logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC

Tes DISC merupakan salah satu alat tes psikologi yang paling luas penggunaannya dalam mengungkap karakteristik kepribadian.

Tes DISC sendiri mungkin masih begitu asing bagi beberapa orang, terutama kalangan awam yang belum pernah menyentuh dunia kerja. Akan tetapi bagi para pekerja termasuk karyawan, dengan istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga mereka.

Jadi kegiatan ini sendiri adalah untuk melakukan personality test alias tes kepribadian yang memiliki peran sangat penting dalam dunia kerja. Biasanya cara seperti ini seringkali diterapkan pada perusahaan dalam rangka untuk melakukan rekruitmen seorang calon karyawan baru.

Mengenal Tes DISC Lengkap dengan Karakteristik-karakteristiknya

Untuk mengenal kepribadian dan karakter seorang calon karyawan dengan tes sangat penting supaya bisa mendapat kandidat unggul dan terpercaya. Terkait hal itu disc personality test merupakan alat tes kepribadian dan menjadi bagian dari tes psikologi.

Jadi kedua tes seperti ini akan dilakukan secara bersamaan guna mengenali karakter, potensi hingga bakat seorang calon karyawan. Sehingga dengan mengetahui apa saja karakter seorang individu ini, maka bisa memahami cara tepat berhubungan dengan orang itu.

Tak hanya memudahkan dalam hal komunikasi maupun membangun hubungan saja, melainkan juga untuk mengetahui kepribadian seseorang. Sehingga Anda harus mengetahui karakter diri dahulu sebelum akhirnya melakukan penilaian terhadap orang lain.

Karena setiap orang pastinya memiliki karakteristik masing-masing dan itu pun juga berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Nah, berikut ini ada beberapa karakteristik yang dimiliki oleh seseorang lengkap dengan penjelasannya.

Dominan

Tes DISC adalah hal yang memiliki peran penting. Orang-orang yang memiliki sikap dominan, maka mereka akan mengutarakan segala hal secara langsung.

Tidak hanya itu saja, melainkan mereka juga memiliki kekuatan ego masing-masing sekaligus pemecah masalah hingga berani mengambil reiiko. Sementara nilai yang dibawa untuk tim adalah orang dominan ini merupakan mereka yang bisa ambil kesimpulan dari segala hal.

Mereka juga sangat menghargai segala yang selesai dengan tepat waktu serta bisa menentang status quo serta orang-orang yang berinovatif. Meski demikian mereka juga sangat takut untuk dimanfaatkan.

Hal yang bisa memotivasi para dominan ini adalah dengan tantangan baru serta suka untuk menghadapi sesuatu yang terdiri dari kekuasaan dan wewenang. Selanjutnya orang-orang dominan ini suka menyelesaikan berbagai masalah.

Memiliki Pengaruh Tinggi (Influence)

Bagian dari tes DISC adalah influence alias memiliki pengaruh tinggi. Nah, istilah influence sendiri lebih mengacu terhadap kepribadian seseorang yang bersifat lebih menyenangkan.

Tentunya orang seperti ini lebih menarik bagi orang lain. Pasalnya orang dengan kepribadian seperti ini, maka juga bisa mempengaruhi orang lain dengan segala tutur katanya.

Karena dengan adanya kepribadian yang menyenangkan ini, maka seseorang akan selalu terlihat percaya diri. Nah, orang seperti ini pun juga bisa dengan mudah untuk berhasil sukses dalam lingkungan sosial.

Stabil (steadiness)

Mereka yang memiliki kepribadian seperti ini merupakan seorang pendengar yang baik. Mereka juga mudah untuk ditebak serta ramah hingga selalu berusaha untuk memahami orang lain.

Dalam tes DISC ini maka kelebihan yang mereka miliki ini adalah bisa diandalkan dan merupakan seorang pekerja dan penyabar. Sementara itu hal yang bisa memotivasi para steadiness ini adalah mereka lebih termotivasi oleh pengakuan untuk ketergantungan dan kesetiaan.

Patuh (Compliant)

Secara umum, mereka merupakan orang-orang yang lebih akurat dan analitis. Sehingga tak heran jika mereka ini sangat teliti dan cermat. Segalanya harus berdasarkan pada fakta dan tepat pada sasarannya sehingga memiliki standar tinggi dan sistematis.

Selain itu karena sikapnya yang sangat analistis seperti ini, maka mereka juga memiliki ketelitian yang cukup mendalam. Mereka juga suka mengumpulkan data, mendefinisikan situasi, hingga menguji kebenaran.

Selanjutnya DISC Test di masa seperti sekarang ini juga telah banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan. Sehingga bisa dikatakan bahwa tes ini menjadi sangat populer, terutama untuk kalangan perusahaan.

Seperti pembahasan awal yang mana tes seperti ini sangat penting dilakukan perusahaan untuk menemukan calon karyawan dengan karakter yang sesuai. Untuk itu sangat penting bagi perusahaan melakukan tes seperti ini bagi para calon kandidat baru.

Bagi siapa saja yang akan melakukan tes DISC, maka jangan lupa untuk menggunakan platform psikotes online. Sebut saja seperti NS Development ini, sebab aplikasi ini telah hadir dengan banyak kelebihan.

Tes DISC Online

NS Development menyediakan aplikasi tes DISC dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes DISC Online. Menggunakan Aplikasi tes DISC Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes DISC.

Tes DISC Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes DISC Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes DISC Online.