logo PT Nirmala Satya Development
Aplikasi Psikotes Online

Aplikasi (application) atau software menunjukan pada alat atau perangkat yang digunakan. Disini kita menyamakan kata aplikasi dan software sebagai sebuah alat (tool).

Mungkin sebagian dari kita kurang memahami perbedaan antara Aplikasi Psikotes Online dengan Software Psikotes (Aplikasi Psikotes). Bahkan penggunaan diantara keduanya terkadang terbolak balik. Diartikel ini, kami ingin menjelaskan perbedaan keduanya, agar tepat dalam penggunaan katanya.

Aplikasi (application) atau software menunjukan pada alat atau perangkat yang digunakan. Disini kita menyamakan kata aplikasi dan software sebagai sebuah alat (tool).

Sedangkan psikotes adalah Tes psikologi yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologis adalah Psikometrik (wikipedia).

Jika kata-kata tersebut diatas digabung menjadi Software Psikotes atau software psikotes online (Aplikasi Online), maka akan menghasilkan makna yang berbeda. Berikut penjelasan detail keduanya.

SOFTWARE PSIKOTES

Software psikotes adalah alat (tool) yang digunakan dalam proses pelaksanaan psikotes. Pelaksanaan psikotes menyangkut proses pelaksanaan tes, proses skoring hasil tes maupun pembuatan laporan hasil tes (Dalam istilah psikologinya adalah psikogram / psikograf). Software psikotes dapat mengerjakan proses tersebut dari hulu hingga hilir.

Software psikotes ini biasanya tertanam (ter-install) di perangkat computer yang bersangkutan. Jika tidak terinstal dikomputer, berarti tidak tersedia software tersebut.

Beberapa software (bahkan sebagian besar) psikotes yang berkembang ini tidak semuanya lengkap (dari proses pelaksanaan test, hingga skoring). Sebagian besar software psikotes yang beredar hanya skoring hasil tes. Jadi software psikotes digunakan untuk hanya skoring test, pelaksanaan tesnya melalui paper base (tes konvensional). Hasil tes kemudian diinput kedalam software psikotes ini. Software psikotes ini membantu skoring, agar bisa mengeluarkan hasil dan kesimpulan (laporan hasil tes).

Software psikotes ini berkembang dari tahun 1990 hingga tahun 2020. Bahkan penggunaan software psikotes ini terbanyak di tahun 2000 hingga tahun 2015.

APLIKASI PSIKOTES ONLINE

Aplikasi psikotes online atau software psikotes online, alur proses penggunaan tools sama dengan software psikotes diatas. Mulai dari pengerjaan tes, skoring hasil tes, dan laporan hasil tes. Perbedaannya adalah pada akses tes, aplikasi psikotes online bisa diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang telah tersedia di computer, gadget masing-masing. Syaratnya hanya satu, tersedia jaringan internet.

Lebih jelasnya, perbedaan Software psikotes dengan Aplikasi Psikotes Online seperti pada table di bawah ini:

Software Psikotes

Aplikasi Psikotes Online

Harus tertanam di sebuah komputer (instalasi)

Tidak perlu instalasi khusus. Cukup tersedia jaringan internet

Penggunaan tes semi otomatis

Penggunaan tes sudah terotomasi

Hanya dapat diakses dikomputer lokal

Dapat diakses dimana saja

Hasil tes semi realtime

Hasil tes realtime

Berkembangan antara tahun 1990 hingga 2020

Berkembang dari tahun 2010 hingga saat ini

Penggunaan masih manual (belum terintegrasi)

Penggunaan dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya

Tempat penyimpanan data di komputer lokal

Tempat penyimpanan data secara cloud

Tidak membutuhkan domain

Membutuhkan nama domain

Demikianlah perbedaan software psikotes dengan Aplikasi Psikotes online yang dapat kami rampung di artikel ini. Saat ini, salah satu penyedia aplikasi psikotes online terbaik adalah yang di kembangkan oleh NS. Development (PT. Nirmala Satya Development). Aplikasi psikotes NS. Development sudah dirancang sejak tahun 2019 (sebelum pandemic covid-19). Hingga saat ini, Aplikasi psikotes Online NS Development adalah salah satu yang terbaik.

Tertarik menggunakan aplikasi psikotes online NS Development, silahkan bergabung bersama kami.

Artikel berhubungan: