logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC

Tipe kepribadian manusia dapat dilihat dari tes DISC. Tipe ini dibedakan kedalam 4 tipe kepribadian besar yaitu dominan, Influence, Steadiness dan Compliance.

Teori tes DISC pertama kali diperkenalkan oleh William Moulton Marston dalam bukunya Emotions of Normal People (1928). Dalam bukunya, Marston mengungkapkan bahwa ekspresi, perilaku, dan emosi setiap individu diklasifikasikan menjadi empat jenis. Pada tahun 1956, Walter V. Clarke mengembangkan teori dan menciptakan serangkaian tes DISC.

Teori DISC merupakan teori yang saat ini paling banyak dipakai dan dibahas di Indonesia, kemungkinan hal ini dikarenakan kemudahan dalam mengukur dan menentukan kepribadian dengan teori ini. Tes DISC memiliki 4 tipe kepribadian berikut penjelasannya:

1. Dominance (Dominan)

Orang dengan sifat dominance (kuasa), suka mencapai hasil dengan cepat, suka akan tantangan dan hal bidang baru serta mengambil otoritas. Mereka akan merasa nyaman pada lingkungan penuh kekuasaan dan wewenang dengan kesempatan untuk meningkatkan prestasi individu. Orang dominan suka bertanggung jawab dan tidak ingin berada di bawah kendali orang lain dan paling nyaman ketika mereka dapat mengontrol lingkungan. Mereka bekerja dengan baik ketika mereka bebas dari kontrol dan pengawasan. Orang dominan selalu memunculkan ide besar, sehingga sering memegang kendali dan membuat keputusan yang cepat. Akan tetapi orang dominan sering melewatkan detail, kurang berkomitmen, dan sering tidak memperdulikan penilai dan perasaan orang lain. Sehingga orang dengan dominance kuat, membutuhkan orang lain sebagai penasehat, menghitung resiko dan fakta penelitian.

2. Influence (Mempengaruhi)

Individu dengan pengaruh influence perilakuya cenderung cepat, akan tetapi lebih suka berada dan bekerja sama dengan orang lain ketika mengerjakan sebuah tugas. Mereka suka menghibur, berpengaruh dan pintar mengambil hati orang. Menjadi terkenal dan dielu-elukan banyak orang adalah hal yang mereka suka. Mereka sangat senang bergaul dengan komunitas atau suatu kelompok untuk memperbanyak relasi. Orang influence menikmati berhubungan dengan orang lain dan membuat kesan baik, berbicara lantang dan menciptakan lingkungan yang positif dan antusias. Orang dengan sifat influence lebih suka dalam bidang pembinaan dan konseling. Sayangnya, orang dengan tipe ini memiliki perasaan yang halus dan tidak berkonsentrasi dengan tugas yang sekarang dihadapi. Mereka lebih cocok sebagai penasehat. Mereka membutuhkan orang lain untuk mencari fakta, berkomunikasi lengkap, menghormati ketulusan, memberi penghargaan atas hal-hal kecil, melakukan pendekatan secara logis.

3. Steadiness (Stabil)

Seseorang dengan steadiness dikenal dengan konsistensinya melakukan sesuatu sampai berhasil/selesai, tidak berorientasi pada kecepatan tetapi konsistensi. Paling baik dalam menciptakan harmoni di tempat kerja. Kontribusi paling positif untuk orang stediness ini adalah menjadi pendengar sejati, sabar, suka membantu dan pandai mengendalikan keadaan. Individu dengan kategori ini selalu fokus pada bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan tugas mereka. Kelemahannya adalah tidak memiliki motivasi diri yang kuat, sehingga cepat berubah dsan mudah dipengaruhi orang lain dan enggan membuat keputusan. Tipe ini memerlukan orang yang dapat menekan mereka dan membantu memprioritaskan tugas, pekerjaan dan memiliki fleksibilitas tinggi dalam prosedur kerjanya.

4. Compliance (Pemikir)

Compliance menghasilkan pekerja tekun, fokus pada kualitas dan ketepatan. Ciri orang dengan sifat kuat compliance adalah sangat teliti dan suka berpikir rumit. Tipe ini akan nyaman jika berada dalam lingkungan yang memiliki ekspektasi kinerja yang jelas. Mereka senang melakukan apa saja yang berdampak baik. Orang compliance biasanya teguh dalam pendirian dan pilihannya. Terkadang terkesan ngotot. Sifat positif yang dapat diambil dari compliance adalah teliti, berfikir kritis, menggunakan pendekatan secara halus dan analitis, memiliki rencana yang matang, dapat menyelesaikan masalah dengan baik, profesional, diplomatis dan punya loyalitas tinggi. Kelemahannya adalah cenderung meragu dan terkesan lambat dalam pengambilan keputusan karena terlalu teliti.

Demikian penjelasan tipe kepribadian yang ada pada tes DISC, dari 4 kepribadian diatas kamu termasuk yang mana ? untuk mengetahui lebih detail kamu bisa mengukuti Tes DISC. Saat ini Tes DISC Online sudah tersedia kamu bisa mengaksesnya melalui platform NS Development. Platform ini memiliki beberapa tes kerpibadian yang mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kamu dalam megikuti karena platform ini sudah teruji dengan ahli pada bidangnya.