logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

Mengenali kepribadian dengan lengkap, anda dapat mengikuti tes MBTI. Tes MBTI dapat mengungkap 16 tipe kepribadian. Anda termasuk tipe yang mana?

Tes MBTI, apakah Anda pernah mendengar istilah Myers-Briggs Type Indicator test? Jika pernah, tahukah Anda tes ini merupakan uji kepribadian yang paling umum dipakai di dunia?

Sudah lebih dari 1.5 juta orang mengerjakan MBTI per tahunnya. Tes ini dilakukan untuk keperluan akademik maupun saat melamar suatu pekerjaan.

Ini Dia Serba-Serbi Tes MBTI yang Penting untuk Anda Ketahui

Seperti sudah tertera di atas, MBTI merupakan sebuah uji kepribadian. Pertama kali tes ini diperkenalkan oleh Katharine Cook Briggs serta anaknya yakni Isabel Briggs Myers, pada tahun 1942.

Tujuan dibentuknya MBTI, tidak lain untuk meneliti indikator kepribadian seseorang. Tes ini berupaya membuat seseorang memahami dirinya sendiri, sehingga nanti bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Tentu kurang tepat, jika Anda menganggap kepribadian seseorang hanya dari introvert dan ekstrovert. Karena melalui tes MBTI, bisa menemukan kepribadian seseorang yang jauh lebih banyak dari itu. Berikut tipe kepribadian seseorang menurut MBTI yang bisa Anda pahami.

ISTJ

Orang yang memiliki tipe kepribadian ISTJ cenderung anteng dan praktis. Mereka menikmati ketertiban dalam segala aspek kehidupan. Termasuk di lingkungan rumah, pekerjaan hingga masyarakat. Selain itu, mereka suka menerapkan nilai tradisi di setiap pekerjaan.

ISTP

Orang dengan tipe kepribadian ISTP, umumnya senang jika mempunyai waktu untuk berpikir sendiri. Mereka terkenal mandiri, dan nyaman bekerja sembari memantaskan keahlian yang ada dalam dirinya. Selain itu, tipe kepribadian ISTP sangat suka hal baru, aktivitas praktis serta kebebasan untuk bekerja dalam kecepatan mereka.

ISFJ

Selanjutnya adalah tipe kepribadian ISFJ. Orang dengan kepribadian ini cenderung hangat dan sederhana. Mereka sangat efisien serta bertanggung jawab. Selain itu, gemar sekali memberikan perhatian pada setiap detail kehidupan sehari-hari.

ISFP

ISFP populer dengan julukan ‘artis’ diantara tipe kepribadian lainnya melalui tes MBTI. Orang dengan tipe ini memiliki pikiran terbuka dan menunjukkan minat besar pada kehidupan serta hal-hal baru. Umumnya mereka juga membumi dan sangat hangat. Kemampuan peka terhadap emosi, membuat tipe ISFP dianggap seniman yang handal.

INFJ

Tipe INFJ ini cukup langka. Mereka cenderung menyukai kehidupan dengan perhatian serta imajinasi yang mendalam. Orang dengan jenis kepribadian ini biasanya idealis dan suka membantu sesama.

INFP

Tipe INFP umumnya menggambarkan kepribadian seseorang yang altruis dan idealis. Mereka cenderung tertutup namun memiliki kekreatifan yang cukup tinggi. INFP mempunyai minat kuat guna menciptakan dunia menjadi tempat yang lebih baik.

INTJ

Tipe ini merupakan pemecah masalah yang handal. Mereka sangat semangat meningkatkan kehidupan dengan berbagai ide inovatif. Selain itu, mereka mempunyai kemampuan yang nalar, logis dan intelektual.

INTP

Orang yang memiliki tipe kepribadian ini, cenderung pendiam dan analitis. Mereka sering menghabiskan waktu sendiri untuk menganalisa cara kerja dan menemukan solusi setiap permasalahan yang ada.

ESTP

Sebagian besar orang dengan tipe ESTP sangat energik. Orientasi mereka fokus pada tindakan. Selain cekatan, orang tipe ESTP juga handal menavigasi peluang yang ada di depannya.

ESTJ

Inilah gambaran seorang pemimpin yang tegas dalam tes MBTI. Ketabahan mereka sangat besar, lengkap dengan kemampuan penilaian diri sendiri secara logis. Suka memberi solusi terbaik dalam segala masalah yang timbul.

ESFP

Tipe ini menyukai atmosfer yang hidup, dan suka terlibat dalam acara dengan konsep penuh semangat. Selain itu, jiwa sosialnya sangat tinggi.

ESFJ

Tipe ESFJ dalam tes MBTI dikenal sebagai sosok ibu, yang umum ditemukan dalam lingkup pertemanan. Selain ramah mereka juga setia, selalu teratur, dan berhati lembut.

ENFJ

Orang dengan tipe kepribadian ENFJ cenderung hangat, ramah, setia namun sedikit sensitif. Meski begitu, mereka mudah menjalin persahabatan dengan semua tipe kepribadian. Bahkan dengan individu yang tertutup sekalipun.

ENFP

Tipe ini suka merangkul ide dan visi besar, yang mampu mencerminkan harapan serta niat baik pada orang lain. Energi mereka yang membara, kerap mengalir ke orang lain.

ENTJ

Sama halnya dengan ESTJ, ENTJ merupakan tipe pemimpin. Mereka cenderung tegas dan menyukai sebuah pencapaian. Bagi tipe kepribadian ini, hal paling penting adalah punya keberanian untuk mengikuti naluri hati serta intuisi.

ENTP

Tipe kepribadian terakhir dalam MBTI yakni ENTP. Orang dengan tipe ini sangat berani, kreatif dan suka mengeluarkan ide-ide hebat. Mereka semangat mengejar tujuan meski penuh hambatan. ENTP juga hobi beragumen dan gemar terlibat dalam perdebatan panas.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang tipe kepribadian seseorang yang bisa Anda tahu melalui tes MBTI. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi bermanfaat!

Tes MBTI Online

NS Development menyediakan aplikasi tes MBTI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes MBTI Online. Menggunakan Aplikasi tes MBTI Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes MBTI.

Tes MBTI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes MBTI Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.