logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

Tes MBTI banyak digunakan baik didunia Industri maupun dunia pendidikan. Tes MBTI mampu mengungkap tipe kepribadian kedalam 16 tipe.

Tes MBTI (Mayers-Briggs Type Indicator) adalah salah satu penilaian alias tes kepribadian yang paling umum dikenal oleh semua orang. Jadi tes yang satu ini terkenal karena bisa kita akses secara mudah dan gratis melalui online atau media internet.

Cukup melalui serangkaian pertanyaan saja, maka penilaian tes ini bisa mengelompokkan tiap individu ke dalam 1 dari 16 tipe. Banyak orang yang melakukan tes ini hanya sekedar iseng. Namun siapa sangka ternyata tes ini justru memiliki segudang manfaat tidak terduga. Apa saja?

Inilah Beberapa Manfaat dari Tes MBTI yang Harus Kamu Tahu

MBTI sendiri merupakan sebuah metode untuk mengidentifikasikan preferensi kepribadian seseorang. Bahkan untuk saat ini penggunaan MBTI sendiri juga sudah meluas dan banyak banyak digunakan di berbagai belahan dunia ini.

Baik itu dalam bidang pekerjaan, membangun hubungan, dunia pendidikan dan masih ada banyak lain bidang-bidang lainnya. Dari sinilah maka kita akan membahas bahwa ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh melalui tes yang satu ini apabila mempelajarinya.

Pasalnya dalam MBTI ini, langkah pertama kita akan mengerjakan tes kuisioner yang isinya berupa serangkaian pertanyaan-pertanyaan. Nah pertanyaan itu tentang apa yang sering kita lakukan dan bagaimana cara kita berpikir dalam memandang sebuah masalah dalam kehidupan.

Nantinya hasil dari tes ini bisa didapatkan empat rangkaian huruf yang mana akan merepresentasikan kepribadian kita sendiri. Karena memiliki peran yang sangat penting, maka tes ini juga memiliki banyak manfaat yang seseorang. Apa saja itu?

Manfaat dalam Dunia Pendidikan

Tes MBTI untuk anak sekolah tentunya memiliki banyak manfaat, salah satunya siswa bisa mendapat petunjuk tentang dirinya sendiri. Jadi semua siswa akan bisa dengan mudah untuk memahami bahwa mereka memang memiliki keunikan tersendiri.

Sehingga dengan demikian mereka bisa mencoba untuk terus memahami orang lain serta menemukan teman yang cocok dengan kepribadian mereka. Bahkan dengan melakukan tes seperti ini, maka seorang guru juga bisa mengetahui bahwa setiap siswa pasti memiliki kepribadian berbeda.

Jadi dari sini guru bisa lebih mudah untuk merancang pembelajaran yang tepat serta menangani mereka dengan benar. Biasanya setelah melakukan tes MBTI ini, maka siswa akan mendapat masukkan atau saran dalam mengembangkan potensi terbaik mereka.

Jadi hal ini tentu sangat berguna untuk orangtua dan guru dalam menentukan fokus serta prioritas atas suatu hal yang ingin dicapai oleh siswa. Tes ini rupanya juga bermanfaat sebagai panduan dalam bimbingan konseling pula.

Manfaat dalam Lingkungan Kerja

Tes MBTI tak hanya bisa dilakukan oleh siswa saja, melainkan juga para pegawai atau karyawan pula. Pasalnya dengan mengikuti tes ini maka mampu untuk terus meningkatkan kerjasama antar tim dari perusahaan tersebut.

Mengingat bahwa memahami karakter kepribadian dari rekan kerja merupakan hal yang penting untuk membangun performa tim yang lebih baik. Selain itu dengan mengikuti tes seperti ini maka juga bisa untuk mengapresiasi perbedaan dari rekan kerja yang lain.

Sebab dalam lingkungan kerja, maka pasti kita akan selalu berhadapan dengan berbagai macam tipe kepribadian dari tiap orang. Sehingga dengan tes MBTI seperti ini tak hanya bisa mengenali diri sendiri saja, namun juga mengenali kepribadian orang lain.

Bahkan dengan mengetahui 16 tipe kepribadian, maka seseorang juga akan memiliki ketajaman pengaman dalam memahami customer atau pelanggan. Sehingga dari sini dengan mengikuti tes seperti ini pasti akan lebih memiliki wawasan yang kuat mengenai pelanggan maupun klien.

Seberapa Penting MBTI?

Tes MBTI ini merupakan kependekan dari Myers Briggs Type Indicator. Jadi tes ini memiliki tujuan tersendiri yakni untuk menilai potensi, kepribadian serta preferensi seseorang.

Sehingga melalui tes seperti ini bisa dilihat tentang bagaimana seseorang itu melihat dunia, mengambil keputusan serta menilai sesuatu. Nah metode MBTI ini sendiri ditemukan sejak tahun 1940 an saat sosok Isabel Briggs Myers melakukan penelitian.

Hingga pada akhirnya ia langsung kembangkan bersama sang ibunya yang bernama Katherine Cook Briggs pada tahun yang sama. Setidaknya ada 4 skala berbeda yang sering digunakan sebagai acuan dalam tes ini.

Pasalnya melalui tes seperti ini maka seseorang juga mampu untuk mengenali bagaimana perilaku orang lain. Pada intinya bahwa seseorang bisa menggunakan hasil tes ini sebagai patokan agar lebih sadar diri lagi terhadap perilaku mereka.

Untuk melakukan tes seperti ini maka bisa dilakukan melalui aplikasi terpercaya, sebut saja seperti NS Development. Ini merupakan aplikasi terpercaya yang bisa memudahkan melakukan tes secara online.

Jadi bagi siapa saja yang akan mengikuti tes MBTI ini, bisa menggunakan dan memanfaatkan platform tersebut.

Tes MBTI Online

NS Development menyediakan aplikasi tes MBTI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes MBTI Online. Menggunakan Aplikasi tes MBTI Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes MBTI.

Tes MBTI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes MBTI Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.