logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kraepelin

Tes Kraepelin termasuk salah satu "speedtest" karena terbatasnya waktu yang tidak memungkinkan menyelesaikan semua soalnya. Peserta yang mengikuti tes ini akan diminta mengerjakan soal penjumlahan dasar berurutan.

Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi mengenai Tes Kraepelin. Di mana tes ini memang membutuhkan banyak persiapan yang matang. Ya, sebelum mengikuti Kraepelin Tes memang membutuhkan persiapan. Sekarang ini tes psikotes dalam rekrutmen kerja menjadi salah satu tes wajib harus orang lakukan khususnya bagi calon karyawan.

Tes ini berguna dalam mengukur hard skill calon karyawan, sebelum memutuskan untuk menempatkan pada posisi yang didinginkan. Terdapat banyak jenis tes psikotes dalam proses rekrutmen karyawan, salah satunya yakni Kraepelin Tes.

Tes ini bisa Anda gunakan sebagai alat ukur dibuat oleh psikiater asal Jerman bernama Emil Kraepelin, tepatnya pada abad 19. Awal mula penggunaan tes ini untuk dapat mendeteksi abnormalitas pada individu. Akan tetapi, belakangan ini juga digunakan oleh kalangan militer serta perusahaan.

Ini Beberapa Persiapan Sebelum Mengikuti Tes Kraepelin

Tes Kraepelin termasuk salah satu "speedtest" karena terbatasnya waktu yang tidak memungkinkan menyelesaikan semua soalnya. Peserta yang mengikuti tes ini akan diminta mengerjakan soal penjumlahan dasar berurutan.

Tentunya akan melibatkan angka 0-9 hingga 40-an kolom. Akan tetapi dalam waktu 30 detik untuk tiap kolom. Untuk itu, Anda harus tahu apa saja hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti tes ini.

1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Prima dan Sehat

Hal penting perlu Anda perhatikan salah satunya yakni memastikan tubuh dalam kondisi prima dan sehat. Jika kondisi tubuh sakit, maka tingkat konsentrasi selama mengerjakan tes akan terganggu. Hal ini dapat Anda persiapkan dengan sarapan dari rumah, minum, dan istirahat cukup. Jika Anda merasa ngantuk, sebaiknya konsumsi secangkir kopi terlebih dahulu setelah sarapan.

2. Berlatih Sehari Sebelum Tes

Jika Anda belum terbiasa mengerjakan Kraepelin Tes ini, maka akan lebih baik berlatih sehari sebelum mengikuti tes. Jadi dengan berlatih akan membantu Anda meningkatkan kecepatan berhitung dan bekerja. Saat tiba waktunya mengikuti tes maka tidak akan merasa kaku.

Anda bisa menjumlahkan angka tersebut dengan tepat dan teliti sehingga akan mendapatkan poin tinggi. Jika mencari contoh soal, Anda bisa mencari dan unduh langsung dari internet. Bukan hanya itu saja, mencari website yang menyediakan file tes ini secara gratis untuk berlatih.

3. Melatih Gerakan Mata

Perlu Anda ketahui bawah untuk mengikuti tes ini sangat singkat, maka perlu juga melatih kecepatan mata. Sebaiknya fokus pandangan tidak hanya pada dua angka ingin jumlahkan. Namun juga untuk angka lainnya, hal ini perlu Anda lakukan agar bisa mengerjakannya dengan cepat.

Pastikan juga kecepatan mata Anda terjaga dengan stabil. Jangan sampai saat memasuki deretan angka terlihat, justru mata Anda merasa lelah. Tentu saja justru akan berpotensi menjadi kesalahan ketika menjumlah angkanya.

4. Konsentrasi Saat Mengerjakan Tes

Sebelum mengerjakan tes, terkadang melihat angka dalam kertas kerja Kraepelin membuat perut terasa mulas. Padahal tes ini sangat penting, solusinya tetap menjaga konsentrasi selama mengerjakan tes agar hasil penjumlahan tidak salah. Bukan hanya itu, perhatikan juga tempat menuliskan jawaban.

5. Bangun Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri juga menjadi salah satu hal paling penting dalam mengerjakan tes. Apalagi seringkali orang merasa kecewa karena tidak dapat menjawab satu pertanyaan. Alhasil, ketika mencoba untuk melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya, justru tidak fokus dan tidak dapat berfikir secara logis.

Sebaiknya saat Anda tidak bisa menjawab satu pertanyaan, maka jangan berkecil hati. Pastikan untuk tetap percaya diri bahwa Anda dapat menyelesaikan semua pertanyaannya.

6. Siapakan Alat yang Dibawa

Penting bagi Anda untuk memahami alat yang sekiranya perlu dibawa saat mengikuti Tes Kraepelin. Anda harus mempersiapkan alat tulis dibutuhkan dengan lengkap. Anda mungkin tidak pernah mengetahui kapan diperbolehkan menggunakan pulpen atau pensil ketika mengikuti tes.

Bukan itu saja, juga bisa untuk mempersiapkan kertas kosong. sebab, alat tersebut bisa Anda gunakan sebagai catatan ketika mengerjakan jenis soal yang berkaitan dengan hitungan-hitungan. Meski perusahaan pada umumnya menyediakan berbagai alat untuk peserta, namun tidak ada salahnya jika Anda membawa peralatan sendiri.

Setelah Anda tahu apa saja hal yang harus disiapkan ketika mengikuti Tes Kraepelin, selanjutnya giliran mengerjakan tes dengan maksimal agar hasil memuaskan.

Tes Kraepelin Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Kraepelin dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh ahli dibidang psikilogi dan psikometri, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Kraepelin.

Tes Kraepelin Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kraepelin Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kraepelin Online.