logo PT Nirmala Satya Development
Sang Pembujuk

Orang dengan kepribadian ESTP orang yang sangat ramah, antusias, dan pandai berteman. Ia biasanya juga sangat pandai memengaruhi orang lain, serta memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak cepat dalam situasi yang darurat.

Orang dengan kepribadian ESTP orang yang sangat ramah, antusias, dan pandai berteman. Ia biasanya juga sangat pandai memengaruhi orang lain, serta memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak cepat dalam situasi yang darurat. Oleh sebab itu, pribadi ESTP kerap dijuluk sebagai ‘Si Pembujuk’.

Karakter Penyusun Kepribadian

Karakter penyusun kepribadian ESTP sebagai ‘Sang Pembujuk adalah sebagai berikut:

  1. Ekstrovert (E): Tipe kepribadian yang berorientasi pada kuantitas interaksi sosial, bersemangat menghabiskan waktu dengan orang lain.
  2. Sensing (S): Tipe kepribadian yang cenderung realistis. Tipe sensing memandang dunia berdasarkan apa yang terlihat oleh mata. Ia lebih praktis dan rasional dalam memandang dunia.
  3. Thinking (T): Tipe kepribadian yang logis dalam mengambil keputusan. Tipe thinking juga menggunakan kekuatan analisis berpikir dan konsisten dalam setiap keputusan.
  4. Perceiving (P): Tipe kepribadian Perceiving cenderung fleksibel, adaptif, bahkan dengan hal-hal yang belum pernah dihadapi maupun terlintas di pikiran sebelumnya. 
Tampilan Kepribadian 

Tampilan kepribadian dengan tipe ESTP dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan sosial adalah sebagai berikut:

  1. Spontan, Aktif, Enerjik, Cekatan, Cepat, Sigap, Antusias, Fun dan penuh variasi.
  2. Komunikator, asertif, to the point, ceplas-ceplos, berkarisma, punya interpersonal skill yang baik.
  3. Baik dalam pemecahan masalah langsung di tempat. Mampu menghadapi masalah, konflik dan kritik. Tidak khawatir, menikmati apapun yang terjadi.
  4. Cenderung untuk menyukai sesuatu yang mekanistis, kegiatan bersama dan olahraga.
  5. Mudah beradaptasi, toleran, pada umumnya konservatif tentang nilai-nilai. Tidak suka penjelasan terlalu panjang. Paling baik dalam hal-hal nyata yang dapat dilakukan.
Saran Pengembangan

Orang dengan tipe kepribadian ESTP, perlu mengembangkan dirinya agar tidak terjebak pada tipe kepribadian tersebut (Perlu diingat. !!! bahwa, kepribadian tidak bisa diukur baik atau buruk, semuanya berlaku alami/compatible sesuai dengan kondisinya).

  • Belajarlah memahami perasaan dan pemikiran orang lain terutama saat bicara dengan mereka.
  • Belajarlah untuk sabar, menikmati proses, tidak semua hal bisa dicapai dengan cepat.
  • Sesekali luangkan waktu untuk merenung dan merencanakan masa depan Anda.
  • Cobalah untuk mencatat pengamatan-pengamatan Anda termasuk detailnya.
Saran Profesi

Profesi yang cocok dengan tipe kepribadian ESTP adalah sebagai berikut:

Marketing, Sales, Polisi, Entrepreneur, Pialang Saham, Technical Support

Pasangan/Partner Alami

Pasangan atau partner alami, yang cocok dengan kepribadian ESTP adalah:

ISFJ (Sang Pelindung) atau ISTJ (Sang Perencana yang terorganisir)

Demikianlah pemaparan mengenai kepribadian ESTP yang dikenal juga sebagaI Sang Pembujuk. Anda termasuk tipe kepribadian ini? Yuuk, ikut tes psikologi untuk mengukur tipe kepribadian kamu, di NS Development.