mengerjakan tes tersebut. Perasaan grogi, gugup, minder, dan tidak percaya diri ini tentunya akan sangat mempengaruhi hasil tesmu.

Hasil lebih Akurat

Dengan melakukan tes psikotes online ini, hasil yang keluar pun juga akan lebih akurat. Semuanya dicek satu per satu oleh sistem. Hasilnya pun bisa langsung keluar. Alias kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasil dan mengetahui skor mu.

Kamu juga bisa lho, melakukan tes psikotes online dengan mudah. Ada banyak sekali aplikasi dan website yang menyediakan layanan psikotes online yang bisa kamu coba untuk berlatih.

KESIMPULAN

Tes psikotes online ini memiliki banyak sekali manfaat. Tes ini juga dianggap lebih suitable dengan perkembangan zaman yang saat ini sudah semakin memanfaatkan media digital.

Trend tes psikotes online ini juga bukanlah hal yang baru lagi. Bahkan, semenjak tahun 2011 ada sebesar 81% perusahaan di Amerika Serikat yang telah beralih menggunakan sistem ini. Jumlah tersebut juga semakin meningkat karena per tahun 2018 sudah ada sekitar 71% perusahaan di seluruh dunia yang beralih menggunakan sistem ini. Jadi, penggunaannya tidak lagi terpaku di Amerika Serikat saja.

Beberapa perusahaan di Indonesia sendiri pun juga sudah mulai beralih ke sistem psikotes online ini. Terlebih, perusahaan-perusahaan besar yang jumlah calon karyawannya (pelamarnya) mencapai ribuan orang dalam satu kali masa rekrutmen.

Anda berminat menggunakan aplikasi psikotes online? Pastinya anda menggunakan Aplikasi NS Development, salah satu aplikasi psikotes online terbaik di Indonesia yang direkomendasikan oleh psikolog. Lihat lebih detail aplikasi psikotes Online NS Development.

Artikel berhubungan: