logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC

Tes DISC banyak dipergunakan dalam proses seleksi/perekrutan karyawan baru, karena tes ini merupakan tes yang sangat simple, mudah dengan durasi waktu pengerjaan yang singkat.

Beberapa perusahaan mungkin akan menerapkan sebuah tes ketika merekrut karyawan baru, salah satunya dengan menggunakan sebuah uji tes DISC. Namun apakah kamu sudah paham fungsi, serta pengertiannya? Mungkin kebanyakan orang belum mengetahuinya, namun sudah ada perusahaan yang menerapkannya. Biasanya pemimpin perusahaan akan menerapkan tes tersebut, ketika mereka membuka lowongan pekerjaan.

Setiap perusahaan yang menerapkan tes tersebut, supaya mereka tahu kepribadian dari setiap calon karyawannya. Oleh karena itu tidak heran jika ada beberapa perusahaan menggunakan tes ini, sebab kepribadian seseorang juga akan berpengaruh ke formalitas pekerjaannya. Sedangkan sebelum kamu tahu fungsinya, maka ada baiknya untuk menjelaskan mengenai sejarah singkatnya.

Berikut Sejarah Singkat dan Fungsi dari Tes DISC dalam Perekrutan Karyawan

Zaman sekarang sudah berubah ke teknologi yang terus berkembang dan canggih, sehingga tes dalam perekrutan juga semakin banyak digunakan. Bahkan tes tersebut semakin marak di kalangan pekerja kantor, terutama saat pimpinan akan mencari calon karyawan. Sedangkan adanya tes tersebut memang sangatlah penting bagi perusahaan, supaya pemimpinnya tahu hasil setiap kepribadian bawahannya.

Apa yang Dimaksud dengan Tes DISC?

Menjadi salah satu alat yang akan digunakan untuk menilai diri sendiri, atau orang lain ketika melamar pekerjaan. Karena jenis kepribadian sendiri terbagi menjadi 4 antara lain compliance, dominance, steadiness, atau influence. Sedangkan untuk perusahaan sendiri tes tersebut bertujuan untuk, meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Karena ketika pemimpin sudah mengetahui kepribadian dari calon karyawannya, maka mereka akan jauh lebih mudah menempatkan posisi kerjanya. Sedangkan manfaat dari tes tersebut untuk diri sendiri adalah, dapat membangun kesadaran serta membantu dalam meraih keberhasilan.

Bagaimana Sejarah Singkat Mengenai Tes Tersebut?

Tes DISC menjadi salah satu alat pengukuran yang banyak digunakan untuk perusahaan, terutama saat akan merekrut karyawan baru. Hal tersebut karena tes ini dapat memberikan hasil akurat, sederhana, serta mudah untuk disimpulkan. Sedangkan secara umum terdapat 4 jenis kepribadian dominan, pengaruh, stabil, serta ketepatan. Namun jika kita analisa jauh lebih dalam, maka terdapat sekitar 32 tipe kepribadian DISC. Sedangkan tes DISC sudah dilakukan sejak tahun 444 masehi, dan kini masih terus dikembangkan.

Berikutnya William Moulton Marston adalah salah satu psikolog fisiologi, dimana telah mempunyai gelar Phd dari Universitas Harvard. Psikolog tersebut berhasil menemukan model perilaku DISC, tepatnya pada tahun 1928 silam. Sedangkan di dalam bukunya yang berjudul "The Emotion of Normal People", William telah mengemukakan bahwa manusia dibagi menjadi 4 tipe kepribadian. Semua itu akan didasarkan pada persepsi seseorang dalam hubungannya, atau dari segi lingkungannya. Meskipun sudah ditemukan sejak tahun 1928, tetapi tes tersebut baru dipopulerkan serta dikembangkan oleh seseorang bernama Walter V. Claren pada tahun 1956.

Bagaimana DISC Dapat Bekerja?

Sedangkan untuk cara kerja dari tes DISC ini adalah, kamu akan diberikan beberapa kuesioner sederhana lalu pilih sesuai dengan diri sendiri. Berikutnya profil DISC akan menampilkan berbagai macam informasi seperti deskripsi mengenai kekuatan, kepribadian, keterbatasan, atau referensi komunikasi.

Sedangkan hasil dari tes tersebut dapat kamu simpan menjadi pdf, dan membawanya ketika akan melamar pekerjaan. Perlu diingat bahwa tes ini juga tidak ada jawaban benar atau salah, sebab kamu hanya memilih pilihan yang sesuai dengan gambaran diri sendiri.

Beberapa Fungsi Mengikuti DISC dalam Perekrutan Karyawan Baru

Setelah kamu mengetahui mengenai sejarah dan pengertiannya, maka berikutnya kita akan menjelaskan beberapa fungsi dari tes tersebut. Sedangkan untuk kamu yang penasaran dengan pembahasan fungsi dari tes ini, silahkan simak ulasan berikut:

  • Untuk mengukur seberapa cocok kepribadian kamu, serta memudahkan pemimpin dalam menilai karakter calon karyawannya
  • Memudahkan perusahaan untuk mendorong penempatan karyawan di posisi yang tepat, serta mendukung potensinya supaya semakin berkembang di tim
  • Perusahaan akan jauh lebih mudah menemukan calon kandidat yang pas untuk menempati posisi, karena hasil tes akan menunjukkan semua karakter dan kepribadiannya
  • Dapat menjadi influence yang baik, sehingga memudahkan kamu untuk menjalin hubungan komunikasi bersama customer

Untuk kamu yang penasaran dengan tes DISC, silahkan buka website NS Development. Karena disana juga menyediakan berbagai macam tes, termasuk Tes DISC. Semoga bermanfaat, dan selamat membaca.