logo PT Nirmala Satya Development
Sang Mediator

Orang dengan tipe kepribadian INFP, perlu mengembangkan dirinya agar tidak terjebak pada tipe kepribadian tersebut (Perlu diingat. !!! bahwa, kepribadian tidak bisa diukur baik atau buruk, semuanya berlaku alami/compatible sesuai dengan kondisinya).

Orang dengan tipe kepribadian INFP terlihat idealis, perfeksionis, dan memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Ketika terdapat konflik, pribadi INFP biasanya sangat pandai menjadi mediator untuk menengahi konflik tersebut. Inilah mengapa pribadi INFP dijuluki sebagai "Mediator".


Karakter Penyusun Kepribadian
Karakter penyusun kepribadian INFP sebagai "Sang Seniman" adalah sebagai berikut:

  • Intovert (I): Tipe kepribadian yang merasa lebih berenergi saat sendiri. Introvert menyukai kondisi tenang dan intim. Ia menyukai interaksi dengan sedikit orang namun berkualitas.
  • Intuition (N): Tipe kepribadian cenderung berpikir abstrak, berimajinasi, dan mengandalkan intuisi.
  • Feeling (F):  Tipe kepribadian yang keputusan berdasarkan emosi yang dirasakan, kata hati, bahkan turut mempertimbangkan orang lain.
  • Perceiving (P): Tipe kepribadian Perceiving cenderung fleksibel, adaptif, bahkan dengan hal-hal yang belum pernah dihadapi maupun terlintas di pikiran sebelumnya.


Tampilan Kepribadian 
Tampilan kepribadian dengan tipe INFP dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan sosial adalah sebagai berikut:

  1. Sangat perhatian dan peka dengan perasaan orang lain. 
  2. Penuh dengan antusiasme dan kesetiaan, tapi biasanya hanya untuk orang dekat. 
  3. Peduli pada banyak hal. Cenderung mengambil terlalu banyak dan menyelesaikan sebagian. 
  4. Cenderung idealis dan perfeksionis.
  5. Berpikir win-win solution, mempercayai dan mengoptimalkan orang lain.


Saran Pengembangan
Orang dengan tipe kepribadian INFP, perlu mengembangkan dirinya agar tidak terjebak pada tipe kepribadian tersebut (Perlu diingat. !!! bahwa, kepribadian tidak bisa diukur baik atau buruk, semuanya berlaku alami/compatible sesuai dengan kondisinya).

  1. Belajarlah menghadapi kritik. Jika baik maka kritik itu bisa membangun Anda, namun jika tidak abaikan saja. Jangan ragu pula untuk bertanya dan minta saran.
  2. Belajarlah untuk bersikap tegas. Jangan selalu berperasaan dan menyenangkan orang dengan tindakan baik. Bertindak baik itu berbeda dengan bertindak benar.
  3. Jangan terlalu menyalahkan diri dan bersikap terlalu keras pada diri sendiri. Kegagalan adalah hal biasa dan semua orang pernah mengalaminya.
  4. Jangan terlalu baik pada orang lain tapi melupakan diri sendiri. Anda juga punya tanggungjawab untuk berbuat baik pada diri sendiri.


Saran Profesi
Profesi yang cocok dengan tipe kepribadian INFP adalah sebagai berikut:
Penulis, Sastrawan, Konselor, Psikolog, Pengajar, Seniman, Rohaniawan, Bidang Hospitality


Pasangan/Partner Alami
Pasangan atau partner alami, yang cocok dengan kepribadian INFP adalah:

ENFJ (Sang Protagonis) atau ESFJ (Sang Pengasuh)

Demikianlah pemaparan mengenai kepribadian INFP yang dikenal juga sebagaI Seniman. Anda termasuk tipe kepribadian ini? Yuuk, ikut tes psikologi untuk mengukur tipe kepribadian kamu, GRATIS disini!