logo PT Nirmala Satya Development
 Vendor Psikotes Online

Memang bukan menjadi hal yang asing jika sekarang ini banyak sekali pihak HRD perusahaan yang menyerahkan proses seleksi kandidat calon karyawan perusahaan ke pihak jasa vendor psikotes.

Sudah menjadi tugas penting bagi Human Resources Development (HRD) dalam melakukan proses rekrutmen karyawan dalam perusahaan. Akan tetapi, dalam praktiknya siapa sangka jika banyak dari pihak HRD yang mengaku kewalahan dalam melakukan proses seleksi terhadap banyaknya calon kandidat pelamar perusahaan. Maka dari itu, banyak perusahaan yang akhirnya menyewa jasa vendor psikologi dalam proses pemilihan kandidat yang mendaftar di perusahaan. Dalam hal ini, agar Anda dan perusahaan bisa memperoleh kandidat yang benar – benar berkualitas, maka sebaiknya pilih jasa vendor psikotes online yang terbaik dan terpercaya.

Bagaimana cara memilih jasa vendor psikotes yang tepat?

Memang bukan menjadi hal yang asing jika sekarang ini banyak sekali pihak HRD perusahaan yang menyerahkan proses seleksi kandidat calon karyawan perusahaan ke pihak jasa vendor psikotes. Tentu saja, ini bisa menjadi salah satu solusi paling praktis dan efisien dalam membantu proses seleksi agar berjalan dengan lebih cepat, bukan? Meski demikian, Anda yang mungkin ingin menyerahkan proses seleksi kandidat calon karyawan ke pihak jasa vendor psikotes harus memperhatikan hal penting di antaranya sebagai berikut :

Diskusikan kebutuhan perusahaan secara lebih mendetail

Umumnya, setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda – beda dalam menentukan kriteria dan syarat yang harus dipenuhi oleh calon karyawan. Maka dari itu, disini penting untuk mendiskusikan segala kebutuhan yang diinginkan perusahaan ke pihak vendor psikotes yang akan diajak bekerja sama. Biasanya, pihak jasa vendor psikotes akan mencari tahu lebih detail mengenai kebutuhan perusahaan mengenai penerimaan calon karyawan yang dilakukan. Ini dilakukan untuk memastikan metode tes yang digunakan bisa lebih tepat dan nantinya proses seleksi bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Tentukan alat ukur psikotes yang digunakan

Tips selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan mengenai alat ukur psikotes yang digunakan oleh pihak jasa vendor psikotes tersebut. Hal ini penting dilakukan lantaran setiap jasa vendor psikotes biasanya memiliki alat ukur tes yang berbeda – beda, sehingga disini Anda perlu untuk menanyakan lebih dulu mengenai alat ukur kepada vendor yang dipilih. Jangan sampai nantinya Anda miss komunikasi yang mana justru akan merugikan perusahaan lantaran calon karyawan yang dipilih ternyata tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Memastikan jasa vendor sudah memiliki format laporan yang mudah dipahami

Biasanya, jasa vendor psikotes online yang sudah berpengalaman akan dapat menyajikan format laporan yang praktis dan mudah dipahami dalam memudahkan siapa saja yang bertanggung jawab dalam penerimaan laporan sehingga bisa langsung dimengerti oleh pembaca. Disini, isian laporan vendor biasanya berisi mengenai tulisan yang berkaitan tentang gambaran psikologis secara umum, kelebihan calon karyawan serta kekurangan calon karyawan yang dipilih yang nantinya akan terus ditingkatkan saat sudah bergabung secara resmi di perusahaan. 

Cek kredibilitas jasa vendor psikotes yang dipilih

Dalam proses rekrutmen karyawan, pihak perusahaan biasanya tak segan mengeluarkan dana yang besar untuk menyewa jasa vendor yang akan menangani proses seleksi karyawan. Maka dari itu, disini Anda tidak boleh sembarangan memiliki perusahaan vendor psikotes. Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, maka disini Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu mengenai kredibilitas vendor psikotes yang akan disewa dengan melihat bagaimana ulasan perusahaan lain yang sudah menggunakan jasa vendor tersebut. 

Mengapa Anda perlu memilih jasa vendor dari NS. Development?

Setelah memperhatikan beberapa tips dan trik dalam pemilihan jasa vendor psikotes di atas, Anda tentunya penasaran dan bingung kenapa harus memilih jasa NS. Development sebagai jasa yang dipercaya dalam proses seleksi karyawan, bukan? Alasan kenapa Anda perlu menggunakan jasa vendor psikotes ini untuk proses seleksi karyawan yakni karena NS. Development ini memiliki beberapa keunggulan yang bisa dipertimbangkan di antaranya sebagai berikut :

  • Memiliki sistem yang terintegrasi dengan job portal, psikotes online dan database recruitment.
  • Menawarkan alat tes yang bisa dipilih secara bebas sesuai kebutuhan.
  • Perusahaan bisa melakukan custom psikogram sesuai format perusahaan.
  • Adanya fasilitas konsultasi gratis.
  • Terdapat verifikasi alat tes psikotes.
  • Tersedia jaminan free trial sebelum menggunakan jasa vendor psikotes NS. Development.

Itulah beberapa tips penting yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih jasa vendor psikotes online. Jika Anda berminat bisa langsung menggunakan NS. Development sebagai jasa vendor pilihan terbaik dalam melakukan proses seleksi karyawan perusahaan.

Artikel berhubungan: