logo PT Nirmala Satya Development
Sang Pemikir

Individu dengan kepribadian ini, INTP mendapat julukan Si Logis atau Sang Pemikir tentu karena ia adalah seorang pemikir yang logis, analitis, dan berwawasan luas.

Individu dengan kepribadian ini, INTP mendapat julukan Si Logis atau Sang Pemikir tentu karena ia adalah seorang pemikir yang logis, analitis, dan berwawasan luas. Namun, pribadi INTP biasanya tidak menyukai aturan dan perencanaan. Sebaliknya, ia lebih suka memiliki banyak pilihan terhadap suatu hal.

Karakter Penyusun Kepribadian

Karakter penyusun kepribadian INTP sebagai Sang Pemikir adalah sebagai berikut:

  1. Intovert (I): Tipe kepribadian yang merasa lebih berenergi saat sendiri. Introvert menyukai kondisi tenang dan intim. Ia menyukai interaksi dengan sedikit orang namun berkualitas.
  2. Intuition (N): Tipe kepribadian cenderung berpikir abstrak, berimajinasi, dan mengandalkan intuisi.
  3. Thinking (T): Tipe kepribadian yang logis dalam mengambil keputusan. Tipe thinking juga menggunakan kekuatan analisis berpikir dan konsisten dalam setiap keputusan.
  4. Perceiving (P): Tipe kepribadian Perceiving cenderung fleksibel, adaptif, bahkan dengan hal-hal yang belum pernah dihadapi maupun terlintas di pikiran sebelumnya.
Tampilan Kepribadian

Tampilan kepribadian dengan tipe INTP dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan sosial adalah sebagai berikut:

  1. Sangat menghargai intelektualitas dan pengetahuan. Menikmati hal-hal teoritis dan ilmiah. Senang memecahkan masalah dengan logika dan analisa.
  2. Diam dan menahan diri. Lebih suka bekerja sendiri.
  3. Cenderung kritis, skeptis, mudah curiga dan pesimis.
  4. Tidak suka memimpin dan bisa menjadi pengikut yang tidak banyak menuntut.
  5. Cenderung memiliki minat yang jelas. Membutuhkan karir dimana minatnya bisa berkembang dan bermanfaat. Jika menemukan sesuatu yang menarik minatnya, ia akan sangat serius dan antusias menekuninya.
Saran Pengembangan

Orang dengan tipe kepribadian INTP, perlu mengembangkan dirinya agar tidak terjebak pada tipe kepribadian tersebut (Perlu diingat. !!! bahwa, kepribadian tidak bisa diukur baik atau buruk, semuanya berlaku alami/compatible sesuai dengan kondisinya).

  • Belajarlah membangun hubungan dengan orang lain. Belajar berempati, mendengar aktif, memberi perhatian dan bertukar pendapat.
  • Relaks. Jangan terlalu banyak berfikir. Nikmati hidup Anda tanpa harus bertanya mengapa dan bagaimana.
  • Cobalah menemukan satu ide, merencanakan dan mewujudkannya. Jangan terlalu sering berganti-ganti ide tetapi tidak satupun yang terwujud.
  • Cobalah untuk mencatat pengamatan-pengamatan Anda termasuk detailnya.
Saran Profesi

Profesi yang cocok dengan tipe kepribadian INTP adalah sebagai berikut:

Ilmuwan, Fotografer, Programmer, Ahli komputer, System Analyst, Penulis Buku Teknis, Ahli Forensik, Jaksa, Pengacara, Teknisi.

Pasangan/Partner Alami

Pasangan atau partner alami, yang cocok dengan kepribadian INTP adalah:

ENTJ (Sang Komandan) atau ESTJ (Sang Pengarah yang tegas).

Demikianlah pemaparan mengenai kepribadian INTP yang dikenal juga sebagaI Sang Pemikir. Anda termasuk tipe kepribadian ini? Yuuk, ikut tes psikologi untuk mengukur tipe kepribadian kamu, di NS Development.