Fungsi Tes Pauli yang Perlu Dipahami

Tes pauli merupakan salah satu alat tes yang sangat populer saat ini. Sebagian masyarat menyebut tes pauli ini sebagai tes koran
tes pauli online
situs psikotes
NS Development
psikotes gratis

Tes pauli merupakan salah satu alat tes yang sangat populer saat ini. Sebagian masyarat menyebut tes pauli ini sebagai tes koran. Karena lembar tesnya adalah lembar tes yang lebar menyerupai koran. Pengerjaan tes pauli membutuhkan tenaga, konsentrasi dan pikiran yang terpusat, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Pahami Fungsi Tes Pauli

Mungkin anda pernah mengukuti tes Pauli. Atau tes semacamnya seperti tes Krepelin? Apakah anda memahami fungsi tes pauli?

Berikut ini kami akan menjelaskan fungsi tes pauli yang perlu anda pahami!

Sebelum menjelaskan fungsi tes pauli, sebaiknya kita mengetahui aspek-aspek yang di ungkap oleh tes Pauli. Aspek-aspek itu adalah sebagai berikut:

Energy psikis (jml): energy psikis mengungkap besarnya potensi energy kerja, terutama ketika dibawah tekanan.

Ketelitian dan tanggung jawab (Be): ketelitian dan tanggung jawab menunjukkan adanya kesediaan bertanggung jawab, teliti, kepedulian, akan tetapi dapat berarti pula mudah dipengaruhi, labil, kurang waspada.

Kehati-hatian (Sa): kehati-hatian menunjukkan adanya kecermatan, hati-hati, konsentrasi, kesiagaan dan kemantapan kerja terhadap pengaruh tekanan.

Pengendalian perasaan (Si): pengendalian perasaan menunjukkan adanya ketenangan, penyesuaian diri, keseimbangan dan sebaliknya dapat berarti menggambarkan penuh temperamen, mudah terangsang, dan cenderung egosentris.

Dorongan berprestasi (Ti): dorongan berprestasi menggambarkan kesediaan dan kemampuan berprestasi, serta kemauan untuk mengembangkan diri.

Vitalitas dan perencanaan (Tp): vitalitas dan perencanaan menunjukkan ambisi untuk Mengarahkan diri, dan mengatur kemampuan dalam mengatur tempo dan irama kerja.

Dari aspek-aspek diatas, dapat dilihat fungsi tes pauli sebagai berikut:

  • Sebagai suatu metode eksperimental untuk mendapat pengaruh sikap kerja terhadap prestasi kerja.
  • Sebagai alat diagnostic yang dapat dipercaya untuk memeriksa batas-batas perbedaan individu.
  • Sebagai tipologi kepribadian.
  • Untuk usaha pemeriksaan prestasi yang cukup baik.
  • Untuk mendiagnosis perbedaan konstitutif. Hasil itu antara lain menunjukkan bahwa daya tahan wanita lebih besar dari pria, jeajegan prestasi orang desa lebih tinggi dari orang kota, dan sebagainya. Hal-hal tersebutpun akhirnya mampu menunjukkan bahwa tes Pauli bisa dimanfaatkan untuk pemahaman psikologi sosial.
  • Digunakan untuk orang yang menderita luka/gangguan di otak, missal terkena tembakan dikepala. Hasilnya menunjukkan bahwa luka pada “parietal” dan “frontal” menunjukkan kurangnya prestasi yang besar, sedang luka pada “occipital” menunjukkan kurangnya prestasi yang tak terlalu besar (paling minimal).
  • Digunakan sebagai salah satu metode untuk mengetahui pengaruh perangsangan dari luar (misal narkoba).
  • Dapat digunakan sebagai diagnostic untuk mendeteksi anak-anak yang sukar dibimbing. Pada tes itu terdapat kurve dengan bentuk-bentuk tertentu untuk mereka yang terhambat perkembangannya. Untuk mereka yang tidak mempunyai pendirian (Hatloso) dan mereka yang lemah diri.
  • Tes pauli ini digunakan sebagai metode pemeriksaan untuk orang yang buta meskipun prestasinya bila dibandingkan dengan orang yang normal berkurang, akan tetapi prestasi individual masih terlihat di dalam tes sebagai prestasi orang yang normal.
  • Untuk alat pembantu eksperimental yang menjadi dasar untuk diagnostic karakterologi.


Saat ini telah tersedia tes Pauli Online yang dikembangkan oleh NS Development. Kelebihan tes Pauli Online adalah bahwa hasil tes pauli dapat dikombinasikan dengan tes psikologi lainnya untuk membuat laporan psikologis (psikogram) yang lebih lengkap. Format laporan psikologis dapat di custom sesuai dengan format perusahaan atau biro psikologi.

psikotes online
Posted by Ardi almaqassary

Artikel lain yang berhubungan

Tujuan Tes Kraepelin

Tujuan Tes Kraepelin

Mungkin sebagian besar orang, tes kraepelin tidak asing lagi dan sering mendengar bahkan mengerjakan tes kraepelin ini. Tes kraepelin meru ...

Aspek Tes Kraepelin

Aspek-Aspek Tes Kraepelin

Tes kraepelin dapat mengukur beberapa aspek psikologis. Menurut Spearman (1927) aspek-aspek yang diungkap dalam tes Kraepelin dapat diangg ...

tes pauli online

Fungsi Tes Pauli yang Perlu Dipahami

Tes pauli merupakan salah satu alat tes yang sangat populer saat ini. Sebagian masyarat menyebut tes pauli ini sebagai tes koran. Karena l ...

Sejarah Tes Pauli

Sejarah Tes Pauli

Sejarah kemunculan tes Pauli tidak bisa dipisahkan dengan kemunculan tes Kraepelin. K ...

Tes Kraepelin

Sejarah Tes Kraepelin

Emil Kraepelin adalah seorang psikiater asal Jerman yang hidup antara tahun 1856-1926. Pada awal kariernya, ia pernah mengikuti Wilhelm Wu ...

Tes Pauli Online

Tes Pauli Online NS Development

Salah satu alat tes psikologi yang paling sering digunakan dalam proses seleksi, identifikasi kepribadian, ataupun alat tes yang keperluan ...

Ada Pertanyaan?

kami senantiasa berusaha merepon pertanyaan anda secepatnya.

psikotes online
psikotes online
psikotes online
Contact Us

PT. Nirmala Satya Development, Aplikasi Psikotes Online dan Vendor Psikotes Online Terbaik

Copyright © 2021. All rights reserved.