logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

Tes MBTI dipergunakan secara massiv diperusahaan sebagai salah satu alat tes psikologi untuk keperluan rekrutmen, promosi jabatan ataupun keperluan identifikasi kepribadian lainnya.

Tes MBTI cukup populer dalam dunia kerja untuk proses rekrutmen karyawan. Selain tes kepribadian online, hasil MBTI juga memberi jawaban tentang beberapa hal yang sejalan dengan skenario kerja.

Sudah hal yang umum jika psikotes telah banyak digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Tidak hanya untuk mengetahui karakter diri kita. Lebih dari itu, banyak perusahaan menghadirkan psikotes untuk kepentingan rekrutmen karyawan.

Peran Tes MBTI untuk Proses Rekrutmen Karyawan yang Mumpuni

Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI merupakan metode pengukuran untuk mengenal kepribadian seseorang. Anehnya, beberapa orang justru tidak pernah paham dengan kepribadian yang mereka miliki. Tanpa disadari, hal tersebut menyebabkan seseorang terkendala melakukan sesuatu.

Jika hal tersebut dibawa hingga dunia kerja, bukan tak mungkin perusahaan akan berpikir dua kali untuk menerimanya sebagai karyawan. Maka tak heran apabila sejumlah negara telah memberlakukan MBTI sebagai ketentuan mutlak dalam proses rekrut karyawan.

Lantas, apa sih manfaat MBTI sebenarnya? Mengapa tes ini begitu krusial hingga menjadi tren di kalangan perusahaan besar? Simak ulasan berikut ini.

Meningkatkan Komunikasi

Seseorang yang bisa berkomunikasi baik dengan lingkungan sosialnya maka tidak akan kesulitan menciptakan komunikasi positif di mana pun mereka berada. Hal inilah yang menjadi manfaat utama dari tes MBTI.

Dari sekian banyaknya tes kepribadian, tes ini menunjukkan seberapa kemampuan calon karyawan dalam menentukan cara terbaik sehingga komunikasi dirinya dengan karyawan lain dan atasan berlangsung lancar tanpa kendala apapun. Jika sudah demikian, maka terjadi peningkatan komunikasi yang dapat memperlancar pencapaian tujuan perusahaan.

Mengokohkan Kinerja Tim

Komunikasi dan hubungan baik yang terjalin di tempat kerja otomatis akan berdampak pada peningkatan kerja tim. Lagi-lagi, di sinilah manfaat MBTI akan membantu atasan mengetahui dengan pasti bagaimana kinerja anggota tim dan lebih tepat dipasangkan dengan siapa sehingga kerja mereka lebih efektif dan efisien.

Atasan juga menjadi sangat terbantu membuat tim kerja di lapangan. Jadi, manager lebih mudah mengelompokkan karyawan berdasarkan kelebihan dan kekurangan mereka sehingga saling melengkapi. Dengan demikian akan meminimalisir timbulnya konflik di tempat kerja.

Menghindari Terjadinya Konflik

Tak ada manusia yang terlahir sempurna, tetapi bukan berarti setiap orang tak memiliki kelebihan. Tes MBTI akan membantu menciptakan sikap saling menghargai satu sama lain.

Ini bagus karena bukan tidak mungkin sesama karyawan akan memberikan tanggapan yang baik. Bila sewaktu-waktu timbul konflik, mereka dapat mengatasi situasi tersebut sekaligus menanganinya dengan tepat.

Menonjolkan Kekuatan

Bagi manajer atau atasan, memiliki pemahaman tentang etos kerja karyawan perusahaan sangat penting. Seperti pada pemahaman sebelumnya bahwa setiap kepribadian memiliki kekurangan dan kelebihan.

Bila sebagai atasan Anda bisa mengetahui hal tersebut, maka dapat menentukan posisi yang pas untuk karyawan. Jadi tidak akan terjadi kesalahan penempatan posisi.

Meningkatkan Intropeksi Diri

Konflik di tempat kerja juga bisa dihindari dengan adanya sikap peningkatan refleksi diri. Tes MBTI sendiri akan mendorong karyawan mengendalikan emosi para karyawan. Selain itu, tes kepribadian MBTI akan membantu karyawan membuat langkah antisipasi dalam menghadapi iklim bisnis yang semakin kompetitif.

Proses rekrutmen karyawan saja tidak cukup hanya dengan melakukan tes MBTI. Untuk mengetahui standar kualitas karyawan alangkah baiknya juga menggunakan tes kepribadian lain sebagai penunjangnya.

Menariknya, semua jenis tes kepribadian tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah melalui online. Jadi, Anda bisa mengerjakan kapanpun dan dimanapun.

Mengenal NSD sebagai Platform Psikotes Online Terlengkap

Psikotes Online akan membantu memahami diri lebih dalam, menggali potensi kemampuan diri yang Anda miliki, dan mengarahkan pengembangan kepribadian. Semua keputusan yang nantinya diambil lebih tepat, yakni sesuai dengan style dan kepribadian sehingga membantu menentukan jenjang karir atau pekerjaan.

Kenali diri Anda maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengenal dunia.  Inilah mengapa berbagai tes kepribadian, termasuk tes MBTI sering dihadirkan dalam proses rekrut karyawan. Setidaknya melalui tes tersebut akan membantu Anda mengenali kekuatan dan kelebihan diri, memahami dan menerima orang lain, mengidentifikasi hal-hal yang disukai dan sebaliknya, mengetahui situasi ideal untuk diri sendiri, serta sebagai langkah persiapan mengikuti seleksi, kompetisi, atau proses pengukuran diri.

Semua manfaat tes kepribadian tersebut bisa Anda dapatkan di NS Development Segera daftar online melalui nsd.co.id dan dapatkan hasil laporan psikologi tes MBTI yang dibuat, diperiksa, dan ditandatangani oleh psikolog NSD.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes MBTI Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.