logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikotes Online

Pada jenis tes psikotes itu sebenarnya bisa dipelajari terlebih dahulu sebelum Anda mendaftarkan diri ke perusahaan tertentu. Apalagi sekarang ini teknologi digital yang sudah mengalami kemajuan yang semakin pesat.

Tes psikotes online untuk rekrutmen karyawan memang merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan. Ketika melamar kerja, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para pelamar yang sudah terpilih. Salah satunya adalah melakukan tes psikologi. Tidak bisa dikatakan mudah untuk melakukan tes yang satu ini.

Ketika proses rekrutmen karyawan, HRD perusahaan biasanya akan menilai karakter serta kemampuan calon karyawannya tersebut. Mereka akan menggunakan soal psikotes guna mengetahui hal tersebut. Tapi, sayangnya tidak sedikit karyawan yang gagal menunjukkan potensi yang ada dalam dirinya sendiri.

Penyebabnya adalah mereka tidak mengenal macam-macam soal psikotes serta fungsinya. Pada jenis tes psikotes itu sebenarnya bisa dipelajari terlebih dahulu sebelum Anda mendaftarkan diri ke perusahaan tertentu. Apalagi sekarang ini teknologi digital yang sudah mengalami kemajuan yang semakin pesat.

Jenis Soal dalam Tes Psikotes Online

Dengan kemajuan teknologi digital tersebut kita juga akan lebih mudah mencoba tes psikotes terlebih dahulu. Walaupun begitu tidak sedikit dari kita yang mengetahui sebenarnya tes psikotes yang seperti apa yang seringkali digunakan ketika para HRD itu melakukan rekrutmen karyawan.

Apakah Anda juga merupakan salah satunya? Jika memang iya, berikut ini beberapa jenis soal yang biasanya ada dalam tes psikotes baik offline maupun online ketika rekrutmen karyawan.

Logika Algoritma

Untuk jenis soal yang biasanya ada dalam tes psikotes adalah logika algoritma. Bagi Anda yang suka dengan angka ataupun hitung menghitung, tentunya jenis tes psikologi yang satu ini akan sangat seru. Nantinya Anda akan disajikan dengan deretan angka yang sudah mempunyai pola.

Adanya pola tersebut tentunya juga harus Anda pahami. Ketahuilah bahwa polanya bisa berupa urutan pengelompokan ataupun loncatan. Anda nantinya harus memecahkan pola tersebut melalui perkalian, penjumlahan, pembagian, prosentase, dan pengurangan. Tes yang satu ini berfungsi guna mengetahui kemampuan karyawan dalam suatu pola tertentu.

Analog Verbal Test

Kemudian soal berikutnya dalam melakukan tes psikotes online ketika rekrutmen ada analog verbal test. Fungsinya adalah untuk mengetahui kemampuan karyawan dalam menghadapi suatu masalah. Bagaimana karyawan tersebut nantinya bisa melihat sebab dan akibatnya.

Umumnya, soal tersebut sebanyak 40 butir dengan berbagai sinonim, analog, dan antonim dari sebuah kata. Guna mengerjakan soal tersebut, mengharuskan Anda harus mempelajari terlebih dahulu berbagai perbendaharaan kosakata serta artinya. Anda harus belajar mengenai soal sinonim, nol, relasi makna kata antonim. Lebih tepatnya pengerjaan soal ini juga harus menggunakan logika.

Pauli

Selain itu ada juga soal dalam tes psikotes online yang bernama Pauli. Banyak orang yang menyebut soal ini dengan nama tes koran. Adanya soal tersebut membuat Anda harus melakukan perhitungan terhadap angka yang sudah tersusun vertikal.

Adanya soal tersebut bertujuan mengetahui kecepatan ketelitian serta konsistensi dan juga toppers para karyawan. Apabila Anda mengerjakannya namun terdapat sedikit kesalahan, maka akan menggambarkan bahwa Anda itu mempunyai daya tahan tinggi terhadap suatu tekanan.

Logika Penalaran

Ada juga jenis soal tes Psikotes online yang disebut dengan logika penalaran. Soal dalam tes psikologi ini berfungsi mengukur kemampuan karyawan untuk menganalisis permasalahan serta kecepatan untuk mengambil keputusan. Bisa dikatakan konsep dari soal ini sama dengan logika algoritma.

Perbedaannya adalah menggunakan gambar dua dimensi atau tiga dimensi. Supaya bisa mengerjakannya, Anda harus tetap teliti terhadap gambar-gambar yang sudah tersaji. Karena bisa menjebak. Jika Anda menemukan kesulitan dalam mengerjakan maka kerjakan yang lebih mudah terlebih dahulu.

Beberapa perusahaan ketika rekrutmen juga mengadakan tes warteg untuk tes psikologi para karyawan. Ada juga soal yang disebut sebagai draw a man, terakhir ada jenis soal dalam tes psikotes online Army Alpha intelegence. Untuk jenis soal psikotes Wartegg, terdapat soal dengan 8 pola kotak yang berbeda.

Nantinya Anda diminta untuk memilih sesuai dengan imajinasi padat pola tersebut. Tips yang harus Anda perhatikan saat mengerjakan soal yang saat ini adalah tidak boleh terburu-buru. Sedangkan draw a man adalah jenis soal yang berfungsi untuk mengetahui seberapa rasa percaya diri Anda tanggung jawab serta stabilitas.

Dalam pengerjaan ini Anda diminta untuk menggambar seseorang serta mendeskripsikannya secara lebih rinci dan detail. Berbeda dengan soal jenis Army Alpha intelegence. Bisa dikatakan soal ini merupakan angka dan kombinasi. Dalam pengerjaannya nanti akan ada instruksi yang hanya sekali memberikan pengarahan. Dengan begitu untuk mengerjakan soal tes Psikotes online tersebut Anda harus teliti.

Artikel berhubungan: