logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

Kerjakan tes MBTI dengan jujur, optimis, fokus, dalam keadaan yang tenang, baca baik-baik setiap item soal, jangan berlama-lama memaknai item soal.

Tes MBTI merupakan salah satu jenis tes psikologi yang dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang. Myers-Briggs Type Indicator merupakan instrumen yang paling banyak digunakan, baik di tempat kerja maupun pengaturan lain.

Teori psikologi dari Carl Jung ini menunjukkan fungsinya, yakni bagaimana cara seseorang memecahkan masalah dan berinteraksi dengan orang lain.

Tips Tepat Pengerjaan Tes MBTI Via Online

Mulailah mengenali diri dengan identifikasi kepribadian lengkap. Tanpa keluar banyak uang, karena hanya sekali klik, Anda sudah dapat mengikuti tes identifikasi kepribadian MBTI. Lantas, bagaimana tips mengerjakan tes psikologi tersebut?

1. Cermat Memahami Pendahuluan dan Semua Instruksi Tes

Setiap tes tentu memiliki bagian pendahuluan lengkap dengan instruksi atau perintah yang harus Anda patuhi saat pengerjaan. Di sinilah Anda harus mencermati dan memahami apa saja pendahuluan beserta instruksi tersebut. Hal ini karena ada berbagai informasi penting yang sebaiknya Anda ketahui, terlebih Anda baru sekali mengikuti tes.

2. Baca Instruksi Setiap Soal dengan Baik

Setiap soal MBTI memiliki durasi waktu pengerjaan. Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui durasi waktu untuk menyelesaikan semua soal sehingga Anda bisa memperkirakan berapa lama waktu pengerjaan setiap soalnya.

Selain itu, hilangkan mindset bahwa Anda telah mengetahui cara mengerjakan tes MBTI. Pasalnya, masing-masing tes bisa saja disuguhkan dengan cara pengerjaan yang berbeda tergantung pihak pengujinya. Oleh karena itu, penting untuk tetap membaca setiap instruksi dengan seksama dari awal hingga akhir.

3. Berikan Jawaban Jujur Namun Berdasarkan Pertimbangan Matang

Bila mengikuti tes MBTI dalam proses rekrutmen karyawan, sebaiknya jawablah soal tes berdasarkan segi pemikiran Anda terkait apa yang dibutuhkan perusahaan sehingga menyelenggarakan tes psikologi ini.

Sebaiknya, berikan jawaban jujur atau carilah opsi jawaban yang telah diselaraskan dengan pribadi Anda dan posisi yang Anda incar di perusahaan tersebut. Hindari ragu-ragu menjawab karena membuat jawaban Anda menjadi tidak akurat.

4. Pilih Tempat yang Tenang

Supaya konsentrasi Anda terjaga, sebaiknya pilih tempat yang tenang serta jauh dari kebisingan untuk mengerjakan tes. Carilah tempat kondusif dengan pencahayaan cukup sehingga memperlancar pengerjaan tes. Jangan sampai terjadi gangguan sehingga mengakibatkan hasil tes di luar ekspektasi Anda.

5. Tetap Fokus

Pertanyaan dan pernyataan yang ditampilkan dalam tes terkadang mirip atau bahkan sama. Hal ini bisa memicu kebosanan dan membuat Anda lelah.

Sebagai tips mengerjakan tes MBTI berikutnya supaya hasilnya mendekati kepribadian Anda yang sesungguhnya adalah tetap menjaga fokus. Jangan sampai konsentrasi Anda terpecah.

Sebagai informasi, soal-soal dalam tes kepribadian sebenarnya mudah dipahami sehingga siapapun bisa mengerjakannya. Namun, yang namanya tes tidak afdol apabila tanpa soal dan jawaban pengecoh. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan tetap teliti.

6. Tetap Tenang

Beberapa orang justru malah kepikiran tentang durasi lamanya waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes. Tak jarang mereka terkesan buru-buru mengerjakan soal.

Baik dibatasi waktu maupun tidak, sebaiknya cobalah berusaha untuk tetap tenang. Ingatlah bahwa semua hal yang dikerjakan buru-buru tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

7. Berikan Jawaban Konsisten

Dalam tes MBTI, ada kalanya Anda menjumpai soal yang diajukan tidak hanya sekali, bahkan berulang-ulang. Anda mungkin tidak menyadari hal tersebut karena konteks kalimat soal berbeda sehingga terkesan berbeda pula.

Ketahuilah bahwa ini merupakan salah satu trik penguji apakah jawaban yang Anda berikan jujur atau tidak. Berikan jawaban lebih konsisten sehingga terkesan meyakinkan.

8. Jangan Pesimis

Tidak ada manusia terlahir sempurna. Berdasarkan pernyataan tersebut, ada kalanya kita memberikan jawaban tanpa melebih-lebihkan kemampuan kita yang sebenarnya. Namun, kita tidak boleh pesimis dengan jawaban tersebut. Bila perlu, tumbuhkan sikap optimisme dan berpikir positif. 

9. Hindari Terlalu Lama

Selesai lebih cepat atau tidak, durasi waktu pengerjaan tidak akan mempengaruhi hasil akhir tes. Namun bukan berarti kita harus berlama-lama mengerjakan tes. Yang terpenting, siapkan kondisi fisik prima dan mental yang stabil sehingga proses pengerjaan lancar dan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Meskipun populer, beberapa fakta membuktikan bahwa MBTI bukanlah alat ukur kepribadian yang valid dan reliabel. Namun Myers-Briggs Type Indicator terus digunakan organisasi di seluruh dunia untuk membantu individu memahami dan menerapkan kekuatan pribadi mereka.

Supaya hasil tes MBTI mendekati akurat, maka dibutuhkan tes psikologi penunjang yang lain. Anda bisa mendapatkan tes tersebut beserta manfaatnya melalui NSD. Ingatlah bahwa dengan mengenali diri Anda maka akan memudahkan bagi Anda untuk mengenal dunia.

Tes MBTI Online

NS Development menyediakan aplikasi tes MBTI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes MBTI Online. Menggunakan Aplikasi tes MBTI Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes MBTI.

Tes MBTI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes MBTI Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.