logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC

Tes DISC merupakan salah satu alat tes kepribadian yang dalam penggunaannya sangat simple. Tetapi perlu diketahui keunggulan dan kelemahan tes tersebut.

Pernah mendengar tentang Tes DISC atau Dominance, Influence, Steadiness, and Compliance? Suatu istilah yang merujuk pada salah satu jenis tes kepribadian. Kini lebih populer dengan nama tes DISC.

DISC sendiri merupakan alat ukur atau penilaian pada tipe karakter dan kepribadian seseorang, yang bisa dipahami melalui sebuah tes.

Simak Keunggulan dan Kelemahan Tes Disc, Dalam Mengetahui Potensi Seseorang!

The DISC Model Behavior, pertama kali diperkenalkan oleh William Moulton Marston. Seorang tokoh psikolog fisiologis dari Kampus Harvard. Hal ini tercantum di dalam bukunya, yang menjelaskan tentang emosi manusia.

Buku ini juga menjelaskan bagaimana perilaku seseorang, bisa berubah kapan saja. Serta hal mendasar yang mempengaruhi perubahan tersebut. Dalam hal ini, penilaian tes DISC berdasarkan kecenderungan berperilaku bukan murni pada kepribadian mereka.

Lembar kerja DISC umumnya terdiri atas 2 tipe, yakni Form A yang berisi 24 nomor soal. Form ini juga terbagi dalam beberapa kotak, dengan kombinasi 4 kalimat pendek di dalamnya.

Sedangkan pada tipe B, setiap nomor terdapat 4 kata berbeda. Peserta uji wajib memilih 1 kata yang paling menggambarkan dirinya. Teknik pengerjaannya dengan memberi tanda silang di depan kata yang terpilih.

Tes Disc dan Beberapa Keunggulannya, Anda Wajib Tahu!

Pada dasarnya, tes DISC memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi. Apabila dihitung dengan persentase yakni sebesar 0.89 dengan SD 0,065. Mengingat reliabilitasnya sangat baik, tes ini dipercaya memiliki konsistensi mengukur tipe kepribadian sejak dulu hingga sekarang.

Selain itu, DISC hadir dengan berbagai keunggulan yang wajib Anda pahami. Simak uraian lengkap berikut ini agar jauh lebih jelas.

  1. DISC mampu memberi pemahaman pada diri sendiri tentang kekurangan dan kelebihannya.
  2. Memudahkan seseorang dalam menyusun rencana masa depan yang lebih baik. Misalnya mencari jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat.
  3. Tes ini bisa menempatkan sesuai keunikan dan karakteristik seseorang.
  4. Membantu dalam menyesuaikan kemampuan interpretasi hubungan dengan faktor-faktornya.
  5. Memberikan pengetahuan lebih mendalam, tentang deskripsi individu dalam menjalani kehidupan. Serta menumbuhkan kemampuan berinteraksi dengan dunia kerja dan lingkungan.

Keunggulan Penerapan Tes Disc di Perusahaan Perekrut Tenaga Kerja

Selain memberikan keuntungan pada setiap individu dalam memahami dirinya. DISC juga memiliki beberapa keunggulan pada perusahaan yang menerapkan metode ini, ketika melakukan perekrutan karyawan baru. Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Menjadi alat penting untuk memahami jenis serta gaya perilaku calon karyawan.
  2. Lebih mudah dalam proses penyusunan rencana dan eksekusi pelatihan pada karyawan baru. Mengingat secara garis besar, tipe perilaku individu tersebut sudah diketahui melalui tes DISC.
  3. Membantu dalam menentukan talenta, keterampilan, hingga kapabilitas seseorang dalam kegiatan bekerja.
  4. Pemimpin bisa memiliki pemahaman mendalam, tentang kelebihan dan kelemahan calon karyawannya setelah tes ini selesai.
  5. Hasil penilaian tes dapat menentukan kemampuan calon karyawan dalam berkomunikasi.
  6. Bisa mengurangi dampak turnover rates pada pendapatan perusahaan.
  7. Menjadi sebagian kecil indikator penentu, apakah calon karyawan tersebut mampu loyal pada perusahaan atau tidak.
  8. Tes ini juga efektif dalam melihat apakah calon karyawan mampu memberikan keuntungan timbal balik bagi perusahaan.

Kelemahan Tes Kepribadian DISC

Meski memiliki beberapa keunggulan baik bagi individu maupun perusahaan. Nyatanya tes ini juga tidak luput dari kelemahan. Hal ini perlu Anda ketahui, sehingga dalam membaca indikator grafik serta hasil tes bisa lebih cermat. Berikut uraiannya.

  • Meski mampu memberi pemahaman tentang gaya dan perilaku individu, namun tes ini tidak sepenuhnya menggambarkan keterampilan dan tingkat pengetahuan mereka. Apalagi sikap seseorang bisa berubah-ubah sesuai situasi dan kondisi.
  • Hasil tes terkadang tidak sesuai dengan kondisi seseorang sebenarnya. Hal ini tentu bisa terjadi jika peserta uji cukup cerdik. Sehingga mampu menyembunyikan watak asli dan menulis jawaban sebaik mungkin.

Bagi perusahaan, sebaiknya jangan mengeliminasi talenta individu hanya berdasarkan hasil DISC. Salah satu jenis tes kepribadian ini bisa Anda pakai sebagai bahan pertimbangan, dan hasilnya nanti akan diolah lagi melalui tahap ujian selanjutnya. Sehingga proses rekrutmen jauh lebih baik dan akurat.

Nah, itu tadi informasi tentang keunggulan dan kelemahan tes DISC yang bisa Anda ketahui. Semoga tulisan ini menjadi referensi bermanfaat!

Tes DISC Online

NS Development menyediakan aplikasi tes DISC dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes DISC Online. Menggunakan Aplikasi tes DISC Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes DISC.

Tes DISC Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes DISC Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes DISC Online.