logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC

Dengan tes DISC, proses profiling calon karyawan akan lebih mudah dan efisien. Disamping waktu tes yang cukup singkat, juga hasil dapat menggambarkan secara penuh kepribadian.

Ada banyak jenis tes kepribadian yang digunakan dalam proses perekrutan pegawai baru perusahaan, salah satunya yaitu tes DISC. Dalam pelaksanaan seleksi calon pegawai baru perusahaan memang sering menggunakan tes kepribadian sebagai salah satu rangkaian prosesnya.

Tes kepribadian merupakan penilaian dari karakteristik seseorang yang meliputi nilai, minat, identitas diri, pandangan, dan juga sikap seseorang. Dengan tes ini maka perusahaan bisa menentukan langkah selanjutnya dalam perekrutan seseorang, apalagi terkait dengan hasil tes apakah mereka cocok dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan atau tidak.

Setelah mendapatkan hasil tes kepribadian pun perusahaan bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Misalnya perusahaan bisa lebih mudah menyusun rencana dan pelatihan, memahami bagaimana calon karyawan berkomunikasi, membantu mereka menyadari keterampilan mereka, dan masih banyak lagi.

Manfaat Menggunakan Tes DISC dalam Proses Seleksi Perekrutan Pegawai Baru Perusahaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, DISC merupakan salah satu tes kepribadian yang bisa digunakan dalam proses rekrutmen perusahaan. DISC sendiri merupakan singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, Conscientious. Keempatnya merupakan kepribadian atau karakter yang akan diketahui setelah seseorang selesai mengerjakan tesnya.

Dominance merupakan karakter yang lebih dominan daripada lainnya. Orang dengan karakter ini kuat, memiliki ego tinggi, suka dengan pemecahan masalah, tanggung jawab, suka memilih tantangan, berinovasi, mudah bosan dengan rutinitas, dan mampu membuat keputusan.

Influence merupakan sosok yang ekstrovert, supel, mampu menginspirasi, interaktif dan mampu mempengaruhi orang lain. Steadiness menggambarkan kepribadian yang tenang, konsisten, dan sabar. Ia cenderung lebih menyukai lingkungan yang aman, nyaman, dan tanpa perubahan mendadak namun ia memerlukan waktu lama untuk bisa menyesuaikan diri dalam lingkungan baru.

Terakhir Conscientious yang berkarakter pendiam, tertutup, berorientasi pada tugas, penuh kehati-hatian, dan perhitungan. Namun ia juga terbilang kontemplatif, bersikap kritis, kompeten, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Sebagai alat penilaian DISC dianggap memiliki validitas dan reliabilitas yang baik, namun hasilnya tidak mampu memprediksi kinerja seseorang di masa depan.

Hal ini karena DISC mengukur perilaku bukan kepribadian yang mana perilaku tidak linear dengan prestasi kinerja mereka. Tes DISC memiliki berbagai manfaat jika diterapkan dalam proses perekrutan pegawai perusahan. Beberapa manfaatnya yaitu:

Dapat Digunakan untuk Memantau dan Menentukan Kinerja Pekerja dalam Pekerjaannya

Manfaat pertama hasil tes DISC bisa digunakan oleh perusahaan untuk memantau dan menentukan kinerja pekerja dalam pekerjaan yang ia lakukan. Perusahaan juga mampu membuat langkah-langkah untuk memotivasi pekerja sekaligus membuat mereka tetap memiliki kinerja yang baik.

Mendorong Hubungan Kerja yang Baik

Hasil tes ini mampu memberikan wawasan mengenai perilaku, kemampuan komunikasi interpersonal, dan karakteristik kepribadian calon pekerja. Dengan begitu pun maka perusahaan bisa menentukan bagaimana cara akan berkomunikasi antara satu sama lain. Tes ini pun mampu memberikan pendekatan yang bisa mendorong hubungan kerja yang baik antara perusahaan dan pegawai baru.

Membangun Kerja Tim yang Baik

Hasil tes DISC bisa menjadi sumber informasi bagi pemimpin mengenai anggota setiap tim kerja. Jadi ketika terjadi masalah komunikasi yang signifikan maka pemimpin akan segera menyadari masalahnya serta menyadari apa yang mampu memotivasi, menurunkan motivasi,  apa yang dihindari, bagaimana tim bereaksi terhadap stress, dan lainnya.

Dengan begitu pula maka pemimpin dan perusahaan bisa lebih mudah dalam menemukan cara untuk memperbaiki masalah yang dialami oleh tim.

Mempelajari Potensi Pegawai Baru Sesuai Posisi Pekerjaan

DISC bermanfaat bagi perusahan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai potensi yang dimiliki oleh pegawai terhadap posisi pekerjaan yang ada. Hasil tes ini mampu membantu perusahaan dalam mencocokan sifat pegawai dengan pekerjaan mereka serta bisa mengidentifikasi potensial dan memberikan gambaran untuk solusinya. Dengan ini maka perusahaan bisa menetapkan pegawai pada posisi yang sesuai dengan potensi mereka.

Itulah beberapa manfaat DISC dalam proses perekrutan pegawai baru perusahaan. Nah, jika Anda ingin menyelenggarakan tes ini maka NS Development bisa menjadi pilihan untuk alat tesnya. NS Development menyediakan aplikasi tes DISC online sehingga pengerjaannya pun juga secara online. Aplikasi tes ini tentunya bermutu dan terpercaya serta mudah dalam pengaksesannya. Anda pun tak perlu meragukannya lagi.