logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC

Tes DISC memiliki tujuan menggali potensi, arah, kondisi ataupun keterampilan seseorang. Sehingga tes ini sangat bermanfaat dalam mengenali kepribadian.

Tes DISC mungkin masih cukup asing untuk beberapa orang. Pertama untuk masyarakat awam yang belum pernah menyentuh dunia pekerjaan. Bagi para pekerja mungkin kosakata Ini juga masih terasa asing. Tetapi, bagi tim HR pada suatu perusahaan istilah ini bukan menjadi istilah yang asing karena beberapa perusahaan lebih memilih untuk menggunakan metode ini dalam rekrutmen pegawai.

Ini Dia Tujuan dari Tes DISC

Tes DISC merupakan alat penilaian pribadi yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja seperti kerja tim, penjualan, dan komunikasi. DISC dapat mengukur kepribadian dan gaya perilaku seseorang namun, tidak dapat mengukur bakat, kecerdasan, kesehatan mental dan nilai-nilai.

Profil DISC dapat menggambarkan perilaku manusia dalam berbagai situasi seperti, bagaimana kamu menghadapi tantangan, bagaimana kamu menghadapi aturan dan prosedur, kecepatan yang kamu pilih, dan bagaimana kamu mempengaruhi orang lain. Tes ini umum digunakan oleh perusahaan dalam melakukan proses rekrutmen sehingga perusahaan bisa memperoleh tenaga kerja yang sangat berkompeten dan tepat.

Berikut ini merupakan beberapa tujuan tes DISC:

1. Dapat Menentukan Komunikasi

Tujuan dari tes yang pertama yaitu dapat menentukan komunikasi. Dalam hal ini perusahaan bisa mencari seperti apa gaya komunikasi yang pantas untuk diterapkan kepada karyawan. Perusahaan bisa mencari tahu mengenai bermacam-macam upaya yang dapat meningkatkan komunikasi secara efektif pada karyawan.

Melalui komunikasi tersebut nantinya para karyawan dapat menjadi semakin termotivasi sehingga kinerja menjadi lebih baik.

2. Dapat Memberikan Motivasi

Perusahaan dapat mencapai banyak hal dengan memberlakukan tes ini. Hal itu dikarenakan tes psikologi ini bisa membantu perusahaan untuk mengenal lebih jauh para karyawannya. Dengan demikian, perusahaan bisa mengetahui lebih jelas berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memotivasi para karyawan.

Selain itu, perusahaan juga dapat memilih tindakan yang sekiranya meningkatkan motivasi para karyawan.

3. Dapat Meningkatkan Hubungan

Dengan adanya kepribadian baik yang ada pada karyawan bisa memberikan dampak yang baik pula di lingkungan perusahaan. Adanya kepribadian baik karyawan dapat menimbulkan meningkatnya hubungan sosial yang baik dengan orang lain.

Jika seorang karyawan memiliki kepribadian yang baik maka hubungannya dengan karyawan lain serta dengan atasan sudah tentu akan berjalan baik. Hubungan kerja juga akan terjalin dengan baik tidak hanya hubungan pribadi dan sosial saja.

4. Dapat Menanggapi Konflik

Tujuan dari tes DISC selanjutnya yaitu dapat menanggapi konflik sehingga membantu perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan. Terutama pada pengetahuan untuk berbagai tujuan. Salah satu manfaat adanya pengetahuan yang didapat yaitu untuk membantu perusahaan dalam menanggapi konflik yang mungkin saja dapat terjadi secara tidak terduga.

Dalam hal ini perusahaan dapat mengetahui secara lebih jelas mengenai apa saja yang dapat memecahkan konflik atau masalah yang terjadi pada para karyawan. Perusahaan dapat menyediakan pihak manajer atau jasa yang akan menjadi mediasi untuk karyawan yang terlibat konflik.

5. Dapat Mengelola Tim

Perusahaan bisa tahu dengan lebih jelas mengenai karakter dari karyawannya dengan mengelola tim yang tepat. Tim para karyawan ini tentu akan semakin dipahami oleh perusahaan sehingga nantinya bisa bekerjasama dengan baik tanpa adanya suatu masalah.

Dengan tes ini perusahaan bisa tahu tentang apa yang menjadi prioritas tim maka, pengelolaan tim nantinya bisa dilakukan secara lebih efektif.

6. Dapat Mengembangkan Keterampilan

Karakter dan kepribadian yang kuat pada karyawan akan membantu dalam mengembangkan sebuah keterampilan.

Kepribadian karyawan yang baik biasanya akan terus membuat karyawan tersebut berkembang. Pengembangan kemampuan, keterampilan, dan keahliannya juga membuatnya bisa menjadi lebih sukses. Kontribusi pada perusahaan akan semakin meningkat karena kinerja karyawan yang baik.

7. Dapat Memudahkan Pemetaan Job Terhadap Tim

Tas ini juga berperan dalam memetakan job terhadap suatu tim. Perusahaan sangat dianjurkan melakukan tes semacam ini kepada karyawannya untuk memudahkan atasan memahami kelebihan dan kekurangan para pegawai. Hal itu dilakukan agar para pegawai bisa lancar dalam bekerja sehingga tidak menghambat kinerja. Karyawan yang bekerja dengan lancar pasti akan menguntungkan sebuah perusahaan tersebut.

Nah, itulah ulasan tentang tujuan tes DISC yang dapat kamu ketahui. Setelah membaca ulasan ini kamu jadi tahu tujuan diadakannya tes ini.

Tes DISC Online

NS Development menyediakan aplikasi tes DISC dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes DISC Online. Menggunakan Aplikasi tes DISC Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes DISC.

Tes DISC Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes DISC Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes DISC Online.