logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC

Menjawab tes DISC perlu diperhatikan agar hasil tes Valid dan dapat diinterpretasi. Salah satunya adalah konsisten dan sesaui/menggambarkan diri anda.

Tentu kamu sudah tahu bahwa ketika perusahaan akan merekrut karyawan baru, maka mereka akan menyeleksi dengan menggunakan tes psikotes. Sedangkan salah satu jenis yang banyak digunakan adalah, tes DISC. Karena dengan melalui tes tersebut, kamu dapat melihat kepribadian dari calon karyawan. Sehingga tidak heran jika memang banyak perusahaan menerapkan tes tersebut, terutama saat terbukanya lowongan pekerjaan.

Mungkin memang ada banyak jenis tes untuk merekrut karyawan, namun untuk akhir-akhir ini banyak yang lebih menggunakan DISC. Karena tes tersebut mampu memberikan hasil yang akurat, serta tampilannya sederhana dan mudah dianalisa. Bahkan ada banyak manfaat dari menggunakan tes seperti ini, salah satunya memudahkan dalam menempatkan karyawan baru sesuai bidangnya.

Informasi Lengkap Mengenai Tes DISC yang Wajib untuk Anda Ketahui

Saat ini zaman semakin berkembang, sehingga banyak juga tes yang bermunculan. Biasanya tujuan tes tersebut, digunakan untuk pemimpin perusahaan yang akan merekrut karyawan baru. Karena jika interview seperti biasa tentu hasilnya kurang optimal, sehingga kamu dapat beralih dengan memanfaatkan jasa tes tersebut. Sedangkan di bawah ini kita akan bersama-sama membahas, semua hal mengenai tes tersebut.

Definisi Tes DISC

Menjadi salah satu alat tes psikotes yang berguna untuk mengetahui kepribadian seseorang, terutama saat akan merekrut karyawan baru. Bahkan tes tersebut biasa digunakan untuk mengukur, bagaimana perilaku calon pekerja ketika dalam situasi kerja. Oleh karena itu sekarang perekrutan karyawan lebih menggunakan tes, supaya hasilnya akurat. Selain itu tes tersebut dapat menentukan gaya komunikasi yang sesuai pekerja, serta mampu menjadi motivasi bagi karyawan di tempat kerja.

Manfaat apa yang Kita Dapat Ketika Mengikuti Tes Tersebut?

Setelah kamu mengetahui pengertian dan definisi dari tes DISC, maka berikutnya adalah kita akan menjelaskan mengenai manfaatnya. Terutama kita akan memberikan beberapa manfaat tes dalam dunia kerja, sehingga untuk kamu yang penasaran silahkan simak ulasan berikut.

  • Mampu memahami disposisi serta prioritas anggota tim, selain itu dapat mengelola kerja tim supaya lebih efektif
  • Dapat mengembangkan keterampilan penjualan yang lebih kuat, dan mampu mengidentifikasi atau menanggapi gaya pelanggan
  • Dapat menjadi fasilitas kerja tim supaya lebih baik, serta mengajarkan konflik yang produktif
  • Mampu meningkatkan hubungan kerja, dan bisa mengenali kebutuhan komunikasi antar anggota tim
  • Bisa meningkatkan pengetahuan pribadi, termasuk bagaimana kamu harus menanggapi konflik

Tipe-Tipe Kepribadian Menurut DISC

Selanjutnya kita akan membahas mengenai beberapa tipe kepribadian yang dibagi oleh tes DISC, tentu hal ini sangat membuat penasaran. Oleh karena itu untuk kamu yang belum tahu, silahkan menyimak pembahasan di bawah ini.

1. Kepribadian D

Seseorang yang diidentifikasi sebagai tipe kepribadian ini, cenderung mempunyai sikap tegas dan mandiri. Bahkan mereka mampu berkembang dengan tujuan, serta tantangan yang ambisius. Selain itu orang dengan tipe kepribadian ini, justru lebih suka berbicara secara terus terang. Selain itu mereka juga cenderung lebih menghargai orang lain, sehingga orang tipe ini akan jauh lebih nyaman dengan konflik tertentu. Karena kepribadiannya yang cenderung nyaman dengan konflik, orang tipe D dapat memulai interaksi yang kompetitif. Bahkan seseorang dengan kepribadian tipe ini, akan mendapatkan banyak keuntungan.

2. Kepribadian I

Salah satu jenis kepribadian yang biasa disebut dengan Influence, dan lebih identik dengan seseorang penyuka kesenangan. Bahkan orang dengan tipe kepribadian ini mempunyai sifat yang menarik, mudah didekati, dan sangat percaya diri. Bahkan orang tipe ini menyukai lingkungan sosial, serta sangat menghargai hubungan orang lain. Orang dengan tipe kepribadian ini, selalu ingin memperluas jaringan dan lingkaran pertemanannya. Selain itu mereka sangat bersemangat untuk mengeksplorasi ide, atau memulai sebuah proyek baru.

3. Kepribadian S

Salah satu orang yang pendiam dan mencari partner konsisten, serta setia dalam hubungan mereka. Bahkan tipe orang ini juga dikenal sangat simpatik terhadap perspektif orang lain, dan mempunyai kemampuan mendengarkan yang kuat. Sehingga mereka sangat bagus untuk berkontribusi di lingkungan, dengan situasi yang stabil dan tenang. Bahkan kualitas dari orang tipe S tersebut sangat baik jika ditempatkan di posisi yang membutuhkan keterampilan kerjasama, penilaian karakter, atau diplomatik.

4. Kepribadian C

Kuadran terakhir yakni conscientiousness. Seseorang yang ada di kuadran ini, sangat cermat pada kualitas, akurasi, hingga kompetensi. Mereka suka kebebasan dan segala sesuatu yang detail. Namun individu di kuadran conscientiousness seringkali takut salah.

Bagaimana Cara Mengisi Tes DISC dengan Benar?

Dalam pengisian jawaban untuk tes ini, kamu akan diminta untuk memilih salah satu jawaban. Lebih tepatnya kamu harus menyilang kolom "P" salah satu dari 4 pernyataan, pastikan pilihan tersebut sesuai dengan diri kalian. Sedangkan kamu dapat memilih kolom "K", jika memang pilihan tersebut tidak sesuai dengan diri kamu. Sehingga setiap 1 nomor soal tes tersebut, kamu harus memilih 2 tanda silang pada baris berbeda.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara mengisi sebuah tes DISC, silahkan untuk kamu yang akan melakukan tes psikotes dapat membuka website NS Development.

Tes DISC Online

NS Development menyediakan aplikasi tes DISC dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes DISC Online. Menggunakan Aplikasi tes DISC Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes DISC.

Tes DISC Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes DISC Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes DISC Online.