logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC

Tes DISC merupakan salah satu alat tes yang paling simple yang paling banyak digunakan didunia kerja dalam proses rekrutmen maupun profiling karyawa.

Alat tes DISC merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memahami dari perilaku serta gaya kepribadian seseorang. Untuk pertama kalinya alat tes tersebut dikembangkan oleh William Moulton Marston. Pada penerapan dalam dunia usaha serta bisnis, alat tersebut bisa membuka pemikiran serta wawasan, baik secara personal maupun profesional.

Sama halnya dengan alat-alat tes yang sejenis, DISC untuk digunakan pertama kali pada kepentingan militer, serta sebagai bagian dalam proses rekrutmen tentara AS di tahun-tahun menjelang Perang Dunia II secara luas. Setelah terbukti kehandalannya, lalu DISC dilakukan dengan bertahap untuk digunakan sebagai kepentingan rekrutmen yang lebih umum.

Sistem Tes DISC

Ketika awal penggunaannya dengan luas, pada sektor komersial DISC masih digunakan secara terbatas. Supaya lebih efektif, diperlukan juga adanya pendapat dari para ahli. Nah, hal tersebutlah yang membuat tes tersebut menjadi mahal.

Sebelum menggunakan komputer, interpretasi jawaban dari kuesioner tes tersebut menjadi profil seseorang adalah pekerjaan yang komplek serta sulit. Adanya kemajuan dalam menggunakan komputer membuat tes bisa digunakan secara universal.

Hal tersebut dikarenakan bisa didapatkan serta interpretasi dengan cepat serta otomatis. Akhirnya, DISC menjadi solusi yang hemat untuk setiap orang. Kemudian telah berkembang menjadi alat asesmen yang sekarang ini paling banyak digunakan di dunia.

Berdasarkan pengalaman, DISC adalah salah satu tools atau alat yang memiliki powerful dalam mengidentifikasi karakter kepribadian dari seseorang. Waktu yang dibutuhkan untuk mengetahuinya relatif singkat. Untuk itu, berikut ini, sistem yang digunakan oleh DISC.

DISC Personality system adalah bahasa yang umum mengenai perilaku. Dalam sebuah penelitian mengelompokkan karakteristik perilaku menjadi empat bagian utama. Hal itu disebut juga dengan gaya kepribadian.

Seseorang dengan gaya yang serupa lebih menampilkan ciri dari perilaku yang hampir sama. Pasalnya setiap individu mempunyai keempat gaya tersebut. Namun juga sangat bervariasi menurut intensitasnya. Tes DISC adalah akronim 4 tipe dari kepribadian. Antara lainnya sebagai berikut.

Dominant

Orang dengan Dominan tinggi, biasanya akan memiliki sifat asertif atau tegas serta langsung. Pada umumnya, seseorang tersebut sangat ambisius dan juga independen. Dalam melakukan pemecahan sebuah masalahnya, tipe pada dominan tersebut akan melakukan pendekatan yang aktif serta cepat dalam menyelesaikan masalah.

Orang-orang tersebut yaitu orang yang cukup gagah, menyukai sebuah tantangan, serta persaingan. Orang lain akan memandangnya sebagai orang yang memiliki kemauan keras. Dengan begitu, segala sesuatu keinginannya sesuai dengan kemauannya.

Influencing

Pada tipe Influencing di tes DISC tersebut suka berteman. Suka menghibur orang lain serta memiliki sifat sosial. Dalam menyelesaikan masalah atau mengerjakan sesuatu hal, biasanya akan mengandalkan keterampilan sosial yang dimilikinya. Orang yang bersifat interpersonal tersebut akan senam melakukan partisipasi dalam kelompok dan juga suka melakukan kerja sama.

Adanya sikap terbuka akan membuat orang lain memiliki pandangan bahwa dirinya menjadi pribadi yang mudah dalam bergaul serta ramah. Umumnya pribadi tersebut mempunyai teman banyak.

Tipe antarpribadi tersebut tipe orang yang emosional sebab mereka akan mudah dalam mengungkapkan emosi yang dirasakan terhadap orang lain. Emosional tersebut dalam artian bukan mudah marah, melainkan mudah dalam mengungkapkan isi hati. Bahan mereka akan merasa nyaman dalam berurusan dengan emosi dibandingkan dengan hal yang lain.

Steadiness

Orang dengan tipe Steadiness merupakan orang yang berkeras hati, sabar, serta gigih. Bahkan mereka akan menjalani serta mendekati kehidupan dengan memanfaatkan sebuah standar yang telah terukur dan juga stabil.

Pada biasanya, mereka cenderung tidak menyukai kejutan. Dengan melakukan tes DISC akan mengetahui tipe Steadiness merupakan pribadi yang tidak suka menuntut serta memiliki sifat akomodatif. Terlebih mereka akan begitu lama serta menunjukkan kesetiaannya terhadap orang-orang yang berada di sekelilingnya. Bukan hanya itu saja, mereka lebih menghargai sebuah ketulusan.

Seseorang dengan Steadiness tersebut akan jujur serta mengatakan apa adanya, bahkan mereka akan berharap orang lain melakukan hal yang sama. Nantinya orang lain akan memandang mereka menjadi orang yang tenang, berhati-hati, serta konsisten dalam menjalankan kehidupan dengan caranya.

Mempunyai tingkat ketabahan yang begitu luar biasa. Sehingga mampu mempertahankan fokus dan juga kepentingan dalam jangka waktu yang cukup lama daripada orang lain yang bisa melakukan.

Conscientiousness

Ketika melakukan tes DISC nantinya bisa mengetahui tipe yang satu ini. Bisa disebut dengan teliti. Biasanya tipe teliti akan tertarik terhadap presisi atau ketelitian serta kecepatan, bahkan juga dengan kecepatan atau akurasi. Orang tersebut menyukai segalanya dengan jelas serta teratur.

Adapun fokus dari tipe tes DISC ini yaitu dan fakta, kemudian menginginkan sebuah bukti Tipe orang Conscientiousness menghargai peraturan, bahkan tidak menyukai untuk melanggar peraturan. Mengatasi masalah dengan tidak langsung, pada pandangan orang lain mereka biasanya dianggap selalu mengalah serta pasif.

Tes DISC Online

NS Development menyediakan aplikasi tes DISC dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes DISC Online. Menggunakan Aplikasi tes DISC Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes DISC.

Tes DISC Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes DISC Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes DISC Online.