logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

Tes MBTI membantu anda mengenali diri sendiri. Tes ini mudah dilakukan dimana saja karena dapat diakses via online dengan menggunakan desktop maupun smartphone.

Tes MBTI (The Myers Briggs Type Indicator) adalah media pengukur untuk membaca kepribadian seseorang. Hal ini sangat bermanfaat bagi kita sendiri, agen pencari karyawan, psikolog atau psikiater, dan lain sebagainya. Mungkin memang tidak 100% akurat, namun media ini bisa dijadikan rujukan.

Dengan tes ini setidaknya kita bisa mengetahui kecenderungan kepribadian kita atau seseorang. Mengetahui kepribadian sangatlah berguna untuk kehidupan sehari-hari bahkan untuk tujuan atau langkah yang akan diambil. Dengan begitu, pastinya kita akan lebih yakin dan percaya dalam pengambilan keputusan.

Namun, banyak orang tidak memahami kepribadiannya sendiri. Jadi, sering langkah dalam mengambil keputusan. Hal itu pastinya akan menimbulkan kerugian bagi diri sendiri.

Untuk itu sangat penting mengetahui kepribadian kita Sendiri. Tes ini adalah salah satu media yang bisa kita gunakan untuk mengetahui kepribadian kita lebih detail. Selain itu, Tes MBTI juga bisa kita akses secara online

Keuntungan Menggunakan Tes MBTI untuk Mengenali Diri

Sebelum kita bahas tentang keuntungannya, mari kita ketahui lebih dalam tentang Tes MBTI. Ada 4 skala acuan yang dijadikan skala dalam Tes ini. Berikut ini adalah skala acuan tersebut.

1. Introvert-Ekstrovert

Skala ini adalah untuk menentukan interaksi seseorang dengan dunia luar. Tipe Introvert adalah tipe orang yang suka menyendiri tapi bukan berarti anti sosial. Sedangkan tipe ekstrovert adalah tipe yang suka bersosial dan berinteraksi dengan banyak orang secara nyata.

2. Sensing-Intuition

Skala yang kedua adalah untuk menentukan bagaimana seseorang itu mendapatkan informasi. Tipe Sensing adalah orang yang cenderung mendapatkan informasi melalui pengamatan yang dilihat. Sedangkan Institution adalah orang yang cenderung mendapatkan informasi dari pemikirannya.

3. Thinking-Feeling

Skala yang ketiga ini untuk menentukan cara orang dalam mengambil keputusan. Tipe Thinking adalah orang yang mengambil keputusan dengan cara berpikir logis berdasarkan data dan fakta yang diamati. Sedangkan Feeling adalah  cara pengambilan keputusan berdasarkan perasaan dan emosi yang dipunyai dengan mempertimbangkan objek yang dihadapi.

4. Judging-Perceiving

Skala yang terakhir ini untuk menentukan cara penilaian seseorang atas sesuatu.  Judging adalah tipe orang yang membuat keputusan dengan tegas dan lebih terstruktur. Kemudian tipe perceiving adalah tipe orang yang mudah beradaptasi dan bisa mengambil keputusan secara fleksibel.

Keempat skala di atas kemudian dijadikan 16 tipe karakter dalam MBTI.

Manfaat Tes MBTI

Dengan mengetahui karakter yang kita miliki pastinya akan banyak manfaat yang bisa kita peroleh. berikut ini adalah manfaat yang bisa kita dapat dari Tes MBTI.

1. Lebih Memahami Karakter Unik yang Kita Miliki

Kepribadian sendiri sebenarnya tidak ada kepribadian baik dan buruk. Kita semua memiliki kepribadian yang berbeda-beda dan tentunya dengan keunikan masing-masing. Semua kepribadian ada baik dan buruknya tergantung cara kita mengatasinya.

2. Membantu Mengenali Potensi Terbaik yang Kita Punya

Ini merupakan hal penting yang bisa kita manfaatkan dalam mengenali diri. Kita bisa lebih maksimal dalam meningkatkan potensi yang kita miliki. Dengan begitu, kita bisa memaksimalkan potensi yang kita punya.

3. Menambah Wawasan Tentang Istilah Psikologi

Pada hakikatnya manusia memang makhluk yang harus terus belajar sampai kapanpun. Dengan Tes MBTI ini selain kita bisa lebih mengenali diri, kita juga bisa menambah ilmu tentang istilah dalam psikologi. Ilmu dan wawasan yang luas pastinya bisa meningkatkan kualitas hidup kita.

Tes ini memang tidak bisa menjamin ketepatannya. Namun kita juga bisa menilai sendiri dengan membandingkan apa yang kita alami dengan hasil tes yang ada. Dengan begitu tes ini pastinya akan bermanfaat untuk dijadikan parameter.

Selain itu, tidak ada salahnya jika kamu melakukan tes ini secara berkala. Karena  hasil tes ini hasilnya bisa berbeda. Mengingat manusia juga bisa saja berubah-ubah.

Sebenarnya memang manusia sendiri memiliki kepribadian yang bisa berubah. Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi. Lingkungan yang berbeda juga berpengaruh dalam perubahan kepribadian seseorang.

Tes MBTI ini bisa bermanfaat dengan baik jika memang dimanfaatkan dengan baik. Anda bisa mengambil sisi positifnya supaya bisa bermanfaat secara maksimal untuk Anda. Paling penting adalah Anda harus tahu kepribadian Anda sendiri.

Tes MBTI Online

NS Development menyediakan aplikasi tes MBTI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes MBTI Online. Menggunakan Aplikasi tes MBTI Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes MBTI.

Tes MBTI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes MBTI Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.