logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC

Unsur-unsur kepribadian berdasarkan teori tipe kepribadian DISC adalah Dominance, Influence dan Compliance.

Tes DISC akan memberikan banyak keuntungan. Ini karena tes tersebut bisa memberikan gambaran kepribadian seseorang di masa mendatang, yakni dengan DISC. Prediksi ini diperoleh dengan melakukan evaluasi faktor-faktor kepribadian utama yang terdapat dalam diri seseorang.

Interpretasi tes terbilang lengkap dan mudah. Faktor penyebabnya adalah alat tes kepribadian tersebut merupakan hasil garapan pakar psikologi atau expert-nya. Tes mudah diakses melalui suatu software sehingga dapat dikerjakan dengan otomatis. Tentunya hal ini berpengaruh pada waktu pelaporan yang cenderung lebih cepat.

Unsur-Unsur dalam Tes DISC

Salah satu alat untuk mengukur kepribadian seseorang hadir dalam wujud DISC. Awalnya tes DISC digunakan untuk kepentingan militer yakni sebagai alat dalam proses rekrutmen tentara AS menjelang Perang Dunia II silam. Seiring bergulirnya waktu, kini tes tersebut juga banyak diadaptasi guna kebutuhan rekrutmen, khususnya di lingkup perusahaan.

Meskipun hadir dengan keterbatasan, karena hasil tes tidak bisa memprediksi dengan pasti terkait reaksi seseorang pada situasi yang sedang dihadapinya, namun tes kepribadian ini dapat digunakan sebagai gambaran bagaimana sikap dan reaksi seseorang terhadap situasi yang tengah mereka hadapi.

Tes kepribadian dengan 4 tipe kepribadian ini telah dimanfaatkan secara universal. Penyebabnya adalah perusahaan dapat melihat dan menginterpretasikan hasil tes secara otomatis dan dalam tempo yang cepat. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh kemajuan era digital.

Merujuk pada hasil tes DISC nantinya, tentu tidak akan terlepas dari unsur-unsur pembentuk DISC itu sendiri. Penasaran apa saja unsur-unsur tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Dominance

Unsur ini cenderung mengacu pada kepribadian yang tegas, mandiri, dan memiliki ego cukup tinggi. Jika seseorang memiliki karakter ini maka dirinya mampu mengembangkan diri.

Kedepannya, orang tersebut bisa tumbuh menjadi pribadi yang penuh ambisi dan menyukai hal-hal yang berbau tantangan. Mereka mudah merasa jenuh dan bosan dengan segala rutinitas. Mereka cenderung menyukai hal-hal seperti responsibility, decision making, problem solving, authority, multi tasking, dan lain-lain yang membuatnya selalu tampil dominan. Tentu perusahaan membutuhkan sosok karyawan yang memiliki sikap seperti ini sehingga bisa memajukan perusahaan. 

Influence

Unsur tes DISC selanjutnya adalah influence. Unsur ini lebih mengarah pada seseorang dengan kepribadian yang menyenangkan.

Faktanya, seseorang yang menyenangkan tentu menarik di kacamata orang lain. Dampak dari kepribadian ini tak boleh dipandang sebelah mata karena mampu memberikan pengaruh cukup besar bagi lingkungan sekitar.

Dalam hal ini jelaslah apabila orang-orang dengan kepribadian ini memiliki kemampuan persuasif yang baik. Secara tidak langsung, mereka mampu mempengaruhi orang lain baik melalui tutur kata maupun perbuatannya.

Orang dengan kepribadian menyenangkan akan selalu tampil penuh percaya diri dan tampak menarik. Oleh karena itu tak heran apabila mereka mudah meraih kesuksesan dalam lingkungan sosialnya.

Submission

Hasil tes juga bisa menunjukkan apakah peserta memiliki sikap konsisten, tenang, sabar, tulus, terarah, loyal, dan tidak suka bersikap gegabah. Hal ini sesuai dengan unsur dari tes DISC yang berikutnya yaitu submission.

Dari sikap konsisten tersebut diharapkan dapat berkembang menjadi sosok yang care dan simpati pada orang di sekitarnya. Mereka memiliki kemampuan beradaptasi yang cukup baik meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama sebagai langkah penyesuaiannya.

Sikap simpati inilah yang membuatnya mudah berkolaborasi sebagai tim dengan baik. Peluang keberhasilan terpampang nyata karena apapun yang dia lakukan cenderung stabil dan tidak mudah terpengaruh. Menurut Anda apakah kepribadian yang sedemikian dibutuhkan perusahaan?

Compliance

Adapun unsur pungkasan dari DISC adalah compliance. Maksud dari unsur ini adalah kepribadian yang menunjukkan bahwa apapun yang dikerjakan olehnya mengarah pada suatu perbuatan dengan dasar logika.

Kemampuan seseorang yang memiliki logika tinggi akan menjadikan dirinya mampu menganalisa sesuatu lebih rinci, detail, dan jelas. Bisa disimpulkan bahwa setiap keputusan yang diambil olehnya bersifat objektif sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Karakter seseorang yang ditunjukkan oleh kepribadian compliance adalah sosok tekun, teliti, cermat, serta lebih mendedikasikan perhatian pada ketepatan dan kualitas. Setiap tugas akan diselesaikan secara terperinci. Tak heran apabila orang dengan karakter ini menyukai tatanan, ketentuan. metode, serta batasan yang jelas.

Supaya lebih manfaat, beberapa perusahaan mengkolaborasikan DISC test dengan tes personality lainnya. NS Development merupakan penyedia aplikasi tes DISC dalam bentuk aplikasi psikotes online. Tertarik mengetahui seputar DISC lebih lengkap? Kunjungi langsung link tautan DISC test Online di NS Development.