logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

Kenali tes MBTI lebih dalam dan dapatkan fungsinya yang dapat mengungkap kepribadian lebih lengkap. Tes MBTI dapat digunakan di dunia industri maupun pendidikan, pribadi dan keperluan umum.

Tes MBTI merupakan tes untuk melihat bagaimana preferensi seseorang saat mengambil keputusan dan bagaimana cara memandang sesuatu. Sebut saja seperti dari kehidupan pribadi sampai dengan dunia pekerjaan sudah bisa melakukan tes seperti ini.

Berbeda lagi dengan psikotes pada umumnya, sebab untuk mendapatkan tes Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI tidak memerlukan biaya. Bahkan untuk saat ini juga sudah ada banyak situs yang menyediakan tes seperti ini dalam bahasa Indonesia dan Inggris pula.

Pengertian Tes MBTI untuk Menemukan Kepribadian Seseorang

Dewasa ini tes tersebut menjadi ramai bahan perbincangan publik di media sosial, terutama kalangan remaja. Lantas apakah benar bahwa MBTI ini adalah tes yang bisa memberikan hasil lebih akurat dalam mengidentifikasikan kepribadian seseorang?

Myers-Briggs Type Indicator alias MBTI ini adalah alat atau wadah yang berguna untuk melakukan tes kepribadian seseorang. Tes ini juga dikembangkan oleh dua orang antara ibu dan anak, yakni Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers sebagai penggagas tipe kepribadian MBTI.

Pada intinya bahwa mengecek kepribadian dengan menggunakan metode tes ini juga bisa dilakukan secara mandiri dan sederhana. Banyaknya website yang menyediakan tes ini secara gratis, maka banyak orang yang mulai melakukan tes tersebut.

Jika selama ini kita hanya lebih akrab dengan kepribadian introvert dan ekstrovert, maka dalam MBTI ini akan jauh lebih kompleks. Hal ini karena tes tersebut mampu menyajikan serangkaian pertanyaan sesuai dengan preferensi kita pada 4 domain maupun klasifikasi berbeda.

Tentang Tes Kepribadian MBTI

Tes MBTI adalah salah satu tes kepribadian yang sangat populer. Sosok Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs-Myers merupakan pencipta dar tes ini dengan teori kepribadian psikologi dari Carl Gustav Jung sejak 1917.

Pencipta tes 16 kepribadian atau MBTI ini awalnya dimulai pada tahun itu oleh seorang ibu dan anak tersebut. Saat Katharina memulai penelitiannya terkait kepribadian setelah bertemu calon suami Isabel, yakni Clarence Myers memiliki pandangan berbeda dalam melihat dunia.

Hal inilah yang membuat Katharine merasa tertarik untuk memulai tinjauan literatur dan memahami temperamen yang berbeda. Nah, dalam penelitian itu, akhirnya Katharine memperhatikan perbedaan yang mencolok pada kepribadian anggota keluarganya.

Selain itu, ia juga membaca biografi sampai pada akhirnya berhasil menemukan tipologi dasar yang mengusulkan 4 temperamen.

Apa Tujuannya?

Tes MBTI ini pada dasarnya bertujuan untuk membantu dalam mempelajari diri sendiri. Hal ini juga termasuk untuk mempelajari mengenai kelemahan, kekuatan, kecocokan dengan orang lain, serta perkiraan karir yang sesuai.

Meski demikian tes seperti ini juga tidak selamanya sama, selama seseorang berkembang di lingkungan berbeda, maka hasil tes juga bisa berubah. Biasanya penggunaan tes seperti ini banyak dilakukan oleh bagian HRD untuk menentukan apakah seorang karyawan cocok dengan kulturs perusahaan itu atau tidak.

Melalui tes seperti ini, maka manusia bisa diidentifikasikan memiliki 16 tipe kepribadian dari 4 dimensi yang berbeda pula. Nah, dimensi itu terdiri dari sejumlah aspek berpasangan dengan kode huruf yang berbeda pula.

Semua tipe kepribadian akan diambil sesuai dengan preferensi mereka dari aspek yang ada dalam dimensi psikologi. Penyebutan tipe kepribadian ini akan berdasarkan pada kode huruf tiap aspek dimensional psikologis.

Fungsi Melakukan Tes Kepribadian MBTI

Karena melakukan tes MBTI ini tanpa biaya, maka Anda sudah bisa langsung mendapat hasil tes yang menggambarkan karakter sendiri. Apakah sekiranya kemampuan maupun karakter itu cocok untuk perusahaan atau malah tidak.

MBTI ini berguna juga dalam dunia pendidikan serta pengembangan karir, terutama dalam perusahaan startup yang sifatnya masih berkembang. Pasalnya MBTI seperti ini dapat digunakan sebagai panduan untuk memilih profesi mana yang lebih cocok sesuai kepribadian.

Selanjutnya dengan MBTI ini, maka Anda akan lebih bisa memahami apa saja kelemahan dan kelebihan dalam diri Anda sendiri. Selain itu Anda juga akan lebih berfokus lagi untuk terus mengembangkan kelebihan dan mencari cara untuk memperbaiki sisi negatif.

Tak hanya itu saja, namun MBTI ini akan membantu untuk memperbaiki hubungan serta cara pandang Anda terhadap orang lain. Jadi dengan demikian akan lebih mudah untuk memahami serta menerima perbedaan.

Bahkan untuk saat ini juga sudah ada banyak orang yang mencoba melakukan tes MBTI dengan berbagai macam alasan. Salah satunya adalah untuk mengenali dirinya lebih jauh.

TES MBTI ONLINE

NS Development menyediakan aplikasi tes MBTI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes MBTI Online. Menggunakan Aplikasi tes MBTI Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes MBTI.

Tes MBTI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes MBTI Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.