logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

Tes MBTI merupakan salah satu alat tes psikologi yang mampu mengungkap kepribadian lebih dalam dan dikelompokkan kedalam 16 tipe kepribadian.

Tes MBTI tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda bukan? Psikotes ini sudah cukup populer dan banyak dilakukan orang-orang. Baik anak-anak muda seperti para siswa maupun orang yang sudah dewasa sekalipun pastinya pernah melakukan tes ini.

MBTI merupakan singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator, salah satu psikotest yang digunakan untuk mengukur preferensi dasar murni psikologi seseorang dalam membuat keputusan dan melihat dunia. Tes ini dirancang untuk mengetahui gambaran umum kepribadian, kekuatan, bakat, serta kecerdasan seseorang.

Manfaat Mengikuti Tes MBTI

Tes satu ini berisikan berbagai pertanyaan yang harus diisi oleh setiap pesertanya. Pertanyaan yang diajukan akan terdiri dari 4 skala yang berbeda. Pertama yaitu Extraversion (E) - Introversion (I), skala ini akan menggambarkan bagaimana cara seseorang untuk merespons dan berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya.

Sensing (S) - Intuition (N), skala ini akan menggambarkan bagaimana cara seseorang dalam mengumpulkan serta mengolah informasi yang didapat dari dunia sekitarnya. Kemudian terdapat skala Thinking (T) - Feeling (F) yang digunakan untuk menilai bagaimana cara seseorang dalam mengambil keputusan berdasarkan informasi yang telah ia kumpulkan sebelumnya.

Terakhir yaitu skala Judging (J) - Perceiving (P) merupakan skala yang akan menunjukkan bagaimana cara seseorang dalam menjalani hidup. Hasil tes MBTI tidak akan menunjukkan mana yang salah atau mana yang benar, hal ini karena tujuannya yaitu untuk mengenali diri sendiri.

Dengan tes ini maka pelakunya bisa lebih mengenali diri, melihat potensi dan juga kelebihan yang dimilikinya. Dengan begitu pun maka ia bisa memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan. Misal untuk mencari pekerjaan yang cocok untuknya, memilih jurusan mana yang cocok dan lain sebagainya. Setelah menjalani tes ini maka pelakunya akan mendapatkan satu dari 16 tipe kepribadian manusia.

Tipe kepribadian tersebut merupakan kombinasi dari 4 skala pertanyaan yang diajukan dalam tes. 16 kepribadian tersebut yaitu ISTJ, ISTP, ISFJ, ISFP, INFJ, INFP, INTJ, INTP, ESTP, ESTJ, ESFP, ESFJ, ENFP, ENFJ, ENTP dan ENTJ. Semua kepribadian tersebut tentunya memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, namun diantaranya tentu tidak ada yang salah maupun benar.

Meskipun sering dianggap remeh dan tidak terlalu penting sebenarnya mengikuti tes MBTI dan mengetahui kepribadian apa yang dimiliki juga bisa memberikan berbagai manfaat, lho. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut adalah pembahasannya:

Mengenali Kepribadian Diri Lebih Dalam

Semua tujuan dari tes psikologi memang untuk mengetahui bagaimana kepribadian seseorang, termasuk juga MBTI. Namun tes ini memiliki kelebihan tersendiri yaitu memungkinkan Anda untuk mengenali kepribadian lebih luas lagi. Jadi Anda bukan hanya akan tahu bahwa diri Anda ekstrovert atau introvert saja, namun juga akan ada beragam kombinasi yang membentuk sifat yang Anda miliki.

Membantu Menemukan Pekerjaan atau Jurusan yang Cocok

Kepribadian bisa mencerminkan bagaimana perilaku Anda seperti teliti, tidak mudah puas, memiliki hubungan sosial yang tinggi dan masih banyak lagi. Dengan mengetahuinya maka Anda bisa menentukan karir mana yang paling tepat untuk Anda pilih.

Mampu Mencari Teman yang Ideal

Manfaat tes MBTI selanjutnya yaitu Anda bisa mencari teman yang paling ideal untuk menunjang keberhasilan Anda. Misalnya jika Anda seorang ISTJ yang pemalu dalam lingkungan sosial maka Anda bisa mencari teman seorang ESTP yang pandai bersosialisasi.

Untuk Mengevaluasi Diri

Setelah menjalani tes dan Anda mengetahui kepribadian apa yang dimiliki dan Anda bisa melihat karakteristik, kelemahan serta kelebihan yang ada dalam diri Anda. Dengan begitu maka Anda bisa melakukan evaluasi diri dengan mengembangkan kelebihan yang dimiliki serta sadar diri dan memperbaiki kelemahan yang ada. Akibatnya Anda bisa menjadi individu yang lebih baik lagi.

Mencari Tahu Orang Sukses yang Memiliki Kepribadian Sama

Manfaat selanjutnya yaitu Anda bisa mencari tahu orang-orang sukses yang memiliki kepribadian sama dengan Anda. Misalnya seorang pengusaha sukses, presiden dan lain sebagainya. Orang-orang tersebut pun bisa Anda jadikan sebagai role model untuk Anda ikuti.

Itulah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah mengikuti tes MBTI. Setelah mengetahuinya, tak ada alasan lagi bagi Anda untuk mencoba melakukan tes ini.

Tes MBTI Online

NS Development menyediakan aplikasi tes MBTI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes MBTI Online. Menggunakan Aplikasi tes MBTI Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes MBTI.

Tes MBTI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes MBTI Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.