logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC

Ada beberapa fakta menarik dari profil DISC yang perlu diketahui.

Tes DISC adalah salah satu tes kepribadian yang pasti dilewati saat proses seleksi. Di tes ini kamu diberi instrumen yang akan memaparkan kepribadian dan profil dari diri. DISC sendiri merupakan sebuah alat tes yang berbentuk pelaporan diri. Alat ini pertama kali dikembangkan oleh William Moulton.

7 Fakta Menarik Tentang Tes DISC yang Bisa Kamu Tahu, Apakah Itu?

Setiap perusahaan pasti ingin memiliki karyawan yang handal dan kompeten. Salah satu caranya adalah dengan memahami kepribadian karyawan. Ada satu cara untuk dapat memahami kepribadian karyawan. Dengan menerapkan DISC test atau DISC Personality Test pada saat proses rekrutmen karyawan.

Kamu pasti masih asing dengan jenis tes ini. Nah, kali ini kita akan mengulas tentang apa itu tes DISC dan fakta-fakta menarik tentangnya. Apa sajakah itu? Simak ulasanya berikut ini!

Profil Tes Kepribadian DISC

Ada 4 profil tes kepribadian di sistem DISC. Diantaranya ada Dominance, Influence, Steadiness, and Conscientiousness. Kamu penasaran apa saja itu? Simak penjelasan di bawah ini.

  • Dominance: Orang yang memiliki kepribadian ini mampu mencapai target. Dan juga dapat melihat gambaran besar di satu situasi. Orang ini percaya diri, jujur, dan menuntut.
  • Influence: Seseorang dengan kepribadian ini mampu menginfluence dan merayu yang lain. Mereka memiliki sifat antusias, optimis, terbuka, percaya, dan juga penuh dengan energi.
  • Steadiness: Kepribadian ini lebih cenderung tenang. Tidak ingin terburu-buru, jujur, setia, dan dapat diandalkan.
  • Conscientiousness: Kepribadian ini sangat amat menitikberatkan pada kualitas dan akurasi. Orang dengan kepribadian ini suka kemandirian, detail, dan takut bisa salah.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai tes DISC, kamu bisa simak 7 fakta berikut ini :

1. Kenapa Menggunakan Tes Kepribadian DISC?

Tes DISC setidaknya sudah digunakan oleh ribuan organisasi di dunia. Mulai dari pemerintahan hingga perusahaan bonafit dan juga UMKM. Alasan kenapa banyak yang menggunakan tes ini tidak lain untuk membantu perusahaan. Untuk membangun hubungan kerja yang lebih kuat dan juga efektif. Konflik personal ataupun divisi menjadi berkurang. Produktivitas kerja pun menjadi meningkat.

2. Meningkatkan Self-Awareness

Adanya sebuah perubahan pasti dimulai dari setiap individu. Caranya dengan mengetahui bagaimana dan seperti apa dirinya. Dengan profil tes DISC, kamu bisa mengetahui bagaimana satu profil merespon konflik.

Apa yang dapat membuatnya rentan terhadap stress, apa yang membuat satu individu termotivasi, dan cara mereka menyelesaikan masalah.

Dengan hal itu, keefektifan dan keefisienan dalam bekerja akan terwujud. Karena setiap individu sudah mengerti bagaimana diri sendiri dan orang lain.

3. Membantu Meningkatkan Kekompakan Sebuah Tim

Pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dan dalam waktu yang cepat bila dikerjakan secara bersama-sama. Banyaknya tenaga yang terlibat dapat membuat kualitas pekerjaan menjadi lebih baik. Profil DISC ini mengajarkan individu bagaimana mereka bisa meningkatkan komunikasi dan pengertian masing-masing tim.

4. Dengan Tes Kepribadian DISC, Konflik Bisa Diubah Menjadi Hal Produktif

Konflik di sebuah organisasi itu sangat umum terjadi. Konflik bisa menjadi kendala untuk suatu perusahaan bisa maju. Padahal sebenarnya konflik bisa menjadi satu kesempatan baik untuk berkembang jika ditangani dengan benar.

Dengan mengetahui profil tes DISC masing-masing, konflik ini bisa diubah menjadi hal yang positif. Bahkan konflik bisa menjadi peluang untuk lebih produktif yang dapat membantu perusahaan berkembang lebih baik.

5. Mengorganisir dengan Lebih Efektif

Pemimpin yang baik adalah mereka yang paham dengan kepribadian anggota timnya. Seorang pemimpin harus bisa memiliki rasa keterhubungan tidak sebatas profesionalitas tapi juga personal.

Dengan profil kepribadian akan membuat pemimpin mampu melihat gaya bekerja masing-masing anggota tim. Dengan begitu, kepemimpinan akan semakin memajukan divisi. Pemimpin sudah tahu cara untuk memperlakukan masing-masing anggota timnya.

6. Mengembangkan Skill yang Lebih Unggul

Sebuah perusahaan pasti memiliki satu bidang yang ingin lebih diunggulkan. Salah satunya pasti tim sales. Ujung tombak dari sebuah perusahaan penting untuk diasah. Hal ini agar dapat membawa perusahaan dan karyawannya melenggang aman dan nyaman di masa depan.

Dengan profil kepribadian ini akan membantu memahami dan mengadaptasi gaya dari customer. Profil ini memungkinkan tim sales dan customer saling memahami di level dan perspektif yang sama.

7. Melatih Tanpa Judgment

Untuk kebutuhan training, tes DISC ini akan membuat pelatih dan yang dilatih memiliki kecenderungan tanpa menilai diri sendiri. Dengan begitu sebuah pelatihan akan berjalan dengan efektif. Karyawan juga akan mendapatkan skill baru.

Itulah 7 fakta menarik tentang tes DISC. Pengetahuan ini penting untuk perusahaan dan juga pribadi masing-masing. Dapat juga untuk profiling tim supaya bisa meningkatkan kinerja.

Tes DISC Online

NS Development menyediakan aplikasi tes DISC dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes DISC Online. Menggunakan Aplikasi tes DISC Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes DISC.

Tes DISC Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes DISC Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes DISC Online.