logo PT Nirmala Satya Development
Tes Memilih Jurusan Kuliah

Setelah hasil tes MBTI milikmu keluar, selanjutnya kamu bisa menggunakannya sebagai acuan untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai untukmu.

Kamu pastinya sudah tak asing lagi dengan tes memilih jurusan kuliah satu ini, kan? Ya, tes tersebut adalah tes MBTI. Sebenarnya, tes MBTI ini lebih banyak digunakan untuk mengetahui karakter atau personality seseorang.

Namun, tak ada salahnya juga kalau kita menggunakan hasil tes MBTI ini sebagai sarana untuk menentukan jurusan kuliah. Dengan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan karakter yang kita miliki, maka kita bisa lebih mudah menyesuaikan diri.

Contohnya, kalau kamu adalah tipe orang yang introvert kamu bisa memilih jurusan kuliah yang mengarah ke profesi di balik meja alias profesi yang tidak mengharuskanmu untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Apa Itu Tes MBTI?

Tes memilih jurusan kuliah MBTI sendiri adalah singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator. Tes ini sendiri juga diambil dari nama penemunya yakni Myers dan Briggs. Kedua orang tersebut adalah penggagas klasifikasi 16 tipe kepribadian MBTI yang pada akhirnya juga dikembangkan oleh Carl Jung. Ke-16 tipe kepribadian ini pada dasarnya mengkombinasikan 2 jenis kepribadian utama (introvert dan ekstrovert) dengan 6 tipe lainnya.

Bagaimana Cara Mengikuti Tes MBTI?

Kamu bisa mengikuti tes kepribadian ini dengan mudah lho. Salah satu contohnya adalah dengan mengunjungi website terpercaya. Ada banyak sekali website dengan niche utama psikologi yang menyediakan tes MBTI ini.

Cukup jawab semua pertanyaan yang diajukan sesuai dengan dirimu sendiri dan hasilnya akan muncul. Kamu bisa menemukan website tes MBTI ini secara mudah di Google. Kalau kamu ingin hasil yang lebih terpercaya dan akurat, kamu juga bisa berkonsultasi langsung pada ahlinya ya (psikolog). Atau mendatangi lembaga tertentu untuk melakukan tes MBTI ini.

Rekomendasi Jurusan Kuliah Berdasarkan Hasil Tes MBTI

Setelah hasil tes MBTI milikmu keluar, selanjutnya kamu bisa menggunakannya sebagai acuan untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai untukmu. Nah, ini dia 16 tipe kepribadian tes MBTI beserta dengan rekomendasi jurusan kuliah!

• INFP

Sifatnya yang idealis dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi membuat orang dengan tipe kepribadian ini cocok melanjutkan kuliah dalam jurusan psikologi dan sastra. Kepribadiannya yang teguh, terbuka dengan berbagai kemungkinan, dan fleksibel ini juga membuatnya cocok dengan jurusan kesehatan, desain, dan jurusan hubungan masyarakat.

• INTJ

Tipe kepribadian yang cepat memahami pola dan dapat menyusun perspektif jangka panjang, memiliki standar kompetensi dan kinerja yang tinggi. Cocok dengan jurusan bisnis, ilmu komputer, dan jurusan teknik.

• INFJ

Termasuk tipe kepribadian yang memiliki minat yang besar terhadap hubungan sosial, selalu ingin memahami pemikiran orang lain dan melayani orang di sekitarnya sebaik mungkin. Rekomendasi jurusan : Ilmu komunikasi, psikologi, seni rupa, DKV, jurusan televisi dan film.

• INTP

Tipe kepribadian yang cenderung lebih teoritis dan abstrak, cerdas dan tenang, serta mampu fokus mendalami suatu hal sampai menemukan solusi. Rekomendasi jurusan kuliah yang sesuai : Hukum, Ilmu Fisika, dan Ilmu Komputer.

• ENTJ

Tipe kepribadian yang memiliki wawasan yang luas, peka terhadap keadaan dan dapat memilah prosedur/kebijakan yang kurang efisien. Rekomendasi jurusan : Manajemen dan Ilmu Politik.

• ENTP

Tipe orang yang lebih blak-blakan dan strategis. Cenderung menyukai hal yang menarik dan mudah jenuh dengan rutinitas yang monoton. Rekomendasi jurusan : Hukum dan Kimia.

• ENFJ

Tipe orang yang mudah bergaul, hangat, memiliki empati yang tinggi dan bisa menjadi pendengar yang baik. Dapat menerima pujian atau kritikan dengan baik. Cocok masuk ke jurusan  Drama & teater, Periklanan, Ilmu Politik, Hubungan Masyarakat, dan jurusan Psikologi.

• ENFP

Hangat, imajinatif, antusias, suportif, fleksibel, spontan, fasih berbicara, dapat memahami pola dan hubungan dalam suatu kejadian tertentu. Rekomendasi jurusan : Jurnalistik, Pariwisata & Pendidikan.

• ISFJ

Sifatnya yang tenang, teliti, berkomitmen, cermat, loyal, perhatian, bertanggung jawab membuatnya cocok kuliah dalam jurusan : Kedokteran, Keperawatan, PGSD, dan Kesejahteraan Sosial.

• ISFP

Terbilang cukup tenang, baik hati, dan cenderung sensitive. Memiliki komitmen yang kuat, toleransi yang tinggi pada perbedaan pendapat dan prinsip orang lain, cenderung membutuhkan space lebih untuk diri sendiri, dan bekerja sesuai dengan waktunya sendiri. Contoh jurusan yang sesuai adalah : Desain Interior, Seni, dan DKV.

• ISTJ

Karakter ISTJ ini terbilang cukup tenang, teliti, tekun, realistis, serius, logis, dan cenderung lebih praktis. Mengedepankan fakta dan logika dalam bertindak. Contoh jurusan yang sesuai adalah : Kedokteran dan Teknik.

• ISTP

Memiliki minat yang besar dengan hubungan sebab-akibat, mampu mengolah fakta dengan efisien dan logis, pembawaannya tenang, memiliki kemampuan analisis yang baik, dan dapat bertindak cepat sesuai dengan kondisi. Jurusan kuliah yang sesuai : Teknik, Penerbangan, Kriminologi, dan Ekonomi.

• ESFJ

Tipe kepribadian konsul yang senang melayani dan bekerja sama dalam lingkungan yang harmonis. Rekomendasi jurusan : Psikologi, Pariwisata, dan Pendidikan.

• ESFP

Cenderung ramah, fleksibel, adaptif, spontan, dan mencintai kehidupannya sendiri dan orang lain. Rekomendasi jurusan : Seni dan Desain, Pariwisata, dan Ilmu Komunikasi.

• ESTJ

Praktis dan realistis, tegas, dan berorientasi pada fakta, dapat mengatur pekerjaan seefisien mungkin agar memperoleh hasil terbaik. Rekomendasi jurusan kuliah : Hukum, Ekonomi, dan Kriminologi.

• ESTP

Sosoknya fleksibel, toleran, dan senang menjalin komunikasi aktif, serta lebih suka learning by doing. Rekomendasi jurusan yang sesuai dengan tipe kepribadian ini adalah Bisnis dan Olahraga.

Cara Mengikuti Tes memilih jurusan kuliah

Untuk mengikuti tes memilih jurusan kuliah dapat diikuti dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes memilih jurusan kuliah.