logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

MBTI merupakan salah satu alat tes psikologi yang banyak digunakan dengan hasil yang dapat dipercaya. Ada beberapa aspek kepribadian yang dapat diukur dengan alat tes ini.

Tes MBTI merupakan salah satu tes psikologi yang populer untuk mengetahui beberapa kepribadian seseorang. Tes ini lebih tepat digunakan sebagai instrumen untuk mengetahui informasi tentang kelemahan dan kelebihan dari diri seseorang. Dari informasi tersebut kamu dapat mengetahui gerakan untuk melakukan pengembangan dan mengatasi kelemahan diri.

Apa Sebenarnya Tes MBTI Itu?

MBTI (The Myers Briggs Type Indicator) merupakan metode pengukuran yang biasa digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang, lebih khususnya untuk memahami bagaimana seseorang dapat membuat keputusan dan menilai sesuatu. Menurut perusahaan di California yang menangani tentang MBTI pada setiap tahunnya hampir 1,5 juta orang mengikuti tes ini secara online. Kepribadian ini dibagi melalui 4 dimensi sifat dasar pada manusia yaitu dimensi memahami informasi dari luar yang terdiri dari Intuition (I) vs Sensing (S) , dimensi pemusatan perhatian yang terdiri dari Introvert (I) vs Ekstrovert (E), dimensi pola hidup yang terdiri dari Perceiving (P) vs Judging (J), dan dimensi menarik keputusan dan kesimpulan yang terdiri dari Feeling (F) vs Thinking (T).

Tipe Kepribadian Menurut MBTI

Dari 4 dimensi sifat tadi dapat dikombinasikan hingga menghasilkan beberapa kepribadian. Berikut merupakan beberapa kepribadian menurut MBTI:

1. Tipe Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving (ENFP)

Tipe ENFP biasa disebut dengan juru kampanye. Jika kamu tipe orang ENFP maka kamu tergolong sosok yang memiliki mental kreatif dan juara. Tipe ENFP selalu melihat bahwa kehidupan sebagai sesuatu yang penuh dengan kemungkinan.

Sosok ENFP ini cenderung lebih menyukai hal-hal abstrak serta lebih mementingkan pertimbangan pribadi daripada menggunakan logika karena tipe ini adalah jiwa bebas sejati. Sosok ENFP akan friendly dan populer karena senang membangun sosial dan emosional dengan orang lain. Tipe ENFP akan lebih menghargai pendapat orang lain dan mencapai kesepakatan bersama.

2. Tipe Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging (ENFJ)

Sosok yang memiliki tipe ENFJ terkenal dengan pemberi dan pengajar. Mereka dapat melihat potensi pada orang lain serta ingin membantunya dalam mencapai hal yang terbaik. Sosok ENFJ hargai pertimbangan orang lain dan pribadi dirinya sehingga bisa menjadi pendengar yang baik. Tidak hanya itu, tipe ini juga memiliki jaringan perkenalan yang luas sehingga cocok menjadi pemimpin yang baik.

3. Tipe Extraverted, Intuitive, Thinking, Perceiving (ENTP)

Tipe ENTP kenal sebagai orang yang penemu dan visioner, selain itu juga dikenal sebagai sosok yang blak-blakan. Tipe ini juga memiliki kepribadian yang siaga, cepat, telaten, dan berbakat. Sosok ENTP cocok dengan profesi diplomat, pengacara, programmer, ilmuwan, atau peneliti karena memiliki gerak-gerik yang cepat dan selalu siaga.

4. Tipe Extraverted, Intuitive, Thinking, Judging (ENTJ)

Sosok yang memiliki tipe ENTJ ini dikenal sebagai pelaksana dan panglima serta memiliki hubungan dan jaringan yang luas kepada siapapun. Tipe ini juga biasa dikenal sebagai orang yang berterus terang, semangat saat mencoba meraih tujuan, dan penuh dengan motivasi hidup. Sosok ENTJ juga memiliki kepribadian alami untuk menjadi pemimpin karena bertekad kuat dan ambisi yang tinggi. Namun, sosok ini bisa saja tidak sabaran, tidak toleran, dan keras kepala karena ambisinya tersebut.

5. Tipe Extraverted, Sensing, Feeling, Perceiving (ESFP)

Sosok ESFP ini biasanya mencintai orang, kehidupan, dan kenyamanan materi. Selain itu, sosok ini juga dikenal sebagai penghibur atau performers dan akan spontan jika melakukan hal yang ia senangi. Panggung adalah dunia dari tipe ini karena sosok ini suka ketika lampu disorot ke arahnya. Seseorang yang memiliki tipe ini akan cocok jika menjadi penyanyi dan aktor.

6. Tipe Extraverted, Sensing, Thinking, Judging (ESTJ)

Seseorang yang memiliki tipe ini dikenal dengan sosok yang eksekutif. Eksekutif merupakan sosok yang bisa mewakili tatanan sosial dan tradisi masyarakat. Tipe ini merupakan seseorang yang bisa memegang nilai kebenaran dan jujur. Biasanya sosok dengan tipe ini akan selalu menegakkan keadilan sehingga cocok jika menjadi seorang detektif.

Demikian ulasan tentang kepribadian menurut tes MBTI yang dapat kamu lihat. Kamu bisa saja mencoba tes ini jika ingin mengetahui kepribadian diri sendiri. Pastikan kamu mengikuti tes ini dengan benar dan tepat agar mendapatkan hasil yang akurat.

TES MBTI ONLINE

NS Development menyediakan aplikasi tes MBTI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes MBTI Online. Menggunakan Aplikasi tes MBTI Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes MBTI.

Tes MBTI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes MBTI Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.