logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

Tes MBTI memiliki banyak kelebihan dalam mengungkap kepribadian. Tes ini simple, tidak memerlukan anda berpikir keras dalam menjawab setiap pertanyaan. Selain itu dapat dilakukan secara online

Tes MBTI merupakan jenis uji kepribadian yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Ya, tes ini pertama kali diperkenalkan oleh Katharine Cook Briggs dan anaknya, Isabel Briggs Myers pada tahun 1942 lamanya. Tes ini memang mengusung pada teori psikologi Carl Jung, dimana sepanjang hidupnya, mereka berjuang guna meneliti indikator kepribadian seseorang.

Tujuannya adalah agar semua orang bisa memahami dirinya serta mendapatkan pekerjaan sesuai dengannya. Selama ini, banyak orang mengapa bahwa hanya ada dua kepribadian di dunia ini yakni Ekstrovert dan Introvert. Tapi kebanyakan lebih dari dua kepribadian tersebut lho. Jadi melalui MBTI tes ini, Anda bisa mengetahui bahwa kepribadian ada lebih banyak ya.

Inilah Kelebihan dari Tes MBTI yang Perlu Anda Pahami!

Tes kepribadian atau psikologi tentunya sudah tidak asing lagi sekarang ini salah satunya tes MBTI. MBTI atau Myer Briggs Type Indicator ini lebih akurat jika dibandingkan dengan tes-tes psikologi lainnya. Maka dari itu tidak heran jika lebih tes ini banyak sekali.

MBTI Tes ini membagi kepribadian seseorang berdasarkan beberapa dikotomi kategori, yakni Intrisveisisn (I) vs Extraversion (E), Intuitive (N) vs Sensory(S), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Perceiving (P).

Dari semua kombinasi 8 kategori tersebut, dihasilkan 16 tipe kepribadian yang dapat dimiliki oleh setiap orang. Jadi dengan berbagai tipe kepribadian tersebut, banyak sekali perusahaan dan lembaga menjadikan MBTI Tes sebagai salah satu tahap rekrutmen. Mereka menganggap bahwa tes ini bisa dijadikan acuan guna mengenai dan memutuskan jenis kandidat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sebelum Anda mengikuti tes ini, lebih sebaiknya Anda tahu apa saja kelebihan dari tes MBTI. Langsung saja berikut beberapa kelebihan dari MBTI.

Bisa Anda Akses Secara Online Tanpa Dikenakan Biaya!

Tes kepribadian MBTI bisa dengan mudah Anda akses dengan hanya bermodalkan HP dan internet saja. MBTI Test versi Indonesia bisa diakses melalui situs web. Anda tinggal mengisi pertanyaan-pertanyaan dengan memilih setuju, tidak setuju, atau netral. Agar lebih hasilnya akurat, usahakan untuk tidak mengisi pertanyaan dengan netral.

Bisa Menentukan Minat dan Pekerjaan Cocok untuk Anda

Selain semakin mengenal diri sendiri, tes MBTI ini juga bisa membantu Anda dalam mengetahui minat serta karir sesuai dengan Anda. Bisa dilihat dari ciri tipe kepribadian MBTI paling langka adalah INTJ.

Seorang INTJ suka menyempurnakan detail-detail kehidupan, menuangkan kreativitas, serta rasionalitas dalam aktivitasnya. Jadi dengan karakteristik-karakteristik ini, tipe INTJ cocok dengan pekerjaan seperti manajer proyek, system analysts, serta marketing strategist.

Menentukan Sisi Kelebihan dan Kelemahan pada Diri Sendiri

Ya, tes dirancang oleh Myer & Brigs ini ternyata bisa digunakan untuk lebih mengenal kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri lho. Contohnya bisa dimana dari sifat dasar pada tse ini, yakni ekstrovert dan introvert.

Banyak yang mengatakan bahwa ekstrovert itu lebih baik jika dibandingkan dengan introvert. Sebenarnya tidak, sebab masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Dalam dunia kerja, kepribadian ekstrovert lebih cenderung berani serta percaya diri. Namun bisa terkesan impulsif. Sedangkan, introvert lebih cenderung menyendiri tetapi bisa menjadi pengamat dan pendengar yang baik.

Dapat Mengetahui Tipe yang Cocok Menjadi Teman dan Pendamping Hidup

Mencari teman dan pasangan hidup yang cocok banar sama Anda bukanlah hal mudah. Akan tetapi, dengan Tes MBTI ini, bisa mengetahui tipe-tipe apa saja yang serasi dengan tipe Anda sendiri. Misalnya ambil contoh dari tipe ENFP, dimana tipe ini sangat cocok berteman dengan tipe INFP, INFJ, dan ESFP. Ketiga tipe tersebut juga mempunyai karakteristik saling melengkapi dengan tipe ENFP sehingga sangat berpeluang menjadi pasangan hidupnya.

Jadi itu tadi beberapa kelebihan dari Tes MBTI untuk Anda ketahui dan pahami. MBTI Tes merupakan salah satu tahapan rekrutmen penting di berbagai perusahaan. Maka dari itu, Anda perlu mempelajarinya dan memahaminya apa hubungannya dengan pekerjaan Anda. Dari ulasan artikel di atas sudah bisa disimpulkan bahwa MBTI ini menjadi salah satu tes paling akurat dan penting untuk Anda.

Tes MBTI Online

NS Development menyediakan aplikasi tes MBTI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes MBTI Online. Menggunakan Aplikasi tes MBTI Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes MBTI.

Tes MBTI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes MBTI Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.