logo PT Nirmala Satya Development
Tes DISC

Tes DISC dapat mengungkap tipe kepribadian berdasarkan DISC (Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance).

Tes DISC adalah jenis tes psikologi. Tujuan dari dilakukannya tes ini adalah untuk mengetahui kepribadian seseorang. Pada umumnya tes psikologi ini digunakan dalam dunia kerja.

Perusahaan akan memberikan para karyawannya tes psikologi DISC untuk mengetahui bagaimana diri mereka. Tentu saja tes psikologi DISC juga bisa dilakukan secara online, bahkan jauh lebih praktis.

Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini pengertian dan sejarah tes psikologi DISC yang bisa digunakan.

Apa Itu Tes DISC? Ini Penjelasannya!

Salah satu proses yang dilakukan dalam seleksi kerja adalah tes psikologi atau psikotes. Setiap perusahaan biasanya memiliki standar psikotes yang berbeda. Ada banyak alat tes psikologi yang bisa digunakan, salah satunya adalah DISC Personality TEst.

Teori perilaku DISC pertama kali diperkenalkan oleh William Moulton Marston melalui buku miliknya yang berjudul Emotions of Normal People. Buku ini terbit pada tahun 1928.

Teori Marston menyebut bahwa ekspresi perilaku emosi dapat dikategorikan menjadi empat tipe utama, yaitu berasa dari persepsi diri seseorang dalam hubungan dengan lingkungannya.

Manfaat dari Tes Psikologi DISC

DISC menjadi jenis psikotes yang paling banyak digunakan dalam proses rekrutmen setelah tes MBTI. Tes ini dapat digunakan untuk mengukur bagaimana perilaku dari sang calon pekerja dalam situasi kerja.

Tujuan dari tes ini sendiri adalah untuk menentukan ciri-ciri perilaku mana yang dapat memotivasi karyawan. Selain itu, tes DISC juga bisa menentukan gaya komunikasi yang paling sesuai dengan faktor-faktor untuk dapat memotivasi karyawan di tempat kerja.

Hasil tes DISC sendiri memiliki banyak manfaat di dunia kerja, berikut ini beberapa di antaranya:

  • Meningkatkan pengetahuan pribadi, termasuk bagaimana menanggapi konflik, penyebab stres, apa yang menjadi motivasi, serta bagaimana Anda dalam menyelesaikan masalah.
  • Meningkatkan hubungan kerja dengan lebih mengenali kebutuhan komunikasi anggota tim.
  • Memberikan fasilitas kerja tim yang lebih baik dan juga mengajarkan konflik produktif.
  • Mengembangkan keterampilan penjualan agar menjadi lebih kuat melalui identifikasi dan juga menanggapi gaya para pelanggan.
  • Memahami disposisi serta prioritas anggota tim dan mengelola tim dengan lebih efektif.

Tipe-Tipe Kepribadian DISC

Terdapat empat tipe kepribadian yang ada di dalam DISC. Tipe kepribadian tes DISC tersebut adalah sebagai berikut:

Kepribadian D (Dominance)

Seseorang dengan tipe kepribadian "D" ini cenderung mandiri dan tegas. Ia berkembang dengan tujuan dan tantangan ambisius. Orang dengan tipe D ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Berkomunikasi secara langsung dengan fakta dan bahasa informal.
  • Mampu fokus pada hasil dan harapan realistis.
  • Bersifat tegas dan konklusif saat mengambil keputusan.
  • Mampu menggunakan pendekatan yang berorientasi pada tujuan guna menyelesaikan pekerjaan.

Namun tipe D ini juga memiliki kelemahan, seperti bereaksi secara agresif ketika seseorang mencoba membatasi otoritas atau otonomi dan juga tidak mampu melibatkan orang lain dalam memecahkan masalah.

Kepribadian I (Influence)

Seseorang dengan kepribadian I terkenal sering sekali menyukai kesenangan. Mereka adalah orang yang percaya diri, mudah didekati, dan juga menarik.

Sedangkan untuk kelemahannya adalah terlalu optimis mengenai orang atau situasi dan juga kesulitan mengikuti rutinitas yang konsisten.

Kepribadian S (Steadiness)

Tipe kepribadian pada tes DISC selanjutnya adalah tipe S atau Steadiness. Mereka cenderung pendiam dan mencari individu yang sama konsisten, mendukung, dan setia dalam hubungan mereka.

Sedangkan kelemahan dari kepribadian tipe S ini adalah tidak mampu menyampaikan secara langsung informasi negatif dan cenderung menunda keputusan yang melibatkan konflik antarpribadi.

Kepribadian C (Compliance)

Kalau orang dengan kepribadian C ini cenderung tertarik pada proses, terstruktur, dan aturan. Mereka juga sangat analitis dan menggunakan logika untuk membuat keputusan secara objektif.

Kekurangan dari tipe kepribadian C adalah mencari solusi sempurna alih-alih solusi yang bisa diterapkan dan solusi yang didapatkan biasanya terlalu rumit untuk masalah yang sederhana.

DISC di NS Development

NS Development merupakan lembaga penyedia tes psikologi yang terpercaya. Mereka menyediakan berbagai tes psikologi atau psikotes secara online, termasuk DISC.

Mereka menyediakan beberapa fitur pendukung untuk Anda yang melakukan tes DISC secara online, yaitu hasil tes realtime dan cepat, laporan hasil tes berupa pdf, dan juga device di desktop maupun mobile phone.