logo PT Nirmala Satya Development
Sang Pelindung

Orang dengan tipe kepribadian ISFJ, perlu mengembangkan dirinya agar tidak terjebak pada tipe kepribadian tersebut (Perlu diingat. !!! bahwa, kepribadian tidak bisa diukur baik atau buruk, semuanya berlaku alami/compatible sesuai dengan kondisinya)

Kepribadian dengan tipe ISFJ adalah salah satu tipe kepribadian yang paling umum. Orang dengan kepribadian ISFJ biasanya dikenal sebagai pribadi yang penuh perhatian, kehangatan, dan aura positifnya yang bisa membawa ketenangan pada orang-orang di sekitarnya. Ini sebabnya, pribadi ISFJ dijuluki sebagai ‘sang Pelindung’. Dia dengan penuh cinta dan kehangatan dalam membangun hubungan dengan orang terdekatnya. Berutunglah, jika memiliki pasangan yang seperti ini.

Karakter Penyusun Kepribadian

Karakter penyusun kepribadian ISFJ sebagai ‘Sang Pelindung’ adalah sebagai berikut:

  • Intovert (I): Tipe kepribadian yang merasa lebih berenergi saat sendiri. Introvert menyukai kondisi tenang dan intim. Ia menyukai interaksi dengan sedikit orang namun berkualitas.
  • Sensing (S): Tipe kepribadian yang cenderung realistis. Tipe sensing memandang dunia berdasarkan apa yang terlihat oleh mata. Ia lebih praktis dan rasional dalam memandang dunia.
  • Feeling (F):  Tipe kepribadian yang keputusan berdasarkan emosi yang dirasakan, kata hati, bahkan turut mempertimbangkan orang lain.
  • Judging (J):  Tipe kepribadian ini cenderung bersikap tegas dan teguh pendirian. You simply don't compromise.
Tampilan Kepribadian

Tampilan kepribadian dengan tipe ISFJ dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan sosial adalah sebagai berikut:

  1. Penuh pertimbangan, hati-hati, teliti dan akurat
  2. Serius, tenang, stabil namun sensitif.
  3. Ramah, perhatian pada perasaan & kebutuhan orang lain, setia, kooperatif, pendengar yang baik
  4. Punya kemampuan mengorganisasi, detail, teliti, sangat bertanggungjawab & bisa diandalkan.
Saran Pengembangan

Orang dengan tipe kepribadian ISFJ, perlu mengembangkan dirinya agar tidak terjebak pada tipe kepribadian tersebut (Perlu diingat. !!! bahwa, kepribadian tidak bisa diukur baik atau buruk, semuanya berlaku alami/compatible sesuai dengan kondisinya).

  1. Lihat lebih dalam, lebih antusias, & lebih semangat.
  2. Belajarlah mengatakan tidak. Jangan menyenangkan semua orang atau Anda dianggap plin plan.
  3. Jangan terjebak zona nyaman dan rutinitas. Cobalah hal baru. Ada banyak hal menyenangkan yang mungkin belum pernah Anda coba.
Saran Profesi

Profesi yang cocok dengan tipe kepribadian ISFJ adalah sebagai berikut:

Architect, Interior Designer, Perawat, Administratif, Designer, Child Care, Konselor, Back Office Manager, Penjaga Toko / Perpustakaan, Dunia Perhotelan

Pasangan/Partner Alami

Pasangan atau partner alami, yang cocok dengan kepribadian ISFJ adalah:

ESFP (Si Penghibur) atau ESTP (Si Pembujuk)

Demikianlah pemaparan mengenai kepribadian ISFJ yang dikenal juga sebagai seorang pelindung. Anda termasuk tipe kepribadian ini? Yuuk, ikut tes psikologi untuk ukur tipe kepribadianmu, di NS Development.