logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

Tes MBTI banyak digunakan untuk proses rekrutmen, asesmen jabatan maupun untuk identifikasi kepribadian. Tes MBTI termasuk tes yang simple, yang hanya terdiri dari 60 pernyataan yang harus dipilih satu dari dua pernyataan yang ada.

Tes MBTI yang kepanjangan dari Myers-Briggs Type Indicator merupakan sebuah tes kepribadian, dengan tujuan sebagai alat ukur sudut pandang psikologis seseorang dalam mengambil keputusan, menilai situasi, serta melihat dunia. Dengan begitu, untuk lingkupnya sangat luas. Umumnya tes kepribadian MBTI kerap kali dipakai untuk berbagai kebutuhan. Terutama untuk bagian rekrutmen atau pada dunia kerja.

Adapun salah satu contoh yang memakai tes kepribadian tersebut yaitu guna mendapatkan gambaran karakter seseorang. Bukan hanya itu saja, tes kepribadian tersebut juga digunakan untuk bisa mengetahui berapa persen seseorang dalam hubungan sosial serta relevansinya dengan tipe pekerjaan yang sempurna. Untuk mengetahui lebih lanjutnya Anda bisa simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Tes MBTI?

Merupakan sebuah metode alat ukur yang dipakai guna membaca kepribadian seseorang. Terutama guna memahami seseorang dalam menilai sesuatu serta mengambil keputusan. Menurut The Myers Briggs Company, perusahaan yang berada di California yang menangani MBTI mengatakan bahwa untuk setiap tahunnya hampir mencapai 1,5 juta jiwa yang mengikuti tes MBTI secara online.

The Myers-Briggs Type Indicator telah lahir serta dikembangkan oleh Katherine beserta dengan putrinya. Carl Gustav Jung yang menjelaskan bahwa setiap kepribadian dapat dibagi menjadi 4 dimensi sebagai sifat dasar manusia.

Antara lain seperti dimensi pemusatan perhatian terdiri dari Introvert (I) vs Extrovert (E), dimensi dalam memahami sebuah informasi yang berasal dari luar terdiri dari Intuition (N) vs Sensing (S), dimensi menarik sebuah kesimpulan serta keputusan terdiri dari Feeling (F) vs Thinking (T). Kemudian terdapat dimensi pola hidup yang terdiri dari Perceiving (P) Judging (J).

Pada Tes MBTI memiliki tujuan dalam membantu mempelajari diri sendiri. Hal tersebut juga termasuk dalam mempelajari tentang kekuatan, kelemahan, perkiraan mengenai karir yang tepat, serta kecocokan dengan orang lain. Pasalnya Tes tersebut juga tidak selamanya akan selalu sama, selama seseorang terus mengalami perkembangan atau berada pada lingkungan yang berbeda. Kemungkinan besar hasil dari tes tersebut bisa berubah.

Biasanya untuk pemakaian tes kepribadian tersebut banyak diadopsi oleh bagian HRD atau Human Resource Development guna menentukan apakah seorang karyawan layak dengan kultur perusahaan atau tidaknya. Bukan hanya itu saja, tes kepribadian MBTI juga bisa memberikan gambaran mengenai kemampuan kandidat karyawan dalam suatu kerja di sebuah tim.

Tes Kepribadian MBTI untuk Rekrutmen

Melalui risalah ilmiah dari Irawadi dan Ismail menyebutkan bahwa tes kepribadian MBTI awal mulanya sebagai salah satu solusi dari permasalahan SDM di sebuah perusahaan. Dengan menggunakan tes psikologi, terutama tes kepribadian MBTI tersebut. Dapat mengetahui kepribadian seseorang dengan nilai-nilai potensial pada pelamar kerja yang akan diseleksi.

Namun, akhir-akhir ini penggunaan tes kepribadian tersebut digunakan untuk rekrutmen kerja yang menuai pro dan kontra sebab adanya anggapan tidak etis. Walaupun demikian, dahulu tes psikologi MBTI bisa dilakukan dengan basis 4 dimensi yang mana sudah dijelaskan di atas.

Irawadi serta Ismail dalam risalahnya juga menjelaskan bahwa tes kepribadian dapat dilakukan dengan perbandingan dua aspek di dalam setiap dimensi yang tersedia dalam 15 pertanyaan untuk setiap perbandingannya.

Maka, dari keempat dimensi tersebut terdapat 60 pertanyaan secara keseluruhan. Setelah mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaan. Maka, setelah itu bisa dilakukan perhitungan yang bisa menghasilkan nilai aspek yang memiliki hasil lebih besar dari dua aspek dari setiap dimensi.

Pada perhitungan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan rumus jumlah indikasi aspek yang dibagi 15, kemudian dikalikan dengan 100 persen. Hal tersebut nantinya bisa menjadi sebuah penentuan kepribadian seseorang yang akan mengerjakan tes tersebut. Dari hasil tes tersebutlah, mak nantinya bisa menghasilkan 16 tipe kepribadian yang menurut dari tes MBTI.

Kepribadian yang berasal dari tes MBTI tersebut, nantinya bisa menentukan seseorang pelamar kerja. Berguna menentukan posisi serta relevansi rekrutmen yang ada pada sebuah instansi yang akan dilamarnya. Hasil dari tes kepribadian tersebut nantinya HRD sebuah instansi akan melakukan identifikasi pula potensial serta preferensi bagi seseorang yang melamar kerja.

Walaupun demikian, dengan teoritis tidak ada kepribadian yang mendapatkan nilai lebih baik daripada kepribadian lainnya dari 16 kepribadian yang merupakan hasil tes tersebut. Akan tetapi, biasanya kecenderungan seseorang sebagai basis dari analisis utama hasil tes MBTI tersebut.

Tes MBTI Online

NS Development menyediakan aplikasi tes MBTI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes MBTI Online. Menggunakan Aplikasi tes MBTI Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes MBTI.

Tes MBTI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes MBTI Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.