logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

Tes MBTI membagi tipe kepribadian menjadi beberapa tipe. Tipe kepribadian MBTI didasarkan pada beberapa skala penyusun tes tersebut.

Tes MBTI adalah singkatan dari Myers Briggs Type Indicator. Tes MBTI ini sudah diperbincangkan oleh banyak orang, baik dari tingkat keakuratannya maupun sebagai kesenangan semata. Ya, psikotes satu ini diklaim mampu mengidentifikasi personalitas pada tiap-tiap individu.

Pada tahun 1977 silam, sebuah riset mengemukakan bahwa tes Myers Briggs Type Indicator ini bisa berfungsi untuk mengukur personality seseorang. Ditambah lagi, Myers Briggs Type Indicator tersebut diukur dari faktor instrumen sampai dengan validitasnya.

Mengenal Apa Itu Tes MBTI?

Tes Myers Briggs Type Indicator merupakan suatu uji kepribadian yang kali pertamanya dikenalkan oleh Katharine Cook Briggs beserta anaknya yang bernama Isabel Briggs Myers pada tahun 1942 lalu. Sebagaimana mengutip dari 'The Atlantic' psikotes ini bersandar pada teori psikologi Carl Jung.

Sepanjang hidupnya, mereka berjuang untuk melakukan penelitian terhadap indikator kepribadian seseorang. Hal tersebut bertujuan supaya seluruh orang dapat memahami dirinya serta memperoleh pekerjaan yang sesuai dengannya.

Sebetulnya, tes kepribadian sifatnya deskripsi kualitatif dari kepribadian, bukannya deskripsi kuantitatif (angka-angka). Hal tersebut dikarenakan kepribadian seseorang tidak bisa diukur, melainkan hanya dapat dideskripsikan. Untuk bisa membantu menerangkan kepribadian, alat tes kepribadian memakai bantuan yang berupa angka-angka.

Selanjutnya hasilnya akan dideskripsikan ke dalam bentuk kualitatif. Angka yang diperoleh dari tes kepribadian bukanlah angka yang sebenarnya. Sebagai contoh, apabila si X memperoleh angka 9 dari tes kepribadian, lalu si Y mendapatkan angka 6. Tidak berarti kepribadian si X lebih tinggi ketimbang kepribadian si Y.

Disini, angka hanyalah merupakan alat bantu guna mendeskripsikan kepribadian. Jadi, misal si X lebih tahan gangguan emosi daripada si Y. Hal yang perlu Anda ketahui dari tes kepribadian yaitu jika kepribadian ini tidak mengandung unsur nilai 'tinggi rendah, baik buruk, dan lain-lain".

Ya, kepribadian merupakan satu hal yang unik, sehingga tak dapat dibandingkan dengan orang lain di dalam pendeskripsiannya. Namun, demi memudahkan pengukurannya di dalam psikologi, disusunlah sebuah kriteria kepribadian dalam bentuk pengelompokan.

Acuan Skala Pada Hasil Tes Myers Briggs Type Indicator

Tes MBTI mempunyai 4 skala kecenderungan, berikut ini diantaranya:

  • Ekstrovert (E) vs Introvert (I)
  • Sensing (S) vs Intuition (N)
  • Thinking (T) vs Feeling (F)
  • Judging (J) vs Perceiving (P)

Untuk lebih jelasnya, berikut pemaparannya!

Extrovert (E) vs Introvert (I)

Penilaian kepribadian seseorang ini bisa diketahui, apakah termasuk dalam pribadi yang extrovert atau introvert. Keduanya akan menentukan bagaimana individu menjalin interaksi dengan dunia luar. Extrovert adalah tipe personalitas yang menyenangi dunia luar. Ciri-ciri yang gampang dikenali dari seseorang yang ekstrovert yakni suka berinteraksi sosial, sangat baik di dalam hal operasional dengan orang yang lain, serta action oriented.

Sementara itu, introvert adalah tipe kepribadian yang menyenangi dunia dalam (diri sendiri). Ciri-ciri yang gampang dikenali dari seorang dengan kepribadian introvert adalah suka untuk mengerjakan pekerjaan sendiri, sangat baik dalam hal pengolahan data secara internal maupun pekerjaan back office. Selain itu juga mempunyai konsentrasi yang penuh.

Sensing (S) vs Intuition (N)

Tes MBTI melihat bagaimana seseorang mampu mengumpulkan informasi yang berasal dari dunia di sekitarnya. Nah, pada skala sensing, seseorang akan mempelajari dunia secara mandiri. Bukan hanya itu, individu akan lebih berfokus terhadap fakta dan juga detail dan melibatkan dirinya dari pengalaman tersebut secara langsung.

Sedangkan, pada skala intuition, seseorang akan lebih memperhatikan pola serta kesan. Selain itu, seseorang yang lebih senang untuk memikirkan kemungkinan, membayangkan masa depan, dan menggali teori abstrak.

Thinking (T) vs Feeling (F)

Skala kecenderungan tes MBTI ini menentukan bagaimana seseorang membuat keputusan yang dikumpulkan dari skala acuan sensation dan intuition. Pada skala thinking, seseorang berfikir berdasarkan fakta yang ada serta data objektif. Selain itu juga lebih cenderung pada pribadi yang konsisten, logis, serta impersonal pada saat mengambil keputusan terhadap suatu hal.

Sedangkan, pada skala feeling, seseorang bakal lebih mengedepankan perasaan serta lebih gampang mempertimbangkan orang yang dihadapi. Selain itu, juga adanya emosi yang hadir sebelum mengambil suatu keputusan. Sehingga, seseorang tersebut mengambil kesimpulan di dalam memutuskan suatu perkara.

Judging (J) vs Perceiving (P)

Skala acuan tes MBTI satu ini menentukan bagaimana seseorang bakal menjalin hubungan dengan dunia luar. Seseorang yang cenderung pada penilaian atau judging, maka bakal bersikap terstruktur dan juga lebih tegas terhadap suatu keputusan. Sedangkan, seseorang yang cenderung pada persepsi perceiving (lebih menerima), maka dapat dideskripsikan sebagai personal yang terbuka, fleksibel, serta gampang beradaptasi.

Skala tes MBTI ini juga menentukan jenis kepribadian individu ketika digabungkan dengan skala-skala yang lain. Bagaimana skala judging-perceiving tersebut menggambarkan personality seseorang yang ekstrovert atau introvert di dalam mendapatkan informasi (sensing-intuition). Selain itu juga bagaimana seseorang tersebut mampu membuat sebuah keputusan (thinking-feeling).

Tes MBTI Online

NS Development menyediakan aplikasi tes MBTI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes MBTI Online. Menggunakan Aplikasi tes MBTI Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes MBTI.

Tes MBTI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes MBTI Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.