logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat

Pada awalnya, teori perilaku yang ada dalam DISC Personality Test ini dikenalkan pertama kali oleh William Moulton Marston

Apakah kamu pernah mendengar istilah “DISC Personality Test” atau kamu secara tidak sadar pernah melakukan tes minat bakat satu ini? DISC Personality Test sendiri merupakan salah satu rangkaian dari tes psikotes yang digunakan sebagai tes minat dan bakat dan untuk mengetahui kepribadian yang dimiliki oleh seseorang.

Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mengadopsi tes ini untuk menentukan calon karyawan terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hasil dari DiSC Personality Test ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mengukur perilaku individu dalam menanggapi aturan perusahaan dan lingkungan, serta menyelesaikan masalah dan tantangan yang diberikan.

Sejarah Awal Tes Minat Bakat dengan DISC Personality Test

Pada awalnya, teori perilaku yang ada dalam DISC Personality Test ini dikenalkan pertama kali oleh William Moulton Marston melalui bukunya yang berjudul “Emotions of Normal People”. Buku ini diterbitkan sekitar tahun 1928.

Melalui bukunya inilah, Marston menyebutkan bahwa ekspresi, perilaku, dan emosi manusia dapat dikategorikan menjadi 4 tipe utama. Hal ini sendiri berasal dari persepsi diri seseorang dalam hubungannya dengan lingkungannya dan sebagainya.

Keempat tipe utama tersebut adalah Dominance (D), Inducement (I), Submission (S), dan Compliance (C). Meskipun sudah dicetuskan oleh Marston pada tahun 1928. Namun, pengembangannya sendiri baru dilakukan oleh Walter V. Clarke pada tahun 1956. Akhirnya, hasil pengembangan inilah yang digunakan sebagai alat tes kepribadian.

Manfaat DISC Personality Test

Tes minat bakat satu ini merupakan tes psikotes kepribadian kedua yang paling banyak digunakan di dunia, setelah tes MBTI. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti DISC Personality Test:

  • Meningkatkan pengetahuan pribadi seseorang. Termasuk juga tentang bagaimana cara orang tersebut menanggapi konflik yang tengah dihadapinya, hal-hal apa saja yang sekiranya dapat memotivasinya. Apa saja yang bisa menyebabkan stress dan tekanan berlebih. Dan bagaimana cara seseorang berpikir dan bertindak untuk menyelesaikan masalah.
  • Dapat digunakan untuk meningkatkan hubungan kerja dengan cara mengenali kebutuhan komunikasi dan motivasi para anggota tim.
  • Bermanfaat untuk memfasilitasi kerja tim agar bisa lebih baik lagi. Mengajarkan sesuatu yang lebih produktif.
  • Dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan penjualan yang lebih kuat dengan melakukan identifikasi dan menanggapi gaya dari pelanggan.
  • Dapat digunakan untuk memahami disposisi dan prioritas anggota tim dan digunakan untuk mengelola tim dengan lebih baik.

Nah, selain bermanfaat dalam dunia kerja seperti diatas. Tes minat bakat dengan metode Tes DIC Personality Test ini juga akan sangat berguna untukmu lho. Melalui hasil tes ini, kamu dapat mengetahui kira-kira kamu termasuk ke dalam tipe yang mana.

Kemudian, kamu bisa memperkirakan minat dan bakat yang kamu miliki dalam suatu bidang. Menggunakan hasil penilaian kemampuan, perilaku, dan potensi tersebut untuk memilih jurusan dan bidang kerja terbaik untukmu.

4 Tipe Utama dalam Tes Minat Bakat DISC Personality Test

Berikut akan dijelaskan dengan detail empat tipe kepribadian berdasarkan tes DISC Personality Test yang perlu anda ketahui.

D untuk Dominance

Cenderung mandiri, tegas, dan ambisius. Ia lebih suka berurusan langsung dengan seseorang dan berterus terang. Ia juga menghargai orang lain dengan sifat serupa. Nyaman dengan konflik, hal ini menjadikannya sebagai salah satu tipe kepribadian yang bisa bekerja dibawah tekanan.

Mempunyai dorongan untuk menegaskan apa yang mereka inginkan dan mengendalikan situasi. Dapat memulai interaksi yang kompetitif dengan konflik. Memiliki keinginan untuk menang. Fokus pada harapan dan hasil yang realistis. Dapat bersifat tegas dan konklusif ketika membuat suatu keputusan.

I untuk Influence

Tipe orang yang menyukai kesenangan, percaya diri, menarik, dan mudah didekati. Ia juga menyukai hubungan dan interaksi sosial. Ia menghargai hubungan yang dimilikinya dengan orang lain. Ia menikmati menghabiskan waktu dengan orang-orang baru. Selalu ingin memperluas jaringan dan lingkup sosial yang mereka miliki.

Memiliki semangat untuk eksplorasi ide dan memulai proyek baru. Senang melakukan pekerjaan multitasking. Sayangnya, tipe ini terbilang terlalu optimis, menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dibandingkan mengerjakan tugas, terlalu mempercayai firasat (bahkan ketika lebih banyak perencanaan diperlukan), dan kesulitan mengikuti rutinitas konsisten yang dapat diprediksi.

S untuk Submission

Termasuk tipe orang yang pendiam. Lebih suka mencari individu yang mendukung, konsisten, dan setia dalam setiap hubungan mereka. Simpatik pada perspektif orang lain. Karena sifatnya yang stabil, orang dengan tipe kepribadian ini sangat cocok dalam pekerjaan yang membutuhkan kemampuan diplomatic, kerjasama, hingga penilaian karakter.

Sayangnya, tipe ini tidak bisa mengkomunikasikan secara langsung informasi negatif, terlalu pasif saat ketegasan diperlukan, menghindari konfrontasi, tidak terlalu suka memberikan feedback, dan suka menunda keputusan yang dapat mengakibatkan konflik antar individu.

C untuk Compliance

Merupakan tipe orang yang analitis. Senang pada hal-hal yang terkait dengan proses, struktur, maupun aturan. Cenderung skeptis. Lebih banyak menggunakan logika untuk membuat keputusan secara objektif.

Lebih suka bekerja sendiri. Meskipun begitu, ia dapat bekerjasama dengan baik jika berhadapan dengan orang yang detail, memiliki bukti untuk mendukung klaimnya dan yang merupakan pemecah masalah yang alami.

Tes Minat Bakat Online

Mengidentifikasi minat bakat adalah hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat.