logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC Online

NS Development menyediakan aplikasi tes DISC online dengan fitur-fitur yang mendukung pelaksanaanya yaitu secara online.

Berbagai macam tes kepribadian digunakan untuk proses seleksi pegawai baru di perusahaan, salah satunya yaitu tes DISC online. Sebenarnya tes apa saja yang akan diterapkan dalam proses rekrutmen perusahaan tergantung pada kebutuhan dan tujuan masing-masing perusahaan. Karena itu, perusahaan bisa memilih untuk menggunakan tes yang mana dalam proses rekrutmen agar mendapatkan hasil yang tepat.

Alat Penilaian, Tes DISC Online

DISC merupakan singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance, keempatnya merupakan tipe karakter atau kepribadian seseorang. Tes DISC digunakan untuk mengukur bagaimana perilaku calon pekerja dalam situasi bekerja. Penilaiannya berdasarkan kecenderungan berperilaku seseorang bukan kepribadiannya.

Sebagai alat penilaian, tes DISC ini memiliki validitas dan reliabilitas yang baik, akan tetapi hasilnya tidak bersifat prediksi. Jadi tes ini tidak bisa memprediksi kinerja atau tingkat keberhasilan seseorang di masa depan. Selain itu ingat jika DISC mengukur perilaku bukan kepribadian dan perilaku seseorang tidak linear dengan prestasi kerja mereka.

Ada banyak platform yang menyediakan tes DISC ini, salah satunya yaitu NS Development. NS Development menyediakan aplikasi tes DISC online dengan fitur-fitur yang mendukung pelaksanaanya yaitu secara online. Tes ini dikhususkan untuk perusahaan, biro psikologi, institusi pendidikan, atau perorangan yang ingin mengidentifikasi kepribadian dengan bantuan tenaga ahli.

Sesuai dengan namanya, tes ini dijalankan secara online, sehingga menjadi lebih mudah dan simple baik untuk penyelenggara tes maupun untuk pesertanya. Tes ini juga bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun berbekal ponsel, laptop, atau komputer. Sistem penilaian yang dilakukan juga menggunakan sistem sehingga minim terjadi human error.

Nantinya hasil tes akan tersedia dengan cepat secara real time, artinya akan diketahui setelah pesertanya menyelesaikan tes. Hasil tes ini pun tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Laporan hasil tes juga bisa dipadukan dengan alat tes lainnya demi mendapatkan laporan psikologis yang lebih lengkap.

Dalam penilaian tes DISC Online dengan NS Development, hasil dari pesertanya akan merujuk pada salah satu titik dari empat area kepribadian yang kemudian akan dikategorikan pada salah satu jenis profil di dalamnya. Berikut ini 4 kepribadiannya:

1. Dominance

Orang-orang dengan kepribadian area Dominance cenderung memiliki karakter yang dominan, kuat, percaya diri, ambisius, bisa cenderung menuntut, dan ego yang tinggi. Mereka mudah merasa bosan dengan rutinitas, menyukai inovasi, dan tantangan. Kepribadian ini juga menyukai responsibility, decision making, problem solving, authority, multi tasking, dan hal-hal lainnya yang membuatnya menjadi lebih dominan.

2. Influence

Pemilik karakter ini memiliki pengaruh yang besar bagi sekitarnya, kepercayaan dirinya, selera humornya, antusiasmenya dan optimisnya akan membawa semangat bagi lingkungannya. Orang-orang dengan kepribadian ini mampu berperan sebagai negosiator yang handal karena memiliki kemampuan persuasif yang bagus. Mereka juga bisa mempengaruhi atau membujuk orang lain.

3. Steadiness

Kepribadian ini memiliki karakter yang konsisten, tenang, sabar, terarah, tidak suka terburu-buru, tulus, loyal, dapat bekerja sama serta bisa diandalkan. Orang-orang yang memiliki kepribadian ini cenderung sulit menerima perubahan dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Mereka juga lebih menyukai lingkungan yang memberi rasa aman tanpa perubahan yang mendadak.

4. Compliance

Orang yang memiliki karakter ini biasanya memiliki sifat tekun, teliti, cermat, serta lebih fokus pada ketepatan dan kualitas. Mereka juga cenderung kritis, suka mengejar kualitas dengan standar yang tinggi, dan mengerjakan tugas-tugas yang rinci. Karena itu, mereka menyukai prosedur, metode, dan batasan yang jelas.

Dari keempat area kepribadian dari tes DISC Online tersebut, dapat menghasilkan lebih dari 40 profiling karakter kepribadian yang berbeda-beda. Misalnya yaitu karakter D-Pure yang memiliki ego tinggi dan cenderung individualis dengan standar yang tinggi pula.

Kemudian ada karakter D-1 yang tegas, tidak suka basa-basi, berpandangan jauh ke depan, progresif mau berkompetisi untuk mencapai sasaran, serta cenderung seorang individualis yang kuat. Lalu karakter D-S yang cenderung objektif, analitis, ingin terlibat dalam situasi, serta ingin memberikan bantuan dan dukungan kepada orang yang dihormati. Selain 3 karakter tersebut masih banyak lagi karakter hasil tes DISC online dengan NS Development ini.

Tes Disc Online

NS Development menyediakan aplikasi tes DISC dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes DISC Online. Menggunakan Aplikasi tes DISC Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes DISC.

Tes DISC Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes DISC Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes DISC Online.