logo PT Nirmala Satya Development
Perencana yang Terorganisir

Orang dengan tipe kepribadian ISTJ, perlu mengembangkan dirinya agar tidak terjebak pada tipe kepribadian tersebut (Perlu diingat. !!! bahwa, kepribadian tidak bisa diukur baik atau buruk, semuanya berlaku alami/compatible sesuai dengan kondisinya)

Kepribadian ISTJ biasanya cenderung pendiam tetapi serius, sangat gigih, bertanggung jawab, dan dapat diandalkan. Orang dengan kepribadian ISTJ umumnya juga selalu menginginkan ketertiban, dispilin dan keteraturan dalam setiap aspek hidupnya. Oleh sebab itu, ia dijuluki sebagai Si Perencana yang terorganisir. sebanyak dari keseluruhan populasi di dunia ini memiliki tipe kepribadian ISTJ yang menjadikannya sebagai tipe kepribadian yang paling sering dijumpai.

Karakter Penyusun Kepribadian

Karakter penyusun kepribadian ISTJ sebagai Perencana yang terorganisir adalah sebagai berikut:

  • Intovert (I): Tipe kepribadian yang merasa lebih berenergi saat sendiri. Introvert menyukai kondisi tenang dan intim. Ia menyukai interaksi dengan sedikit orang namun berkualitas.
  • Sensing (S): Tipe kepribadian yang cenderung realistis. Tipe sensing memandang dunia berdasarkan apa yang terlihat oleh mata. Ia lebih praktis dan rasional dalam memandang dunia.
  • Thinking (T): Tipe kepribadian yang logis dalam mengambil keputusan. Tipe thinking juga menggunakan kekuatan analisis berpikir dan konsisten dalam setiap keputusan.
  • Judging (J): Tipe kepribadian judging sangat teguh pada pendiriannya. Ia tidak mudah berkompromi untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan pendiriannya.
Tampilan Kepribadian

Tampilan kepribadian dengan tipe ISTJ dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan sosial adalah sebagai berikut:

  1. Serius, tenang, stabil & damai.
  2. Senang pada fakta, logis, obyektif, praktis & realistis.
  3. Task oriented, tekun, teratur, menepati janji, dapat diandalkan & bertanggung jawab.
  4. Pendengar yang baik, setia, hanya mau berbagi dengan orang dekat.
  5. Memegang aturan, standar & prosedur dengan teguh.
Saran Pengembangan

Orang dengan tipe kepribadian ISTJ, perlu mengembangkan dirinya agar tidak terjebak pada tipe kepribadian tersebut (Perlu diingat bahwa, kepribadian tidak bisa diukur baik atau buruk, semuanya berlaku alami/compatible sesuai dengan kondisinya).

  1. Belajarlah memahami perasaan & kebutuhan orang lain.
  2. Kurangi keinginan untuk mengontrol orang lain atau memerintah mereka untuk menegakkan aturan.
  3. Lihatlah lebih banyak sisi positif pada orang lain atau hal lainnya.
  4. Terbukalah terhadap perubahan.
Saran Profesi

Profesi yang cocok dengan tipe kepribadian ISTJ adalah: Bidang Manajemen, Polisi, Intelijen, Hakim, Pengacara, Dokter, Akuntan (Staf Keuangan), Programmer atau yang berhubungan dengan IT, System Analys, Pemimpin Militer

Pasangan/Partner Alami

Pasangan atau partner alami, yang cocok dengan kepribadian ISTJ adalah:

ESFP (Si Penghibur) atau ESTP (Si Pembujuk).

Demikianlah pemaparan mengenai kepribadian ISTJ yang dikenal juga sebaga Perencana yang Terorganisir. Anda termasuk tipe kepribadian ini? Yuuk, ikut tes psikologi untuk ukur tipe kepribadianmu, di NS Development.