logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

Tes MBTI dapat digunakan untuk identifikasi kepribadian anak sekolah. Identifikasi ini berupa pembagian tipe kepribadian berdasarkan teori tes MBTI.

Tes MBTI mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan adanya tes tersebut, memberikan kemudahan bagi banyak orang. Dalam kehidupan sehari-hari pun, terdapat banyak hal yang menganjurkan kita untuk melakukan tes tersebut. Karena pada dasarnya melakukan tes tersebut merupakan suatu keharusan. Disamping mempunyai manfaat yang sangat banyak, tes tersebut nantinya juga akan membantu kita untuk menentukan suatu pilihan.

Sebagai contohnya saja adalah, ketika Anda harus memasuki sekolah perguruan tinggi. Kemudian bingung menentukan jurusan yang mana yang cocok untuk dipilih. Sebab tidak sedikit mahasiswa Indonesia itu yang merasa dirinya salah dalam memilih jurusan.

Apakah memilih jurusan yang salah itu akan berdampak pada kesuksesan? Jawabannya adalah, iya. Tes kepribadian anak kerap kali dilakukan pada saat orang tua sedang mengantarkan anaknya tersebut untuk mendaftar sekolah.

Terdapat banyak jenis tes kepribadian dalam dunia psikologi ternyata. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu tes yang paling populer beberapa tahun belakangan ini adalah MBTI test. Banyak orang yang mengklaim bahwa tes tersebut dapat membantu untuk mengenali karakter anak.

Tes MBTI untuk Anak Sekolah

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa saja manfaat mengikuti tes psikologi untuk anak sekolah. Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar istilah MBTI, tentunya sangat penting mengetahui apa pengertiannya bukan?

Ketahuilah tes MBTI merupakan singkatan dari Myers Briggs Type Indicator. Tes tersebut mempunyai tujuan guna menilai kepribadian, preferensi, serta potensi. Dengan mengikuti tes tersebut kita jaga dapat melihat bagaimana seseorang itu melihat dunia ini, mengambil keputusan, serta menilai sesuatu.

Ketahuilah bahwa metode ini ditemukan tahun 1940 saat Isabel Briggs Myers melakukan sebuah penelitian. Kemudian ia mengembangkan bersama ibunya yakni Catherine Briggs. Dalam tes ini terdapat 4 Skala yang berbeda digunakan sebagai acuan.

Yakni ekstrovert-introvert, sensing-intuition, thinking-feeling, dan judging-perceiving. Untuk lebih mudah memahami skala tersebut berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Introvert-Ekstrovert

Untuk skala penilaian yang pertama yang terdapat dalam tes MBTI adalah introvert-ekstrovert. Skala tersebut menilai kepribadian seseorang ketika berinteraksi dengan dunia luar. Biasanya orang yang mempunyai kepribadian ekstrovert itu lebih mudah bersosialisasi serta menikmati waktu ketika bersama orang lain.

Sedangkan untuk orang introvert sendiri lebih cenderung suka menyendiri, menyukai suasana yang tenang karena membuatnya itu mampu untuk mengembangkan pikiran serta terbuka pada orang yang mereka percayai saja. Siswa ataupun murid biasanya juga mempunyai dua kepribadian tersebut.

Sensing- Intuition

Selain itu, skala penilaian dalam tes MBTI ada sensing dan intuition. Sekali ini berfungsi untuk menilai bagaimana cara seorang siswa itu memperoleh informasi yang diterima. Seorang siswa yang sensitif itu biasanya lebih cenderung memperhatikan serta mengamati kenyataan.

Orang-orang sensing biasanya juga lebih mandiri dalam memperoleh informasi, menggali informasi secara lebih detail, dan melibatkan diri secara langsung guna mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Berbeda dengan siswa yang intuition berarti ia lebih cenderung menggali informasi berdasarkan pemikirannya.

Thinking-Feeling

Selain itu, dalam tes MBTI juga terdapat skala penilaian thinking dan feeling. Merupakan seorang siswa yang bisa dilihat mengenai bagaimana cara ia memberikan keputusan berdasarkan skala sensing dan intuition.

Mahasiswa yang thinking itu lebih cenderung memiliki pikiran yang logis ketika mengambil keputusan. Berbeda dengan siswa yang tipe perasa biasanya ia lebih cenderung dapat menentukan keputusan dengan melibatkan perasaan serta emosi.

Judging-Perceiving

Tidak hanya itu saja skala penilaian yang digunakan dalam tes MBTI yang nantinya berguna untuk siswa sekolah. Pasalnya masih ada judging dan perceiving. Merupakan kepribadian seorang siswa ketika berhubungan dengan dunia luar. Judging akan melihat bagaimana siswa itu memberikan penilaian terhadap sesuatu.

Namun jika siswa tersebut mempunyai sifat atau tipe perceiving biasanya karakternya itu lebih terbuka. Bukan hanya itu saja tetapi ia juga lebih mudah beradaptasi dan fleksibel ketika mengambil keputusan.

Adanya tes MBTI nyatanya tidak hanya berfungsi untuk proses rekrutmen saja. Dengan adanya skala penilaian tersebut dapat membantu kita untuk mengetahui karakter seorang mahasiswa, murid, ataupun yang lainnya.

Manfaatnya

Supaya Anda lebih mudah memahami apa saja manfaat yang akan didapatkan ketika seorang siswa itu melakukan MBTI test. Pertama pastinya guru bisa lebih mudah memahami karakter unik yang terdapat pada siswanya. Kemudian nantinya siswa juga dapat mengetahui tentang diri mereka sendiri serta orang lain.

Tak cukup itu saja manfaat tes MTBI juga membuat guru serta orang tua dapat mengenali potensi terbaik dari siswa juga menjadi panduan ketika melakukan bimbingan konseling.

Tes MBTI Online

NS Development menyediakan aplikasi tes MBTI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes MBTI Online. Menggunakan Aplikasi tes MBTI Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes MBTI.

Tes MBTI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes MBTI Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.